Nama Generik: Fotemustine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa fotemustine?

Fotemustine adalah obat dengan fungsi untuk mengobati melanoma ganas yang menyebar.

Bagaimana cara penggunaan fotemustine?

Hanya spesialis kanker yang berpengalaman mengobati pasien dengan fotemustine. Mereka akan menentukan dosis tergantung pada tinggi dan berat badan pasien. Fotemustine dapat diberikan secara tunggal atau bersama obat kemoterapi lainnya.

Pengobatan dibagi menjadi beberapa fase.

Tahap pertama pengobatan:

Ketika fotemustine merupakan satu-satunya kemoterapi yang digunakan selama perawatan, maka tahap pertama terdiri dari satu injeksi pelan fotemustine (satu “tetesan”) ke dalam pembuluh darah atau arteri seminggu sekali selama 3 minggu berturut-turut.

Ketika fotemustine digunakan dengan kemoterapi lain maka tahap pertama pengobatan terdiri dari satu injeksi pelan fotemustine (seperti di atas) sekali seminggu selama 2 minggu berturut-turut.

Waktu istirahat:

Tahap pertama pengobatan diikuti dengan periode 4-5 minggu di mana fotemustine tidak diberikan sama sekali.

Tahap kedua pengobatan:

Tahap kedua pengobatan terdiri dari satu injeksi pelan fotemustine (seperti di atas) setiap 3 minggu selama spesialis kanker merasa pasien masih memerlukannya.

Bagaimana cara penyimpanan fotemustine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis fotemustine untuk orang dewasa?

Intravena

Melanoma ganas yang menyebar

Dewasa: Tahap awal, 100 mg/m2 BSA setiap minggu selama 3 minggu untuk menginduksi remisi. Dosis pemeliharaan: Dimulai 4-5 minggu setelah induksi, 100 mg/m2 BSA setiap 3 minggu jika jumlah darah mencukupi. Dosis harus diberikan melalui infus IV selama 1 jam. Juga dapat diberikan intra-arterial.

Bagaimana dosis fotemustine untuk anak-anak?

Obat ini akan menghasilkan kontraindikasi pada anak-anak. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah fotemustine tersedia?

Bubuk:

Fotemustine: 208.00 mg untuk satu botol

Pelarut:

96% (v/v): Etil alkohol 3,35 ml

Air untuk injeksi: QSF 4,00 ml untuk ampul

Larutan yang dilarutkan mewakili volume 4,16 ml, yaitu 200 mg Fotemustine dalam 4 ml larutan.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena fotemustine?

Obat-obatan termasuk fotemustine dapat menimbulkan efek samping. Kadang serius, namun sering kali tidak begitu serius. Efek samping mungkin terjadi pada awal pengobatan atau setelah beberapa waktu penggunaan obat. Anda memerlukan perawatan medis apabila mengalami beberapa efek samping seperti berikut.

  • Merasa sakit atau muntah selama 2 jam setelah suntikan.
  • Berkurangnya jumlah sel darah putih dalam darah, membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi.
  • Berkurangnya jumlah trombosit dalam darah, membuat tubuh lebih rentan terhadap perdarahan atau luka.

Pasien yang dirawat dengan fotemustine kadang mengalami:

  • Pembengkakan dan nyeri di area suntikan.
  • Kenaikan suhu tubuh.
  • Sensasi gatal.
  • Nyeri perut.
  • Diare.
  • Mengantuk dalam waktu singkat.
  • Rasa kesemutan, mati rasa, atau perubahan sensasi rasa.
  • Hepatitis (gangguan hati yang serius) dapat menyebabkan mual, muntah, kehilangan nafsu makan, kurang sehat, demam, gatal-gatal, menguningnya kulit dan mata, feces berwarna kuning terang dan/atau urin berwarna gelap.

Beberapa efek samping mungkin tampak tidak jelas, tetapi dapat dilihat dari hasil tes. Biasanya pasien akan menjalani tes darah rutin dan mata akan diperiksa secara teratur selama pengobatan—lebih sering jika pasien memiliki masalah ginjal atau pada orang berusia lebih tua.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan fotemustine?

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter bila:

  • Anda alergi terhadap Fotemustine atau Nitrosourea lainnya.
  • Anda sedang hamil atau berencana hamil.
  • Anda menyusui atau berencana menyusui.
  • Anda telah atau berniat untuk divaksinasi dengan vaksin yellow fever.
  • Kombinasi fotemustine dengan vaksin dapat mengakibatkan reaksi yang fatal.
  • Jika Anda masih anak-anak atau remaja.

Apakah fotemustine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai untuk menentukan risiko penggunaan pengobatan pada wanita selama kehamilan atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam kategori risiko kehamilan D.

  • A=tidak berisiko,
  • B=tidak berisiko pada beberapa studi,
  • C=mungkin ada risiko,
  • D=terbukti positif berisiko,
  • X=kontraindikasi,
  • N=tidak diketahui

Tidak diketahui apakah fotemustine akan masuk ke dalam ASI dan oleh sebab itu belum diketahui risiko terhadap bayi yang diberi ASI.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan fotemustine?

Interaksi obat dapat mengubah cara obat bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Dokumen ini tidak mengandung semua jenis interaksi obat yang mungkin terjadi. Simpanlah daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk produk herbal dengan resep/obat tanpa resep) dan beri tahu kepada dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Beberapa obat dan fotemustine dapat saling bercampur satu sama lain, yaitu:

  • Fenitoin (obat yang digunakan untuk mengobati epilepsi dan/atau kejang-kejang).
  • Tidak dianjurkan menggunakan vaksin tertentu saat Anda sedang dirawat dengan fotemustine.
  • Imunosupresan (obat-obatan yang menurunkan daya tahan tubuh terhadap penyakit).
  • Dacarbazine (obat lain yang digunakan untuk mengobati kanker kulit).
  • Obat-obatan yang digunakan untuk mencegah pembekuan darah, misalnya Warfarin.

Pengobatan dengan fotemustine dapat mengubah efek beberapa obat, dan beberapa obat dapat mempengaruhi kinerja fotemustine. Anda mungkin memerlukan dosis obat yang berbeda atau menggunakan obat yang berbeda.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan fotemustine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan fotemustine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, dapatkan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan