Fluocortolone obat apa?

Oleh

Nama Generik: Fluocortolone Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa fluocortolone?

Fluocortolone adalah kortikosteroid topikal (juga disebut sebagai steroid topikal). Steroid topikal digunakan selain untuk emolien (pelembap) juga bisa untuk mengobati kondisi peradangan kulit seperti eksim dan dermatitis. Steroid topikal digunakan ketika bercak eksim atau dermatitis meradang. Obat ini tidak bisa menyembuhkan kondisi Anda, tetapi akan membantu untuk meringankan gejala peradangan dengan mengurangi peradangan, gatal dan kemerahan.

Pemakaian singkat dari fluocortolone mungkin juga berguna dalam pengobatan psoriasis, pada bagian kecil dari tubuh.

Bagaimana cara penggunaan fluocortolone?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Sebelum Anda mulai menggunakan fluocortolone, bacalah informasi yang dicetak pabrik pada brosur dari dalam paket Anda. Brosur akan memberikan informasi lebih lanjut tentang steroid topikal dan daftar lengkap efek samping yang mungkin Anda alami saat menggunakan obat ini.

Terapkan jumlah kecil pada bagian kulit yang meradang. Kemudian oleskan secara perlahan pada kulit hingga sembuh. Jangan gunakan pada bagian kulit yang infeksi.

Dokter akan memberi tahu Anda seberapa sering Anda perlu menerapkan fluocortolone. Tidak boleh diterapkan lebih dari dua kali sehari, dan sehari sekali sudah cukup. Jumlah steroid topikal yang Anda terapkan umumnya diukur dengan satu buku jari orang dewasa. Krim sejumlah segaris melintang di satu buku  jari orang dewasa sudah bisa digunakan untuk mengolesi area kulit sebesar dua kali telapak tangan orang tersebut. Dokter akan memberikan Anda gambaran seberapa buku jari yang dibutuhkan untuk menutupi bagian kulit yang terpengaruh.

Jika Anda menggunakan lebih dari satu kortikosteroid topikal, pastikan Anda tahu kapan dan di mana untuk menggunakan masing-masing obat. Jika Anda tidak yakin, periksa dengan dokter Anda atau tanyakan kepada apoteker Anda untuk saran lebih lanjut.

Setelah Anda mengoleskan fluocortolone, cuci tangan Anda (kecuali tangan Anda adalah daerah yang diobati).

Bagaimana cara penyimpanan fluocortolone?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis fluocortolone untuk orang dewasa?

Oral

Pengobatan kortikosteroid

Dewasa: bebas alkohol: 5-100 mg harian.

Topikal/yang berhubungan dengan kulit

Dermatosis yang responsif terhadap kortikosteroid

Dewasa: Sebagai krim mengandung 0,25% kaproat atau 0,25% bebas alkohol atau ester pivalat. Terapkan tipis-tipis setiap hari.

Bagaimana dosis fluocortolone untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah fluocortolone tersedia?

Fluocortolone tersedia dalam dosis:

Tablet, oral: 5 mg, 20 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena fluocortolone?

Efek samping termasuk:

  • penurunan fungsi kelenjar adrenal
  • reaksi alergi kulit
  • penipisan kulit

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan fluocortolone?

Untuk memastikan ini adalah pengobatan yang tepat untuk Anda, sebelum Anda mulai menggunakan fluocortolone penting bahwa dokter atau apoteker Anda mengetahui:

  • jika terdapat bagian kulit yang terinfeksi
  • jika Anda memiliki rosacea atau jerawat
  • jika Anda sedang hamil atau menyusui
  • jika Anda pernah mengalami reaksi alergi terhadap pengobatan kulit

Apakah fluocortolone aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA). Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

A= Tidak berisiko,

B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,

C=Mungkin berisiko,

D=Ada bukti positif dari risiko,

X=Kontraindikasi,

N=Tidak diketahui

Belum tersedia informasi tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama menyusui. Namun, telah digunakan bertahun-tahun pada wanita menyusui dan tidak dikenal berbahaya. Mintalah saran medis dari dokter Anda.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan fluocortolone?

Obat ini tidak diketahui dapat mempengaruhi obat-obatan lainnya. Namun, sama dengan semua obat-obatan lain, jika Anda sudah mengonsumsi obat lain Anda harus selalu memeriksa dengan apoteker Anda sebelum menggunakan obat ini juga.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan fluocortolone?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan fluocortolone?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • penekanan adrenal
  • riwayat tuberkulosis
  • hipertensi
  • MI
  • penyakit hati dan gagal ginjal
  • osteoporosis
  • glaukoma
  • perforasi kornea
  • gangguan afektif parah
  • epilepsi
  • ulkus peptik
  • hipotiroidisme
  • riwayat miopati steroid

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca