Fondaparinux obat apa?

Oleh

Nama Generik: Fondaparinux Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa fondaparinux?

Fondaparinux adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gumpalan darah serius pada kaki dan/atau paru-paru. Biasanya digunakan dengan obat “pengencer darah” lainnya (warfarin). Jika tidak diatasi, gumpalan darah dapat bergerak ke paru-paru, jantung, atau otak, menyebabkan masalah pernafasan serius (mungkin fatal), serangan jantung, atau stroke. Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah gumpalan darah setelah operasi tertentu dengan meningkatkan risiko penggumpalan darah (seperti patah tulang, masalah perut, penggantian panggul atau kaki).

Fondaparinux dikenal sebagai “pengencer darah” (anticoagulant). Obat ini seperti toheparin yang bekerja dengan menghadang zat natural tertentu pada darah yang menyebabkan penggumpalan.

KEGUNAAN LAIN: Bagian ini memuat penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang sudah disetujui, namun mungkin saja diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum di bawah hanya jika sudah diresepkan oleh dokter dan ahli kesehatan Anda.

Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi jenis tertentu serangan jantung dan jenis khusus sakit dada yang disebut ketidakseimbangan angina.

Bagaimana cara penggunaan fondaparinux?

Obat ini diberikan melalui suntikan lewat kulit perut sesuai petunjuk dokter, biasanya sehari sekali. Jangan suntik ke otot. Dosis dan lama pengobatan tergantung kondisi medis dan respon terhadap pengobatan. Dosis juga dapat berdasarkan berat badan Anda. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan obat ini pada waktu yang sama setiap hari.

Jika Anda menggunakan obat ini di rumah, pelajari semua persiapan dan instruksi penggunaan dari perawat profesional Anda dan dari kemasan produk. Sebelum menggunakan, cek produk ini secara visual untuk kontaminasi atau perubahan warna. Jika terlihat aneh, jangan gunakan cairan. Jangan campurkan dengan obat lain apapun dalam suntikan yang sama. Sebelum menyuntik setiap obat, bersihkan suntikan dengan spiritus. Ganti suntikan setiap waktu untuk mengurangi cedera pada kulit. Untuk meminimalisir memar, jangan gosok suntikan setelah menyuntik. Pelajari bagaimana menyimpan dan membuang bahan medis secara aman.

Ketika mengobati gumpalan darah, “pengencer darah” lainnya (warfarin) biasanya dimulai dalam 3 hari setelah Anda mulai menggunakan fondaparinux. Dokter Anda akan mengarahkan Anda menggunakan kedua obat tersebut sampai warfarin bekerja dengan baik. Jangan hentikan menggunakan obat ini sampai dokter Anda meminta Anda berhenti.

Untuk mencegah gumpalan darah karena operasi, dokter Anda dapat mengarahkan Anda untuk mulai menggunakan obat ini setelah operasi (seperti 6-8 jam setelah operasi penggantian tulang/kaki) dan lanjutkan beberapa hari. Ikuti petunjuk dokter Anda dengan jelas. Mulai menggunakan obat ini terlalu cepat setelah operasi dapat meningkatkan risiko perdarahan serius.

Obat ini dapat juga diberikan lewat suntikan lewat pembuluh darah oleh perawat profesional, seperti petunjuk dokter Anda.

Bagaimana cara penyimpanan fondaparinux?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis fondaparinux untuk orang dewasa?

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Thrombosis Pembuluh Darah Dalam

Dosis berdasarkan berat badan pasien:
-Di bawah 50 kg: 5 mg subkutan sehari sekali
-50 – 100 kg: 7.5 mg subkutan sehari sekali
-Di atas 100 kg: 10 mg subkutan sehari sekali
Durasi terapi: setidaknya 5 hari, sampai 2-3 INR didapat dari warfarin

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Pulmonary Embolism

Dosis berdasarkan berat badan pasien:
-Di bawah 50 kg: 5 mg subkutan sehari sekali
-50 – 100 kg: 7.5 mg subkutan sehari sekali
-Di atas 100 kg: 10 mg subkutan sehari sekali
Durasi terapi: setidaknya 5 hari, sampai 2-3 INR didapat dari warfarin

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Thrombosis Pembuluh Darah Dalam Prophylaxis setelah Operasi Perut

2.5 mg subkutan sehari sekali setelah hemostasis ditetapkan, dimulai tidak lebih dari 6-8 jam setelah operasi
Durasi terapi: 5 – 9 hari

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Thrombosis Pembuluh Darah Dalam – Prophylaxis

2.5 mg subkutan sehari sekali setelah hemostasis ditetapkan, dimulai tidak lebih dari 6-8 jam setelah operasi
Durasi terapi: 5 – 9 hari

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Thrombosis Pembuluh Darah Dalam Prophylaxis setelah Operasi Penggantian Panggul

2.5 mg subkutan sehari sekali setelah hemostasis ditetapkan, dimulai tidak lebih dari 6-8 jam setelah operasi
Durasi terapi: 5 – 9 hari

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Thrombosis Pembuluh Darah Dalam Prophylaxis setelah Operasi Penggantian Lutut

2.5 mg subkutan sehari sekali setelah hemostasis ditetapkan, dimulai tidak lebih dari 6-8 jam setelah operasi
Durasi terapi: 5 – 9 hari

Bagaimana dosis fondaparinux untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas Solusi Sodium Fondaparinux pada pasien anak belum ditetapkan. Karena risiko pendarahan saat pengobatan dengan Solusi Sodium Fondaparinux meningkat pada orang dewasa dengan berat kurang dari 50 kg, ada kekhawatiran keselamatan tertentu untuk penggunaan Solusi Sodium Fondaparinux pada populasi anak-anak.

Dalam dosis apakah fondaparinux tersedia?

  • Solution, Subkutan, sebagai sodium: 2.5 mg/0.5 mL, 5 mg/0.4 mL, 7.5 mg/0.6 mL, 10 mg/0.8 mL
  • Solution, Subkutan, sebagai sodium [bebas pengawet]: 2.5 mg/0.5 mL, 5 mg/0.4 mL, 7.5 mg/0.6 mL, 10 mg/0.8 mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena fondaparinux?

Cari pertolongan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi: gatal-gatal, sulit bernafas, bengkak pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan fondaparinux dan segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki efek samping serius seperti:

  • pendarahan tidak biasa (hidung, mulut, vagina, atau rahim), pendarahan dari luka atau jarum suntik, pendarahan apapun yang tidak berhenti
  • mudah memar, ada bintik ungu atau merah pada kulit
  • kulit pucat, merasa keliyengan atau sesak nafas, detak jantung cepat, masalah konsentrasi
  • pup berwarna hitam atau berdarah, batuk berdarah atau muntah yang terlihat seperti warna kopi
  • kesemutan, mati rasa, atau lemah otot (khususnya pada tangan dan lengan)
  • kehilangan pergerakan pada bagian tubuh manapun
  • mendadak lemah, sakit kepala berat, kebingungan, atau masalah berbicara, penglihatan, atau keseimbangan
  • potasium rendah (kebingungan, detak jantung tidak biasa, haus luar biasa, meningkatnya urin, kaki tidak nyaman, merasa lemas)

Efek samping kurang serius mungkin termasuk:

  • sulit tidur (insomnia)
  • ruam kulit ringan
  • pusing
  • pendarahan kecil, ruam, atau gatal-gatal di tempat obat disuntikkan

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir tentang efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan fondaparinux?

Sebelum menyuntikkan fondaparinux,

  • bilang pada dokter dan apoteker jika Anda memiliki reaksi alergi serius (sulit bernafas atau menelan atau bengkak pada wajah, tenggorokan, lidah, bibir, atau mata) pada fondaparinux. Dokter Anda mungkin akan bilang kepada Anda untuk tidak menggunakan fondaparinux. Juga katakan pada dokter jika Anda alergi obat lain, atau bahan apapun pada suntikan fondaparinux. Tanyakan pada apoteker daftar bahannya. Juga katakan pada dokter dan apoteker jika Anda alergi pada latex
  • katakan pada dokter dan apoteker apa obat resep dan non-resep, vitamin, suplemen nutrisi, dan produk herbal yang sedang atau akan Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan daftar obat pada bagian PERINGATAN PENTING. Dokter Anda dapat mengubah dosis obat Anda atau mengawasi Anda dengan baik untuk efek samping
  • katakan pada dokter jika berat Anda 50 kg atau kurang, mengalami perdarahan di mana pun pada tubuh Anda atau memiliki jumlah platelet rendah (sel penggumpalan darah) pada darah Anda, endocarditis (infeksi pada jantung), atau penyakit ginjal. Dokter Anda mungkin akan mengatakan kepada Anda untuk tidak melakukan suntik fondaparinux
  • katakan pada dokter jika Anda memiliki atau pernah memiliki tukak pada perut atau usus, tekanan darah tinggi, stroke atau stroke mini (TIA), penyakit mata karena diabetes, atau penyakit hati. Juga katakan pada dokter Anda jika Anda baru mengalami operasi otak, mata, atau spinal
  • katakan pada dokter jika Anda hamil, berencana hamil, atau menyusui. Jika Anda sedang hamil saat sedang dalam pengobatan fondaparinux, hubungi dokter Anda
  • jika Anda akan menjalani operasi, termasuk operasi gigi, bilang pada dokter atau dokter gigi bahwa Anda sedang dalam pengobatan suntikan fondaparinux.

Apakah fondaparinux aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan fondaparinux?

Katakan pada dokter Anda tentang semua obat yang Anda gunakan, dan yang baru mulai atau baru Anda hentikan saat pengobatan dengan fondaparinux, khususnya obat lain yang digunakan untuk mengatasi atau mencegah penggumpalan darah, seperti:

  • abciximab, clopidogrel, dipyridamole, eptifibatide, ticlopidine, tirofiban
  • alteplase, reteplase, tenecteplase, urokinase
  • apixaban, argatroban, bivalirudin, dabigatran, desirudin, lepirudin, rivaroxaban
  • dalteparin, enoxaparin, heparin, tinzaparin

Daftarnya di atas ini bukanlah daftar lengkap. Masih banyak obat lain yang dapat berinteraksi dengan fondaparinux, termasuk obat resep dan obat pencegah, vitamin, dan produk herbal. Tidak semua interaksi terdaftar pada petunjuk pengobatan ini.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan fondaparinux?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan fondaparinux?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • masalah pendarahan
  • masalah pembuluh darah
  • penyisipan kateter pada tulang belakang
  • masalah mata karena diabetes
  • hipertensi (tekanan darah tinggi) yang tidak bisa dikendalikan
  • penyakit hati
  • masalah perut
  • stroke
  • operasi (mata, otak, tulang belakang) – gunakan dengan hati-hati karena risiko pendarahan bisa meningkat
  • infeksi jantung
  • penyakit ginjal berat
  • perdarahan besar
  • thrombocytopenia (jumlah platelet pada darah rendah)
  • berat badan kurang dari 50 kg – sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini
  • penyakit ginjal— Gunakan dengan hati-hati, efek sampingnya dapat meningkat karena lambatnya pengeluaran obat dari tubuh.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca