Apa itu Fucoidan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Nama Generik: Fucoidan Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa fucoidan digunakan?

Fucoidan adalah jenis suplemen yang mengandung polisakarida sulfat. Zat ini biasanya ditemukan di spesies ganggang cokelat (brown algae) dan beberapa jenis hewan laut.

Polisakarida sulfat memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, maka itu diolah menjadi suplemen. Suplemen fucoidan berbentuk kapsul, dan ada juga dalam bentuk sirup.

Suplemen ini biasanya digunakan untuk membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian. Tak hanya itu, suplemen fucoidan juga dipercaya bisa mengatasi radang dan meningkatkan sistem imun.

Kondisi kesehatan yang bisa ditangani menggunakan fucoidan

Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah kondisi saat sendi terasa nyeri akibat adanya peradangan ringan. Peradangan ini biasanya disebabkan oleh gesekan yang terjadi antar tulang penyusun sendi. Kondisi ini biasanya menyerang lansia, tetapi bukan berarti tidak bisa menyerang Anda.

Arthritis Rematoid

Penyakit ini termasuk gangguan autoimun yang ditandai dengan sistem imun menyerang diri Anda sendiri karena sistem imun terlalu reaktif. Hal ini menyebabkan terjadinya peradangan sendi dan menimbulkan nyeri serta bengkak pada sendi hingga sendi terasa kaku.

Multiple sklerosis

Multiple Sclerosis adalah salah satu penyakit yang berkaitan dengan sistem imun. Kondisi ini terjadi saat sel saraf di dalam otak dan tulang belakang dipengaruhi oleh sistem imun.

Saat mengalami kondisi ini, myelin mengalami peradangan hingga mengganggu sinyal saraf dan menyebabkan kerusakan pada serat saraf dasar.

Myokarditis autoimun

Kondisi ini muncul saat sistem imun menyerang protein di otot jantung sehingga dapat meningkatkan komplikasi lupus atau infeksi virus yang berbahaya.

Radang usus

Radang usus adalah gangguan autoimun yang menyebabkan usus mengalami peradangan sehingga perut terasa sakit dan memicu diare, serta risiko terjadinya kanker usus.

Selain digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan peradangan dan autoimun, fucoidan juga bisa digunakan untuk mengatasi alergi.

Suplemen ini juga dapat digunakan sebagai antikoagulan atau untuk menghambat pembekuan darah, antitumor, antitrombosis atau menghambat pembentukan gumpalan darah, antivirus, antioksidan, dan imunomodulator yaitu untuk meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Suplemen ini juga sering dikaitkan dengan penggunaannya untuk mengobati penyakit kanker meski belum diketahui dengan pasti mekanisme kerjanya di dalam tubuh. Mengingat bahwa fucoidan adalah salah satu jenis suplemen, maka fucoidan dapat Anda beli dengan bebas di apotek meski tidak disertai dengan resep dokter.

Bagaimana cara penggunaan fucoidan?

Sebelum menggunakan fucoidan, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, perhatikan, dan lakukan saat menggunakan suplemen nutrisi ini. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah:

  • Gunakan suplemen ini sesuai dengan tata cara penggunaan yang terdapat di kemasan atau wadah suplemen. Jika Anda tidak yakin, tanyakan kepada dokter atau apoteker.
  • Suplemen ini bisa dikonsumsi saat perut kosong maupun saat perut sudah terisi dengan makanan.
  • Suplemen ini paling baik jika dikonsumsi pada pagi hari, siang hari, maupun sore hari.
  • Jangan menggunakan fucoidan dengan dosis berlebih, baik kurang maupun lebih.
  • Jika Anda menggunakan sediaan sirup, gunakan sendok takar untuk mengukur dosis obat. Hindari menggunakan sendok makan biasa karena belum tentu sesuai dengan dosis. Jika Anda tidak memiliki sendok takar obat, minta kepada apoteker.

Bagaimana saya menyimpan fucoidan?

Sama halnya dengan obat-obatan dan suplemen lainnya, suplemen ini memiliki tata cara penyimpanan yang harus Anda ikuti, seperti berikut.

  • Suplemen ini paling baik disimpan di dalam suhu ruang.
  • Jauhkan suplemen ini dari paparan sinar matahari atau cahaya langsung.
  • Jauhkan pula suplemen ini dari udara atau tempat yang lembap. Jangan menyimpannya di tempat yang terlalu panas dan dingin karena mungkin saja merusak suplemen ini.
  • Jauhkan suplemen ini dari penglihatan dan jangkauan anak-anak serta hewan peliharaan.
  • Jangan menyimpan suplemen sekaligus obat ini di dalam kamar mandi.
  • Jangan pula menyimpannya hingga beku di dalam freezer.
  • Suplemen ini beredar dalam berbagai merek. Merek tertentu mungkin memiliki cara penyimpanan yang berbeda.

Jika suplemen ini sudah tidak digunakan atau sudah habis masa berlakunya, Anda harus membuangnya dengan tata cara pembuangan obat dan suplemen yang tepat.

Jangan menyiramkan suplemen ini di toilet atau saluran pembuangan air. Jangan pula membuangnya bersama dengan sampah rumah tangga yang lain untuk keamanan dan kesehatan lingkungan.

Bila Anda tidak yakin mengenai bagaimana cara pembuangan obat yang aman, tanyakan kepada apoteker atau petugas dari instansi pembuangan sampah setempat mengenai cara yang benar dan aman untuk membuang produk obat dan suplemen.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis fucoidan untuk orang dewasa?

Dosis fucoidan berbeda-beda, tergantung merek obat yang digunakannya.

Dosis fucotrap untuk dewasa

  • 50 miligram (mg) kapsul, diminum dua kali sehari
  • 100 mg kapsul, diminum sekali sehari

Dosis mozuku untuk dewasa

  • Kapsul: 1 kapsul dikonsumsi dua kali sehari.
  • Sirup: 1 sendok teh dikonsumsi dua kali sehari.

Dosis sancoidan untuk dewasa

  • Kapsul: 1 kapsul diminum tiga kali sehari

Dosis fastro untuk dewasa

  • Kapsul: 1 kapsul diminum satu kali sehari.

Dosis fucohelix

  • Kapsul: 1 kapsul, 50 mg, diminum dua kali sehari atau 100 mg diminum sekali sehari.
  • Sirup: 15 mililiter (mL) diminum sekali sehari.

Bagaimana dosis fucoidan untuk anak-anak?

Belum diketahui apakah fucoidan boleh dikonsumsi oleh anak-anak atau tidak. Maka dari itu, belum dapat ditentukan dosis penggunaan suplemen ini untuk anak-anak.

Jika Anda hendak memberikan suplemen nutrisi ini kepada anak Anda, pastikan bahwa Anda telah berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu. Cari tahu manfaat dan potensi risiko penggunaan fucoidan pada anak-anak. Hanya gunakan suplemen ini jika manfaat penggunaannya lebih besar dibandingkan dengan risikonya.

Bagaimana fucoidan tersedia?

Suplemen ini tersedia dalam berbagai jenis:  kapsul, tablet, dan sirup.

  • Fucotrap:  50 mg kapsul
  • Mozuku: 50 mg tablet
  • Fastro: 100 mg kapsul
  • Fucohelix: 50-100 mg kapsul, 90 mL sirup

Efek Samping

Apa efek samping yang mungkin terjadi jika menggunakan fucoidan?

Sedikit berbeda dengan obat-obatan pada umumnya, suplemen  ini memiliki risiko efek samping penggunaan yang lebih kecil. Tetapi, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa menggunakan suplemen ini dapat menimbulkan efek samping tertentu. Ada beberapa efek samping yang harus Anda perhatikan, seperti berikut.

  • Diare
  • Reaksi alergi, berisiko pada orang yang punya alergi pada kedelai.
  • Pusing, pingsan, hingga tubuh mudah timbul lebam.
  • Pengenceran darah terus-menerus

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua orang mengalami efek samping yang telah disebutkan. Bahkan, ada pula orang yang menggunakan suplemen dan tidak mengalami efek samping sama sekali.

Ada juga efek samping lain yang tidak disebutkan, sehingga jika Anda mengalami gejala efek samping setelah menggunakan suplemen ini, segera hubungi dokter atau apoteker untuk mendapatkan penanganan medis.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan fucoidan?

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan suplemen ini, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dan pahami. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Jika Anda menggunakan obat ini, jangan menggunakan obat-obatan yang berfungsi untuk mengencerkan darah seperti warfarin dan heparin. Hal ini disebabkan, sebagai salah satu zat alami yang dapat ditemukan di tumbuhan ganggang cokelat, suplemen ini juga memiliki sifat mengencerkan darah. Jika dikonsumsi bersamaan, akan terjadi interaksi yang mungkin meningkatkan efek samping penggunaan suplemen atau mengubah cara kerja suplemen dalam tubuh Anda.
  • Gunakan suplemen ini dalam dosis yang paling kecil. Jangan menggunakannya terlalu banyak karena kandungan iodin di dalamnya cukup tinggi. Anda mungkin mengalami keracunan iodin jika tidak membatasi asupannya.
  • Jika Anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi, jangan menggunakan suplemen ini.
  • Jika Anda menderita penyakit hipertiroidisme atau tiroid yang overaktif, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen ini.
  • Mengingat fucoidan adalah suplemen yang kaya akan serat, maka Anda mungkin akan lebih sering buang air besar atau bahkan diare.

Apakah fucoidan aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum diketahui dengan pasti apakah suplemen ini aman digunakan untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Namun, berdasarkan Food Standards Australia New Zealand, mengonsumsi suplemen ini terlalu banyak dapat membuat Anda mudah sakit karena kandungan iodine di dalamnya. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan suplemen sekaligus obat ini secara berlebih.

Untuk memastikan keamanan penggunaannya, konsultasikan kepada dokter dan apoteker apakah suplemen ini aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Pastikan Anda mengetahui manfaat dan risiko penggunaannya. Hanya gunakan suplemen ini jika manfaatnya lebih besar daripada risikonya.

Interaksi

Obat-obatan apa yang dapat berinteraksi dengan fucoidan?

Interaksi antar obat bisa terjadi jika dikonsumsi secara bersamaan, termasuk kemungkinan interaksi antara fucoidan dengan obat-obatan lain. Jika interaksi terjadi, ada kemungkinan cara kerja obat Anda berubah atau risiko efek samping serius yang terjadi meningkat.

Untuk menghindari interaksi obat yang potensial, Anda harus menyimpan daftar semua obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat nonresep, dan produk herbal) dan konsultasikan dengan dokter dan apoteker Anda. Untuk keamanan Anda, jangan mulai, berhenti, atau mengubah dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter Anda.

Ada beberapa obat-obatan yang harus Anda hindari penggunaannya bersamaan dengan fucoidan, karena jika dikonsumsi bersamaan akan ada risiko efek samping yang meningkat, contohnya heparin dan warfarin.

Interaksi dapat terjadi antara heparin dan warfarin bersama fucoidan, sebab fucoidan juga memiliki sifat yang dapat mengencerkan darah. Jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lain yang digunakan untuk mengencerkan darah, seperti heparin dan warfarin, ada kemungkinan risiko tubuh Anda menjadi mudah mengalami pendarahan lebih tinggi daripada sebelumnya.

Apakah makanan atau alkohol berinteraksi dengan fucoidan?

Sama halnya dengan obat-obat tertentu, fucoidan juga sebaiknya tidak dikonsumsi pada waktu makan atau saat memakan jenis makanan tertentu karena dapat terjadi interaksi. Mengonsumsi alkohol atau produk yang berasal dari tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan terjadinya interaksi. Diskusikan dengan ahli kesehatan Anda untuk penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau produk yang berasal dari tembakau.

Kondisi kesehatan seperti apa yang dapat berinteraksi dengan fucoidan?

Fucoidan dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan atau mengubah cara kerja obat. Sangat penting untuk selalu memberi tahu dokter dan pelayan kesehatan Anda mengenai semua kondisi kesehatan Anda sekarang.

Ada beberapa kondisi kesehatan yang sebaiknya tidak berinteraksi dengan fucoidan. Dengan kata lain, hindari mengonsumsi fucoidan jika Anda memiliki salah satu dari beberapa kondisi kesehatan berikut.

  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Kelenjar tiroid terlalu aktif atau hipertiroidisme
  • Diare. Jika Anda sedang diare, mengonsumsi suplemen ini justru akan memperparah kondisi tersebut, sebab fucoidan kaya akan serat. Serat tersebut justru akan memperlancar proses pencernaan Anda sehingga diare Anda akan semakin parah.
  • Tekanan darah rendah atau hipotensi. Menggunakan suplemen sekaligus obat ini dapat membuat Anda rentan mengalami pusing, mudah lebam, hingga pingsan.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada saat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/ 119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Untuk mencegah terjadinya overdosis, gunakan fucoidan sesuai dengan aturan penggunaannya. Jangan menggunakannya secara berlebihan.

Apa yang harus saya lakukan ketika melewatkan dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis suplemen nutrisi yang satu ini, minum sesegera mungkin dosis yang terlupa. Namun bila ternyata saat Anda hendak mengonsumsi dosis yang terlupa, waktu sudah menunjukkan untuk mengonsumsi dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa.

Jangan menggandakan dosis karena dosis ganda tidak akan menjamin apakah Anda bisa merasakan manfaat fucoidan lebih cepat daripada tidak menggandakannya. Selain itu, Anda tidak tahu apakah menggandakan dosis tidak akan akan meningkatkan risiko efek samping dari penggunaan suplemen ini atau tidak.

Selalu konsultasikan kepada dokter mengenai dosis penggunaan suplemen, sebab dokter yang memeriksa kondisi Anda tentu lebih mengetahui penggunaan dosis yang lebih tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Agustus 20, 2019

Sumber