Nama Generik: Hydromorphone Merek: Jurnista.

Penggunaan

Untuk apa hydromorphone?

Obat ini digunakan untuk membantu meringankan nyeri sedang sampai berat. Hidromorfon adalah bagian dari kelas obat yang dikenal sebagai narkotika (opiat) analgesik. Ia bekerja di otak untuk mengubah bagaimana cara tubuh merasakan dan merespon rasa sakit.

Bagaimana cara penggunaan hydromorphone?

Anda dapat meminum obat ini dengan atau tanpa makanan. Jika Anda mengalami mual, minum obat ini dengan makanan. Tanyakan kepada dokter atau apoteker tentang cara mengurangi mual (seperti berbaring selama 1 sampai 2 jam dengan gerakan kepala sesedikit mungkin).

Jika Anda menggunakan bentuk cair dari obat ini, selalu mengukur dosis gunakan alat pengukur khusus. Jangan gunakan sendok rumah karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang benar. Jangan bingung jika dosis cairan hydromorphone dalam miligram (mg) dengan dosis dalam mililiter (ml). Tanyakan apoteker atau dokter Anda jika Anda tidak yakin bagaimana untuk memeriksa atau mengukur dosis. Jika cairan Anda adalah suspensi, kocok botol setiap dosis masing-masing.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Jangan meningkatkan dosis, minum obat lebih sering, atau menggunakannya untuk waktu yang lebih lama dari yang ditentukan. Pengobatan ini bekerja baik jika digunakan ketika tanda-tanda pertama dari nyeri mulai terjadi. Jika Anda menunggu sampai rasa sakit sudah terlalu parah, obat mungkin tidak bekerja dengan baik.

Jika Anda mengalami sakit berkelanjutan (seperti akibat kanker), dokter mungkin mengarahkan Anda untuk menggunakan lebih banyak obat narkotika. Dalam hal ini, obat ini dapat digunakan seperlunya saja saat terasa nyeri. Penghilang rasa sakit non-narkotika lainnya (seperti acetaminophen, ibuprofen) mungkin juga akan diresepkan dengan obat ini. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang penggunaan hydromorphone aman dengan obat lain.

Obat ini dapat menyebabkan reaksi sakau, terutama jika sudah digunakan secara teratur untuk waktu yang lama atau dalam dosis tinggi. Dalam kasus tersebut, gejala sakau (seperti gelisah, mata berair, hidung meler, mual, berkeringat, nyeri otot) dapat terjadi jika Anda tiba-tiba berhenti menggunakan obat ini. Untuk mencegah reaksi ini, dokter Anda dapat mengurangi dosis secara bertahap. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk rincian lebih lanjut, dan laporkan setiap reaksi sakau segera. Bila obat ini digunakan untuk waktu yang lama, mungkin tidak bekerja dengan baik. Bicarakan dengan dokter Anda jika obat ini berhenti bekerja.

Seiring dengan manfaatnya, obat ini mungkin menyebabkan kecanduan. Risiko ini dapat meningkat jika Anda pernah menyalahgunakan alkohol atau obat-obatan di masa lalu. Minum obat ini persis seperti yang ditentukan untuk mengurangi risiko kecanduan. Beri tahu dokter jika sakit Anda berlanjut atau memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan Hydromorphone?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis hydromorphone untuk orang dewasa?

Ikuti dosis yang telah ditetapkan dokter atau sesuai dengan yang tertera di kemasan obat.

Bagaimana dosis hydromorphone untuk anak-anak?

Dosis untuk anak belum ditentukan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk keterangan lebih lanjut.

Dalam dosis apakah hydromorphone tersedia?

Cairan, Oral, sebagai hydrochloride: 1mg/mL (473 mL)
Larutan, suntikan, sebagai hydrochloride: 1mg/mL, 2 mg/mL, 4 mg/mL, 10 mg/mL, 50 mg/5mL, 500 mg/5 mL
Larutan Reconstituted, suntikan, sebagai hydrochloride: 250 mg
Suppository, Rectal, sebagai hydrochloride: 3 mg
Tablet, Oral, sebagai hydrochloride: 2 mg, 4 mg, 8 mg
Tablet ER 24 Hour Abuse-Deterrant, Oral, sebagai hydrochloride: 8 mg, 12 mg, 16 mg, 32 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena hydromorphone?

Panggil bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda ini dari reaksi alergi: gatal-gatal, sulit bernafas, pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • pernapasan dangkal atau lemag
  • jantung berdetak tidak karuan
  • dada sesak, sulit bernapas
  • kejang
  • kebingungan, kelemahan parah, atau mengantuk
  • merasa ingin pingsan

Efek samping yang lebih serius adalah:

  • penglihatan kabur, penglihatan ganda
  • suhu meningkat (panas, kemerahan, atau merasa kesemutan)
  • mual, muntah, sembelit, diare, sakit perut
  • pusing, mengantuk
  • mulut kering
  • berkeringat
  • gatal
  • masalah tidur (insomnia), atau mimpi aneh.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan hydromorphone?

Sebelum mengonsumsi hydromorphone,

  • beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap hidromorfon, obat lain, sulfit, atau salah satu bahan dalam tablet hidromorfon, cairan, atau tablet extended-release. Tanyakan apoteker atau lihat Panduan Obat untuk melihat bahan-bahannya.
  • beri tahu dokter dan apoteker apa obat, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau berencana untuk gunakan. Pastikan untuk menyebutkan obat yang tercantum dalam bagian PERINGATAN PENTING dan salah satu dari berikut: buprenorfin (Buprenex, Butrans, di Suboxone, di Zubsolv) butorfanol ipratropium (Atrovent) obat untuk glaukoma, penyakit iritasi usus, penyakit Parkinson, maag, dan nalbuphine serta pentazocine (Talwin). Juga beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda mengonsumsi salah satu obat berikut atau telah berhenti mengonsumsinya dalam dua minggu terakhir: isocarboxazid (Marplan), phenelzine (Nardil), selegiline (Eldepryl, Emsam, Zelapar), atau tranylcypromine (Parnate). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau memonitor Anda dengan hati-hati untuk efek samping.
  • beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki salah satu kondisi yang tercantum dalam bagian PERINGATAN PENTING atau ileus paralitik (kondisi di mana makanan tidak bergerak melalui usus), atau penyumbatan di perut atau usus. Dokter Anda mungkin mengatakan kepada Anda untuk tidak menggunakan hydromorphone.
  • jika Anda akan meminum tablet extended-release, beri tahu dokter Anda jika Anda pernah menjalani operasi yang menyebabkan perubahan dalam cara makanan bergerak melalui perut atau usus atau jika Anda memiliki kondisi yang menyebabkan penyempitan kerongkongan (tabung yang membawa makanan dari mulut ke perut), lambung, atau usus seperti cystic fibrosis (suatu kondisi yang menyebabkan tubuh untuk menghasilkan lendir yang kental dan lengket yang dapat menyumbat pankreas, paru-paru, dan bagian lain dari tubuh), peritonitis (radang selaput perut (daerah perut), divertikulum Meckel (tonjolan pada lapisan usus kecil yang ada pada saat lahir), pseudo-obstruksi usus kronis (kondisi di mana otot-otot di usus tidak bergerak makanan lancar melalui usus), atau penyakit radang usus. Dokter Anda mungkin mengatakan kepada Anda untuk tidak menggunakan hydromorphone tablet extended-release.
  • beri tahu dokter jika Anda memiliki atau pernah memiliki tekanan darah rendah, penyakit Addison (kondisi di mana kelenjar adrenal menghasilkan hormon kurang dari normal), kejang, setiap kondisi yang menyebabkan kesulitan buang air kecil, seperti pembesaran prostat (kelenjar reproduksi laki-laki) atau striktur uretra (penyumbatan tabung yang menyulitkan urin untuk keluar dari tubuh), atau penyakitkandung empedu, pankreas, hati, tiroid, atau ginjal.
  • beritahu dokter Anda jika Anda menyusui
  • jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi jika Anda menggunakan hydromorphone
  • Anda harus tahu bahwa hydromorphone dapat membuat Anda mengantuk. Jangan mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin sampai Anda tahu bagaimana obat ini mempengaruhi Anda.
  • Anda harus tahu bahwa hydromorphone dapat menyebabkan pusing ringan, dan pingsan ketika Anda bangun terlalu cepat dari posisi berbaring. Untuk menghindari masalah ini, bangkit dari tempat tidur perlahan-lahan, istirahatkan kaki Anda di lantai selama beberapa menit sebelum berdiri.
  • Anda harus tahu bahwa hydromorphone dapat menyebabkan sembelit. Bicarakan dengan dokter Anda tentang mengubah pola makan Anda atau menggunakan obat lain untuk mencegah atau mengobati sembelit saat Anda mengambil hydromorphone.

  • Apakah Gestrinone aman bagi wanita hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Studi menunjukkan bahwa obat ini dapat mengubah produksi atau komposisi ASI. Jika alternatif obat ini tidak ditemukan, Anda harus memantau bayi untuk efek samping dan asupan ASI yang cukup.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan hydromorphone?

Interaksi dengan obat lain dapat memengaruhi cara kerja obat dan meningkatkan risiko efek samping yang berbahaya. Artikel ini tidak memuat semua kemungkinan interaksi obat. Catatlah semua produk obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, nonresep, dan herbal) dan perlihatkan kepada dokter serta apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa seizin dokter. Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan obat ini meliputi: obat sakit tertentu (campuran narkotika agonis/antagonis seperti pentazocine, nalbuphine, butorphanol), antagonis narkotik (seperti naltrexone).

Risiko efek samping yang serius (seperti pernapasan dangkal, mengantuk, pusing) dapat meningkat jika obat ini diminum dengan produk lain yang juga dapat mempengaruhi pernapasan atau menyebabkan kantuk. Oleh karena itu, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda meminum produk lainnya seperti alkohol, obat alergi, atau obat batuk-dan-flu, obat anti-kejang (seperti fenobarbital), obat-obatan untuk tidur atau kecemasan (seperti alprazolam, diazepam, zolpidem), relaksan otot, penghilang rasa sakit narkotika lainnya (seperti kodein, hydrocodone), dan obat-obatan psikiatri (seperti risperidone, amitriptyline, trazodone). Obat atau dosis obat Anda mungkin perlu diubah.

Obat ini dapat mengganggu tes laboratorium tertentu (termasuk tingkat amilase/lipase), dan mungkin menyebabkan hasil tes palsu. Pastikan pegawai laboratorium dan semua dokter Anda tahu Anda menggunakan obat ini.

Apakah makanan atau alkohol berinteraksi dengan Hydromorphone?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Hindari mengonsumsi etanol jika Anda sedang dalam pengobatan Hydromorphone.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Hydromorphone?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • penyakit Sddison (masalah kelenjar adrenal)
  • penyalahgunaan alkohol, riwayatny
  • tumor otak
  • masalah pernapasan atau paru-paru (misalnya, penyakit paru obstruktif kronik [PPOK], cor pulmonale, hiperkapnia, hipoksia, sleep apnea)
  • depresi SSP
  • ketergantungan obat, terutama penyalahgunaan atau ketergantungan narkotika
  • pembesaran prostat (BPH, hipertrofi prostat)
  • penyakit kandung empedu
  • cedera kepala
  • hiportiroidisme (tiroid kurang aktif)
  • penyakit mental
  • obesitas
  • masalah buang air
  • kondisi lemah fisik — gunakan dengan hati-hati. Dapat meningkatkan risiko efek samping yang lebih serius.
  • alergi terhadap sulfit
  • tidak toleran opioid
  • ileus paralitik (penyumbatan usus)
  • masalah perut atau usus
  • bedah yang melibatkan perut atau usus
  • masalah menelan – Exalgo® dan Palladone® tidak boleh diberikan pada pasien dengan kondisi ini
  • masalah pernapasan
  • depresi pernapasan (hipoventilasi atau pernapasan lambat) — jangan digunakan pada pasien dengan kondisi ini
  • hipotensi (tekanan darah rendah)
  • pankreatitis (radang pankreas)
  • kejang – gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • penyakit ginjal
  • penyakit hati — gunakan dengan hati-hati. Efek dapat meningkat karena pengeluaran obat dari tubuh lebih lambat.
  • masalah perut atau pencernaan — obat ini  mungkin dapat menutupi diagnosis kondisi ini.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis mungkin meliputi:

  • napas melambat atau berhenti
  • mengantuk
  • koma (kehilangan kesadaran dalam jangka waktu tertentu)
  • kelemahan otot
  • kulit lembap dan dingin
  • penyempitan atau pelebaran pupil (lingkaran hitam di tengah mata)
  • detak jantung melambat atau berhenti
  • pusing
  • pingsan
  • Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis. Jika Anda menggunakan tablet extended-release, lewati dosis yang terlewat dan terus ikuti jadwal rutin dosis Anda. Jangan meminum lebih dari satu dosis tablet extended-release dalam 24 jam.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan