Apa Itu Glucobay?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Glucobay Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Kegunaan

Obat apakah Glucobay?

Glucobay adalah obat oral yang digunakan pada pasien diabetes tipe dua untuk membantu kontrol gula darah ketika program diet, olahraga, dan pengurangan berat badan tidak cukup berhasil menurunkan kadar glukosa darah sesuai dengan hasil yang diinginkan. Disiplin mengontrol gula darah akan membantu diabetesi terhindar dari kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, amputasi, dan masalah fungsi seksual. Kontrol gula darah yang tepat juga menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Glucobay mengandung bahan aktif acarbose. Acarbose dalam obat ini bekerja dengan cara menunda pemecahan glukosa dan pati di dalam usus dan penyerapannya kembali ke dalam darah. Dengan begitu, peningkatan gula darah yang biasanya terjadi setelah makan dapat dicegah. Pengobatan ini dapat dikombinasikan dengan obat diabetes lainnya jika dibutuhkan ataupun sebagai terapi tunggal.

Bagaimanakah aturan minum Glucobay?

Glucobay adalah obat oral yang diminum dengan cara dikunyah bersamaan dengan mulut yang penuh makanan. Anda juga dapat menelannya secara utuh seperti biasa, bersamaan dengan suapan pertama saat makan. Obat ini biasanya dikonsumsi tiga kali sehari.

Banyak faktor yang memengaruhi pemberian dosis obat ini kepada pasien, antara lain berat badan, kondisi kesehatan, dan respons tubuh terhadap pengobatan. Jangan mengubah dosis atau menghentikan dosis tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Pada awal pengobatan, dokter Anda mungkin hanya menganjurkan untuk meminum satu atau dua kali sehari, sebelum meningkatnya menjadi tiga kali sehari.

Minumlah obat ini secara rutin untuk menjaga agar kadar gula darah Anda tetap dalam batas aman. Untuk memudahkan Anda mengingat, minumlah obat ini pada waktu yang sama setiap harinya. Jika Anda tak kunjung merasakan perbaikan atau bahkan memburuk, segera kunjungi dokter Anda.

Bagaimana aturan penyimpanan Glucobay?

Simpan obat ini pada tempat yang kering dan suhu ruangan yang tidak lebih dari 30 derajat Celcius. Jangan membukanya jika belum akan dikonsumsi. Jangan simpan obat ini di kamar mandi, dekat wastafel, atau jendela. Jauhkan dari panas dan paparan sinar matahari langsung. Jangan meninggalkan obat ini di dalam mobil. Bacalah petunjuk penyimpanan yang terdapat dalam kemasan produk atau sesuai ikuti petunjuk yang diberikan oleh apoteker Anda. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Jika dokter Anda menyatakan untuk menghentikan pengobatan atau obat sudah mencapai masa kedaluwarsa, buanglah obat ini dengan aman. Jangan menyiram obat-obatan ini ke dalam toilet atau saluran pembuangan kecuali jika diinstruksikan demikian. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Glucobay untuk pasien dewasa?

Dosis awal: 50 mg, satu kali sehari. Beberapa orang mungkin mengawali pengobatan Glucobay dengan dosis yang lebih kecil untuk menghindari risiko terjadinya efek samping.

Dosis maksimum: 100 mg, tiga kali sehari

Dalam dosis dan sediaan apakah Glucobay tersedia?

Tablet, Oral: 50 mg, 100 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi akibat konsumsi Glucobay?

Segera informasikan kepada dokter jika Anda merasa tidak nyaman ketika mengonsumsi Glucobay. Semua obat memiliki efek samping yang terkadang bisa berdampak serius, namun kebanyakan obat tidak menghasilkan efek samping yang serius. Jika mendapatkan efek samping serius, Anda mungkin membutuhkan penanganan medis.

Beberapa orang mungkin mengalami efek samping yang tak diinginkan ketika mengonsumsi obat ini pada tahap awal sebagai bentuk penyesuaian tubuh. Namun, pada beberapa kasus, gejala tersebut menetap atau bahkan memburuk. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat konsumsi Glucobay:

  • Perut kembung
  • Suara bergemuruh pada perut bagian atas
  • Perasaan begah (perut terlalu penuh)
  • Tinja yang lebih lunak atau diare
  • Masalah pencernaan
  • Kehilangan selera makan
  • Muntah
  • Penimbunan cairan (edema/pembengkakan jaringan akibat bertambahnya jumlah cairan)
  • Penyakit kuning (pada mata dan kulit)
  • Pembengkakan hati (hepatitis)
  • Penurunan jumlah trombosit dalam darah

Kebanyakan efek samping dari daftar di atas tidak terjadi. Namun, jika Anda mengalaminya dan tidak kunjung membaik, segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan penanganan. Jangan mengonsumsi antacid untuk meredakan gejala di atas.

Reaksi alergi serius jarang terjadi akibat konsumsi obat ini. Namun, jika Anda mengalami reaksi alergi serius yang ditandai dengan gatal, ruam, kulit kemerahan, bengkak pada area wajah/mata/bibir/lidah/tenggorokan, dan sesak napas, segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan penanganan.

Daftar di atas hanyalah daftar efek samping yang umum terjadi, bukan merupakan daftar lengkap. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai kemungkinan efek samping yang dapat terjadi yang Anda khawatirkan.

Peringatan dan Pencegahan

Apa yang harus saya perhatikan sebelum mengonsumsi Glucobay?

  • Informasikan kepada dokter jika Anda memiliki alergi obat-obatan, terutama acarbose (bahan aktif di dalam Glucobay) dan obat-obatan lainnya. Glucobay mungkin mengandung bahan lain yang dapat menyebabkan alergi
  • Informasikan seluruh riwayat kesehatan Anda, termasuk penyakit yang pernah dan sedang Anda derita, seperti penyakit ginjal, hernia, kolitis ulseratif, atau baru menjalani operasi pada perut bagian atas
  • Konsumsi Glucobay mungkin meningkatkan tes fungsi hati tertentu. Dokter Anda mungkin akan memantau dan melakukan pengecekan pada fungsi hati Anda pada 6-12 bulan pengobatan dengan Glucobay
  • Jangan memberikan obat ini pada anak yang berusia kurang dari 18 tahun
  • Informasikan kepada dokter Anda jika Anda berencana atau sedang hamil dan membutuhkan kontrol gula darah

Apakah Glucobay aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Belum ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Kandungan acarbose dalam Glucobay termasuk ke dalam kategori B (tidak berisiko pada beberapa penelitian) menurut Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat. Belum diketahui pula apakah acarbose pada Glucobay ikut dikeluarkan tubuh melalui ASI. Penggunaannya pada ibu hamil dan menyusui sebaiknya dihindari.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa saja yang berinteraksi dengan Glucobay?

Beberapa obat tidak dapat dikonsumsi secara bersamaan karena akan menimbulkan interaksi obat. Interaksi obat dapat meningkatkan risiko efek samping yang serius atau mengubah kinerja obat Anda. Sekalipun begitu, dokter Anda mungkin meresepkan kedua obat yang saling berinteraksi secara bersamaan jika dibutuhkan dengan penyesuaian dosis.

Berikut adalah daftar obat yang berinteraksi terhadap Glucobay:

  • Neomycin
  • Cholestyramine
  • Enzim pencernaan buatan
  • Digoxin
  • Antikoagulan
  • Salbutamol
  • Diuretik
  • Pil KB
  • Kortikosteroid, seperti prednisone

Daftar di atas belum memuat seluruh daftar obat yang berinteraksi dengan Glucobay. Informasikan seluruh daftar obat yang Anda konsumsi baik obat yang diresepkan, nonresep, multivitamin, bahkan obat herbal kepada dokter Anda.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan gawat darurat atau overdosis?

Hubungi bantuan darurat medis (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan pada  kondisi gawat darurat. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat dalam kondisi ini. Kondisi overdosis yang disertai dengan konsumsi karbohidrat akan berujung pada diare dan masalah pencernaan lainnya, seperti gas di perut dan kram pada perut bagian atas.

Bagaimana jika saya melewatkan jadwal minum obat?

Jika Anda melupakan jadwal minum obat, minumlah Glucobay bersamaan dengan jadwal makan Anda selanjutnya. Jangan mengonsumsi obat ini tanpa disertai makanan atau di antara jam makan Anda. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: September 26, 2018 | Terakhir Diedit: September 25, 2018

Sumber