Glatiramer obat apa?

Oleh

Nama Generik: Glatiramer Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa glatiramer?

Obat ini digunakan untuk mengobati jenis multiple sclerosis yang terjadi ketika gejala muncul dalam siklus memburuk dan membaik. Ini adalah protein yang diduga bekerja dengan mencegah sistem kekebalan tubuh menyerang saraf di otak dan sumsum tulang belakang. Efek ini dapat menurunkan jumlah periode penyakit memburuk (kambuh) dan mencegah atau menunda kecacatan. Obat ini dikenal sebagai imunomodulator. Ini bukan obat untuk mengobati multiple sclerosis.

Bagaimana cara penggunaan glatiramer?

Obat ini diberikan melalui suntikan di bawah kulit seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Obat ini tersedia dalam 2 dosis yang berbeda. Tergantung pada dosis, biasanya diberikan sekali sehari atau 3 kali seminggu setidaknya 48 jam terpisah. Ikuti petunjuk dokter Anda dengan hati-hati pada seberapa sering Anda harus menggunakan obat ini. Jika Anda menggunakan obat ini di rumah, pelajari semua persiapan dan penggunaan instruksi dari dokter Anda. Cuci dan keringkan tangan sebelum menyuntikkan glatiramer. Sebelum menggunakan, hangatkan obat jika telah didinginkan dan simpan jarum suntik pada suhu ruangan selama 20 menit. Jangan menyuntikkan glatiramer dingin karena ini bisa menyakitkan. Obat ini biasanya jernih dan tidak berwarna agak kuning. Sebelum menggunakan, periksa produk ini secara visual untuk partikel atau perubahan warna. Jika berubah maka jangan gunakan cairan tersebut.

Sebelum menyuntikkan masing-masing dosis, bersihkan tempat suntikan dengan alkohol. Hal ini penting untuk mengubah tempat suntikan setiap hari untuk mencegah masalah di daerah bawah kulit. Periksa suntikan dan jangan suntikkan kembali ke rea suntikan yang sama selama minimal 1 minggu. Suntikkan obat di bawah kulit pinggul, paha, perut, pantat, atau belakang lengan atas. Jangan menyuntikkan ke pembuluh darah. Setelah menarik keluar jarum, berikan tekanan lembut pada tempat suntikan. Jangan digosok. Buanglah bagian yang tidak terpakai dari suntik setelah digunakan. Jangan disimpan untuk nanti. Gunakan obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat minumlah obat ini di waktu yang sama setiap hari. Jangan berhenti menggunakan obat ini sebelum berkonsultasi dengan dokter. Pelajari cara untuk membuang jarum dan perlengkapan medis yang aman. Beri tahu dokter jika kondisi Anda memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan glatiramer?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis glatiramer untuk orang dewasa?

20 mg subkutan sekali sehari atau 40 mg subkutan tiga kali seminggu.

Bagaimana dosis glatiramer untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi yang lebih lanjut.

Dalam dosis apakah glatiramer tersedia?

Obat ini tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:

Larutan, Injeksi: 20 mg / mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena glatiramer?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi seperti: gatal-gatal, sulit bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Berhenti menggunakan glatiramer dan hubungi dokter Anda jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • nyeri dada
  • ruam parah atau iritasi kulit
  • pusing, berkeringat, kesulitan bernapas
  • berdebar detak jantung
  • atau sakit parah di mana injeksi diberikan

Efek samping yang lebih ringan meliputi:

  • kemerahan, nyeri minor, gatal, bengkak, atau benjolan keras di mana injeksi diberikan
  • flushing (kehangatan, kemerahan, atau perasaan kesemutan)
  • penglihatan ganda
  • mual, muntah, peningkatan dorongan untuk buang air kecil atau buang air besar
  • lemah, nyeri punggung
  • pilek
  • bengkak di tangan atau kaki
  • gatal atau keluar cairan dari vagina
  • demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu, sakit tenggorokan
  • atau bercak putih atau luka di dalam mulut atau bibir Anda.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, konsultasikanlah kepada dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan glatiramer?

Sebelum mengonsumsi glatiramer,

  • beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap glatiramer, manitol, atau obat lain
  • beri tahu dokter dan apoteker apa obat  resep dan obat tanpa resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan. Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau memonitor Anda dengan hati-hati untuk efek samping.
  • beri tahu dokter jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit ginjal.
  • beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan glatiramer, hubungi dokter Anda.
  • Anda harus tahu bahwa Anda mungkin memiliki reaksi setelah Anda menyuntikkan glatiramer. Anda mungkin mengalami gejala berikut: rasa panas, nyeri dada, berdebar detak jantung, kecemasan, kesulitan bernapas, penutupan tenggorokan, dan gatal-gatal. Reaksi ini paling mungkin terjadi di beberapa bulan pengobatan Anda, tetapi dapat terjadi setiap saat. Gejala ini biasanya akan hilang tanpa pengobatan dalam waktu singkat. Dapatkan perawatan medis darurat jika gejala ini menjadi parah atau berlangsung lebih lama lebih dari beberapa menit. Penting untuk memberi tahu dokter Anda jika hal ini terjadi.

Apakah glatiramer aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori X menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan glatiramer?

Interaksi dengan obat lain dapat memengaruhi cara kerja obat dan meningkatkan risiko efek samping yang berbahaya. Artikel ini tidak memuat semua kemungkinan interaksi obat. Catatlah semua produk obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, nonresep, dan herbal) dan perlihatkan kepada dokter serta apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa seizin dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan glatiramer?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan glatiramer?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • alergi terhadap manitol – sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini.
  • infeksi – obat ini mungkin menurunkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca