Gofen 400 obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Gofen 400 Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Apa fungsi Gofen 400?

Gofen 400 adalah obat yang digunakan untuk meringankan rasa sakit yang terkait dengan masuk angin, flu, sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, sakit punggung, nyeri minor dari arthritis, nyeri haid (dismenore) dan demam.

Bagaimana cara pakai Gofen 400?

Gunakan obat persis seperti yang diarahkan pada label, atau seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Jangan gunakan dalam jumlah yang lebih besar atau lebih lama dari yang direkomendasikan. Gunakan dosis terendah yang efektif dalam mengobati kondisi Anda.

Jangan minum lebih dari dosis yang direkomendasikan. Overdosis ibuprofen dapat merusak lambung atau usus. Jumlah maksimum ibuprofen untuk orang dewasa adalah 800 miligram per dosis atau 3200 mg per hari (4 dosis maksimum). Gunakan hanya jumlah terkecil yang diperlukan untuk melegakan rasa sakit, pembengkakan, atau demam Anda.

Dosis ibuprofen pada seorang anak didasarkan pada usia dan berat badan anak. Hati-hati dalam mengikuti petunjuk dosis yang tersedia pada obat anak Anda untuk usia dan berat badan anak Anda. Tanyakan pada dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki pertanyaan.

Minum ibuprofen dengan makanan atau susu agar sakit perut berkurang.

Baca semua informasi pasien, panduan pengobatan, dan lembar instruksi yang diberikan kepada Anda. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki pertanyaan.

Bagaimana cara menyimpan Gofen 400?

Dalam kondisi kering yang terlindung dari cahaya, pada suhu di bawah 25° C. Tanggal kedaluwarsa untuk Gofen 400: 3 tahun.

Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Gofen 400?

Obat ini harus digunakan dengan hati-hati pada pasien dengan penyakit ginjal, gagal jantung kronis, gejala dispepsia sebelum pengobatan, digunakan segera setelah operasi, dengan indikasi riwayat perdarahan gastrointestinal pada penyakit saluran pencernaan, reaksi alergi yang berhubungan dengan penggunaan NSAID.

Hati-hati menggunakan obat ini jika Anda memiliki penyakit hati dan ginja. Jangan digunakan sebagai obat luar pada kulit yang terluka.

Obat ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung fatal atau stroke, terutama jika Anda menggunakannya dalam jangka panjang atau meminum dosis tinggi, atau jika Anda memiliki penyakit jantung. Bahkan orang-orang tanpa penyakit jantung atau faktor risiko bisa memiliki stroke atau serangan jantung saat dalam perawatan obat ini.

Jangan gunakan obat ini sebelum atau setelah operasi bypass jantung (arteri koroner graft bypass, atau CABG).

Ibuprofen juga dapat menyebabkan pendarahan perut atau usus, yang bisa berakibat fatal. Kondisi ini dapat terjadi tanpa peringatan saat Anda menggunakan ibuprofen, terutama pada lansia.

Anda tidak boleh menggunakan Gofen 400 jika Anda alergi terhadap ibuprofen, atau jika Anda pernah memiliki serangan asma atau reaksi alergi yang parah setelah minum aspirin atau NSAID.

Apakah Gofen 400 aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Jangan menggunakan obat ini dalam trimester ketiga kehamilan. Penggunaan pada trimester I dan II kehamilan dibenarkan hanya dalam kasus di mana diharapkan obat tersebut lebih banyak memiliki manfaat untuk ibu daripada kerugian yang mungkin terjadi pada janin.

Ibuprofen dalam jumlah kecil dalam tercampur ke dalam ASI. Anda biasanya dibolehkan menggunakan obat ini dalam masa laktasi untuk mengurangi rasa sakit dan demam. Jika obat ini harus digunakan dalam jangka panjang obat atau dosis tinggi (800 mg/24 jam), Anda harus berhenti menyusui.

Efek Samping

Apa efek samping Gofen 400 yang mungkin terjadi?

  • Sistem pencernaan: sering mual, anoreksia, muntah, rasa tidak nyaman di bagian epigastrium, diare, mungkin akan memunculkan erosi dan luka ulseratif pada saluran pencernaan; perdarahan langka dari saluran cerna, mungkin memicu masalah hati bila digunakan dalam jangka panjang.
  • Sistem saraf pusat dan sistem saraf perifer: sering sakit kepala, pusing, gangguan tidur, agitasi, gangguan penglihatan.
  • Sistem hemopoietic: penggunaan jangka panjang mungkin akan menyebabkan anemia, trombocytopenia, agranulocytosis.
  • Saluran kemih: penggunaan jangka panjang mungkin akan menyebabkan disfungsi ginjal
  • Reaksi alergi: sering mengalami ruam kulit, edema, meningitis aseptik langka (biasanya pada pasien dengan penyakit autoimun), sindrom bronkospasme.
  • Reaksi lokal: ketika obat topikal digunakan mungkin akan menyebabkan hiperemia kulit, kulit terasa terbakar atau kesemutan.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Gofen 400?

  • Penggunaan simultan dengan ibuprofen dapat mengurangi efek dari obat antihipertensi (inhibitor ACE, beta-blocker), diuretik (furosemid, hypothiazide).
  • Penggunaan secara simultan dengan antikoagulan dapat meningkatkan efeknya.
  • Penggunaan simultan dengan SCS meningkatkan risiko efek samping dari saluran pencernaan.
  • Penggunaan simultan dapat menggantikan senyawa dengan protein plasma antikoagulan tidak langsung (acenocoumarol), turunan dari hydantoin (phenytoin), obat hypoglycemic oral derivatif sulfonylurea.
  • Penggunaan simultan dari amlodipine mungkin akan sedikit mengurangi aksi antihipertensi dari amlodipine, dengan asam asetilsalisilat: penurunan konsentrasi ibuprofen dalam plasma darah, dengan baclofen: meningkatkan toksisitas baclofen.
  • Bila digunakan bersamaan dengan warfarin dapat meningkatkan waktu perdarahan, juga microhematuria, memar dengan hydroklorotiazid: mungkin sedikit penurunan aksi antihipertensi dari hidroklorotiazid, kaptopril: dapat mengurangi efek antihipertensi kaptopril, dengan cholestyramine: menurunkan penyerapan ibuprofen.
  • Penggunaan simultan dengan lithium karbonat meningkatkan konsentrasi lithium dalam plasma darah.
  • Penggunaan simultan dengan magnesium hidroksida dapat meningkatkan penyerapan awal ibuprofen, dengan methotrexate dapat meningkatkan toksisitas methotrexate.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Gofen 400?

Tanyakan kepada dokter Anda sebelum menggunakan Ibuprofen bersama dengan etanol. Jangan minum alkohol saat minum Ibuprofen. Alkohol dapat meningkatkan risiko perdarahan lambung yang disebabkan oleh ibuprofen. Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki gejala pendarahan di perut atau usus. Hal seperti ini termasuk tinja berwarna hitam, berdarah, atau seperti tar, atau batuk darah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi. Sangat disarankan untuk memberi tahu dokter Anda tentang semua obat lain yang Anda gunakan, termasuk vitamin dan herbal. Jangan berhenti menggunakan obat apapun tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Retensi cairan dan edema telah dilaporkan dalam hubungan dengan penggunaan obat anti-inflammatory drugs (NSAID). NSAID harus diberikan dengan hati-hati pada pasien dengan retensi cairan yang sudah ada sebelumnya, hipertensi, atau riwayat gagal jantung. Tekanan darah dan status kardiovaskular harus dimonitor selama inisiasi pengobatan NSAID dan sepanjang terapi berlangsung.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Gofen 400.

Berapa dosis Gofen 400 untuk orang dewasa??

Minum 1 kapsul setiap 4-6 jam saat gejala terjadi.

Dosis harian maksimum untuk orang dewasa jika diberikan oral adalah 2,4 g.

Rheumatoid arthritis: 0,8 g 3 kali sehari.

Osteoarthrosis dan ankylosing spondylitis: 0,4-0,6 gram, 3-4 kali sehari.

Berapa dosis Gofen 400 untuk anak?

Anak-anak di atas 12 tahun: 1 kapsul setiap 4-6 jam saat gejala terjadi.

Juvenile rheumatoid arthritis – 30-40 mg/kg/hari dalam beberapa tahap.

Tetapi tidak melebihi 3 kapsul dalam 24 jam kecuali diarahkan oleh dokter.

Dalam bentuk apa saja Gofen 400 tersedia?

Obat ini tersedia dalam bentuk Softgel kapsul 400 mg.

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Dalam kasus overdosis, segera hubungi layanan darurat setempat atau larikan ke rumah sakit.

Gejala overdosis mungkin meliputi: pusing; gerakan mata cepat yang tidak dapat Anda kontrol; bernapas lambat atau tidak bernapas dalam jangka waktu yang singkat; bibir, mulut, dan hidung berwarna kebiruan.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca