Fluoxymesterone obat apa?

Oleh

Nama Generik: Fluoxymesterone Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa fluoxymesterone?

Obat ini digunakan pada pria yang tidak membuat cukup zat alami yang disebut testosteron. Pada laki-laki, testosteron bertanggung jawab untuk banyak fungsi normal, termasuk pertumbuhan dan perkembangan alat kelamin, otot, dan tulang. Hal ini juga membantu menyebabkan perkembangan seksual normal (pubertas) pada  anak laki-laki. Fluoxymesterone mirip dengan testosteron alami yang diproduksi oleh tubuh Anda. Obat ini tergolong ke dalam kelas obat yang dikenal sebagai androgen. Bekerja dengan mempengaruhi banyak sistem tubuh sehingga tubuh dapat berkembang dan berfungsi normal. Fluoxymesterone juga dapat digunakan pada remaja tertentu untuk menyebabkan pubertas pada mereka yang pubertasnya tertunda.

Bagaimana cara penggunaan fluoxymesterone?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Minum obat ini dengan atau tanpa makanan, biasanya 1 sampai 4 kali sehari, seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, kadar testosteron, dan respon terhadap pengobatan.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat optimal. Untuk membantu Anda mengingat, minum pada waktu yang sama setiap hari. Jangan tiba-tiba berhenti menggunakan fluoxymesterone jika Anda telah menggunakannya untuk jangka waktu yang lama atau dalam dosis tinggi. Dalam kasus tersebut, tubuh Anda tidak akan lagi membuat testosteron sendiri, dan reaksi putus obat (seperti kelelahan, lemas, depresi) dapat terjadi. Untuk mencegah reaksi putus obat, dokter Anda dapat mengurangi dosis secara bertahap. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk rincian lebih lanjut, dan segera laporkan jika terjadi reaksi withdrawal.

Terdapat kemungkinan ketergantungan dengan obat ini, dan sering digunakan dengan tidak tepat untuk membesarkan otot. Jangan menaikkan dosis, meminumnya lebih sering, atau untuk waktu yang lebih lama dari yang ditentukan. Dengan melakukannya dapat meningkatkan efek samping yang serius (seperti peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, penyakit hati, pecah tendon/ligamen, perkembangan tulang yang tidak tepat pada remaja). Hentikan penggunaan obat dengan benar ketika diarahkan. Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan fluoxymesterone?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis fluoxymesterone untuk orang dewasa?

Standar dosis dewasa untuk Hipogonadisme – Pria

5 sampai 20 mg per oral sekali sehari atau dibagi menjadi 3 atau 4 dosis. Biasanya lebih baik untuk memulai pengobatan dengan dosis terapi penuh yang harus kemudian disesuaikan dengan kebutuhan individu.

Standar dosis dewasa untuk kanker payudara

10 sampai 40 mg oral per hari dibagi dalam 3 atau 4 dosis. Lama terapi setidaknya satu bulan untuk respon yang memuaskan, dan 2 sampai 3 bulan untuk respon obyektif. Wanita dengan karsinoma payudara harus sering melakukan penentuan kadar urin dan kalsium serum selama terapi. Pasien wanita juga harus memperhatikan tanda-tanda virilisasi yang biasa mengikuti penggunaan androgen pada dosis tinggi. Mereka mungkin diminta untuk melaporkan setiap suara serak, jerawat, perubahan periode menstruasi atau peningkatan rambut wajah. Penghentian terapi obat dengan bukti virilisme ringan diperlukan untuk mencegah virilisasi ireversibel. Sebuah keputusan dapat dibuat jika beberapa virilisasi akan ditoleransi selama pengobatan untuk penyakit ganas.

Standar dosis dewasa untuk gejala menopause

1 sampai 2 mg oral 2 kali sehari selama 3 sampai 6 minggu. Fluoxymesterone umumnya diberikan dalam kombinasi dengan etinil estradiol.

Bagaimana dosis fluoxymesterone untuk anak-anak?

Standar dosis anak-anak untuk keterlambatan pubertas – Pria

2,5-20 mg oral per hari atau dalam 3 sampai 4 dosis terbagi hingga 4 sampai 6 bulan. Dosis secara hati-hati dititrasi menggunakan dosis rendah.

Dalam dosis apakah fluoxymesterone tersedia?

Tablet, oral: 10 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena fluoxymesterone?

Efek samping termasuk: mual, muntah, sakit kepala, perubahan warna kulit, peningkatkan/penurunan minat seksual, kulit berminyak, rambut rontok, dan jerawat dapat terjadi. Jika salah satu dari efek-efek ini tidak hilang atau memburuk, beri tahu dokter atau apoteker Anda segera.

Ingatlah bahwa dokter memberikan resep obat ini karena menilai bahwa manfaatnya lebih besar daripada risiko efek samping bagi Anda. Banyak orang menggunakan obat ini tidak mengalami efek samping yang serius bila digunakan pada dosis normal.

Beri tahu dokter Anda segera jika ada efek samping yang kemungkinan kecil bisa terjadi namun serius: perubahan suasana hati (seperti kecemasan, depresi, marah), kesulitan tidur/mendengkur.

Jika Anda pria, beri tahu dokter Anda segera jika ada efek samping yang kemungkinan kecil bisa terjadi namun serius: kesulitan buang air kecil, payudara bengkak/nyeri, ereksi terlalu sering/berkepanjangan.

Meski jarang, obat ini mungkin membuat pria mengalami ereksi yang menyakitkan atau berkepanjangan yang berlangsung selama 4 jam atau lebih. Jika ini terjadi, berhenti menggunakan obat ini dan cari perhatian medis segera, atau masalah permanen bisa terjadi.

Obat ini dapat menurunkan produksi sperma, efek yang dapat menurunkan kesuburan pria. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk lebih jelasnya.

Jika Anda wanita, beri tahu dokter Anda segera jika ada efek samping yang kemungkinan kecil bisa terjadi namun serius: suara lebih berat, suara serak, pertumbuhan rambut yang tidak biasa pada wajah/tubuh, klitoris membesar, periode menstruasi yang tidak teratur.

Obat ini dapat menyebabkan tubuh Anda menahan cairan tubuh berlebih (edema). Hal ini dapat meningkatkan risiko gagal jantung. Beri tahu dokter Anda segera jika ada tanda-tanda yang kemungkinan kecil bisa terjadi namun serius dari retensi cairan atau gagal jantung: penurunan kemampuan olahraga, tangan/pergelangan kaki/kaki bengkak, kelelahan yang tidak biasa, sesak napas saat berbaring.

Beri tahu dokter Anda segera jika ada efek samping yang kemungkinan kecil bisa terjadi namun serius: tanda-tanda penyakit hati yang serius (seperti nyeri persisten pada perut/mual, kelelahan yang tidak biasa, mata/kulit menguning, urin gelap).

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, minta bantuan medis segera jika Anda melihat gejala-gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing berat, kesulitan bernapas.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan fluoxymesterone?

Sebelum menggunakan fluoxymesterone, hubungi dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap fluoxymesterone, tartrazine (pewarna kuning di beberapa makanan olahan dan obat-obatan), atau obat lain.

Hubungi dokter dan apoteker obat resep dan non-resep yang Anda gunakan, terutama antikoagulan (‘pengencer darah’) seperti warfarin (Coumadin), obat diabetes seperti insulin, dan vitamin.

Beri tahu dokter Anda jika Anda menderita atau pernah menderita diabetes; migrain; penyakit jantung, hati, atau ginjal; kolesterol atau lemak darah tinggi; kanker payudara; depresi; pembesaran prostat atau kanker prostat; atau kelainan darah.

Hubungi dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil atau sedang menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan fluoxymesterone, hubungi dokter Anda.

Apakah fluoxymesterone aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori X menurut US Food and Drugs Administration (FDA). Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

A= Tidak berisiko,

B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,

C=Mungkin berisiko,

D=Ada bukti positif dari risiko,

X=Kontraindikasi,

N=Tidak diketahui

Tidak ada data pada ekskresi fluoxymesterone ke dalam ASI. Produsen merekomendasikan karena potensi efek samping yang serius pada bayi yang menyusui, keputusan harus dilakukan untuk menghentikan menyusui atau menghentikan obat, dengan mempertimbangkan pentingnya obat bagi ibu.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan fluoxymesterone?

Obat lain dapat berinteraksi dengan fluoxymesterone, termasuk obat resep dan yang dijual bebas, vitamin, dan produk herbal. Beri tahu dokter Anda tentang semua obat-obatan yang Anda gunakan saat ini dan setiap obat yang Anda mulai atau berhenti gunakan.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan fluoxymesterone?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan fluoxymesterone?

Untuk memastikan Anda dapat dengan aman menggunakan fluoxymesterone, beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki salah satu kondisi:

  • hipertrofi prostat jinak (BPH)
  • kanker payudara
  • pubertas tertunda (kecuali Anda menggunakan fluoxymesterone untuk mengobatinya)
  • penyakit hati atau ginjal
  • diabetes
  • kondisi yang melemahkan
  • penyakit jantung, penyakit arteri koroner (arteri mengeras), gagal jantung kongestif, atau riwayat serangan jantung.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca