Fludarabine Phosphate obat apa?

Oleh

Nama Generik: Fludarabine Phosphate Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa fludarabine phosphate?

Obat ini digunakan untuk mengobati leukemia. Ia bekerja dengan memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker.

Bagaimana cara penggunaan fludarabine phosphate?

Konsumsi obat ini lewat mulut dengan atau tanpa makanan, biasanya sekali sehari selama 5 hari berturut-turut atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. siklus 5 hari ini dapat diulangi setelah 28 hari, biasanya sampai 6 siklus. Telan tablet seluruhnya dengan segelas air. Jangan merusak, menghancurkan, atau mengunyah tablet.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, ukuran tubuh, dan respon terhadap pengobatan. Dokter Anda akan memeriksa jumlah darah Anda untuk memastikan Anda dapat menerima siklus berikutnya. Jadwalkan semua janji medis/lab.

Jangan meningkatkan dosis atau meminum obat ini lebih sering daripada yang ditentukan. Kondisi Anda tidak akan membaik lebih cepat, dan risiko efek samping yang serius malah dapat meningkat.

Karena obat ini dapat diserap melalui kulit dan paru-paru, perempuan yang hamil atau yang mungkin hamil tidak boleh memegang obat ini atau menghirup serbuk dari tabletnya.

Bagaimana cara penyimpanan fludarabine phosphate?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis fludarabine phosphate untuk orang dewasa?

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Leukemia Limfositik Kronis

IV:

25 mg / m2 IV setelah lebih dari 30 menit selama 5 hari setiap 28 hari. Setelah respon tumor maksimal, 3 siklus tambahan dianjurkan.

Oral:

40 mg / m2 sekali sehari selama 5 hari setiap 28 hari

Fludarabine Fosfat dapat diminum baik pada saat perut kosong atau dengan makanan. Tablet harus ditelan utuh dengan air jangan  dikunyah atau dirusak.

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita non-Hodgkin Lymphoma:

25 mg / m2 / hari selama 5 hari setiap 28 hari

Bagaimana dosis fludarabine phosphate untuk anak-anak?

Dosis Normal Bagi Anak-Anak Penderita Penyakit Ganas:

Tumor Padat: 7-9 mg / m2 IV bolus diikuti oleh 20-27 mg / m2 / hari infus IV kontinu selama 5 hari

Dosis Normal Bagi Anak-Anak Penderita Leukemia:

Leukemia akut: 10 mg / m2 IV setelah lebih dari 15 menit diikuti dengan infus IV kontinu 30,5 mg / m2 / hari selama 5 hari atau 10,5 mg / m2 IV setelah lebih dari 15 menit diikuti dengan infus IV kontinu 30,5 mg / m2 / hari selama 2 hari diikuti dengan sitarabin.

Dosis Normal Bagi Anak-Anak untuk Transplantasi Sel Stem:

Mengurangi intensitas rejimen sebelum transplantasi sel induk hematopoietik alogenik: 30 mg / m2 / hari selama 5 hari

Dalam dosis apakah fludarabine phosphate tersedia?

Tablet, seperti fosfat: 10 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena fludarabine phosphate?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi berikut: gatal-gatal sulit bernafas pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • kulit pucat atau menguning, urin berwarna gelap
  • denyut jantung cepat atau lambat, nadi lemah, sulit berkonsentrasi, merasa lelah atau sesak napas, mudah memar, tperdarahan (hidung, mulut, vagina, atau dubur), bintik-bintik ungu atau merah di bawah kulit Anda
  • demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu, luka di mulut dan tenggorokan, mual, muntah, kehilangan nafsu makan
  • masalah  penglihatan, kebingungan, agitasi, perubahan perilaku, atau perasaan seperti Anda akan pingsan
  • batuk dengan lendir kuning atau hijau, nyeri dada menusuk, kesulitan bernapas
  • tinja berwarna hitam atau berdarah, batuk darah
  • darah dalam urin Anda, rasa sakit atau panas ketika buang air kecil
  • kencing lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali
  • mati rasa atau merasa geli di sekitar mulut Anda atau
  • kelemahan otot, sesak, atau kontraksi, refleks terlalu aktif.

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • nyeri otot
  • kaki bengkak
  • mual ringan, diare, sakit perut
  • gejala flue seperti hidung berair atau tersumbat, bersin
  • berkeringat
  • gatal ringan atau ruam kulit

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan fludarabine phosphate?

Sebelum menerima injeksi fludarabine Phosphate,

  • beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap fludarabine Phosphate, obat lain, atau salah satu bahan dalam fludarabine Phosphate injeksi. Tanyakan apoteker Anda untuk daftar bahan.
  • beri tahu dokter dan apoteker apa resep dan obat nonresep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal Anda menggunakan atau berencana untuk menggunakan. Pastikan untuk menyebutkan obat yang tercantum dalam bagian PERINGATAN PENTING atau sitarabin (Cytosar-U, DepoCyt). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau monitor Anda dengan hati-hati untuk efek samping.
  • beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit ginjal. Juga beri tahukan dokter Anda tentang semua obat kemoterapi lain yang telah Anda terima dan jika Anda pernah diobati dengan terapi radiasi (perawatan kanker yang menggunakan gelombang partikel energi tinggi untuk membunuh kanker sel). Sebelum Anda menerima kemoterapi atau terapi radiasi di masa depan, beri tahu dokter Anda bahwa Anda telah diobati dengan fludarabine Fosfat.
  • Anda harus tahu bahwa Fludarabine Fosfat injeksi dapat mengganggu siklus menstruasi normal (haid) pada wanita dan dapat menghentikan produksi sperma pada pria. Namun, ini bukan berarti bahwa Anda atau pasangan Anda tidak bisa hamil. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, Anda harus memberi tahu dokter Anda sebelum Anda mulai menerima obat ini. Anda tidak boleh merencanakan untuk memiliki anak saat menerima Fludarabine Fosfat injeksi atau selama minimal 6 bulan setelah perawatan. Gunakan metode KB yang dapat diandalkan untuk mencegah kehamilan selama ini. Berbicara dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Fludarabine Fosfat injeksi dapat membahayakan janin.
  • jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda menggunakan Fludarabine Fosfat injeksi
  • Anda harus tahu bahwa fludarabine Fosfat injeksi dapat menyebabkan perubahan kelelahan, kelemahan, kebingungan, agitasi, kejang, dan penglihatan. Jangan mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin sampai Anda tahu bagaimana obat ini mempengaruhi Anda.
  • berbicara dengan dokter Anda sebelum Anda menerima vaksinasi apapun selama perawatan Anda dengan Fludarabine Fosfat injeksi.
  • Anda harus tahu bahwa Anda dapat mengembangkan reaksi serius atau mengancam jiwa jika Anda harus menerima transfusi darah selama perawatan dengan Fludarabine Fosfat injeksi atau setiap saat setelah perawatan. Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda bahwa Anda menerima atau telah menerima Fludarabine Fosfat injeksi sebelum Anda menerima transfusi darah.

Apakah fludarabine phosphate aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak ada penelitian yang memadai pada wanita untuk mencari tahu risiko pada bayi saat sang ibu mengonsumsi obat ini selama menyusui. Pertimbangkan potensi manfaat dan potensi risikonya sebelum mengonsumsi obat ini selama menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan fludarabine phosphate?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan berikut tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti beberapa obat yang sudah Anda konsumsi.

  • Rotavirus Vaccine, Langsung

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Vaksin Adenovirus Tipe 4, Langsung
  • Vaksin Adenovirus Jenis 7, Langsung
  • Vaksin Bacillus Calmette dari dan Guerin, Langsung
  • Vaksin Virus Influenza, Langsung
  • Vaksin Virus Campak, Langsung
  • Vaksin Virus Mumps, Langsung
  • Pentostatin
  • Vaksin Rubella Virus, Langsung
  • Vaksin Cacar
  • Vaksin Tifus
  • Vaksin Varicella Virus
  • Vaksin
  • Yellow Fever

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan fludarabine phosphate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan fludarabine phosphate?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • masalah sumsum tulang (misalnya, anemia, neutropenia, atau trombositopenia) – Fludarabine Fosfat dapat memperburuk kondisi ini.
  • infeksi – Fludarabine Fosfat dapat menurunkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi
  • penyakit Ginjal – gunakan dengan hati-hati. Efek dapat meningkat karena pengangkatan obat dari tubuh lebih lambat
  • transfusi darah  – dapat meningkatkan risiko efek samping dari Fludarabine Fosfat

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat

Gejala overdosis mungkin meliputi:

  • memar yang tidak biasa atau perdarahan
  • demam, menggigil, batuk, sakit tenggorokan, atau tanda-tanda lain dari infeksi
  • kebutaan tertunda
  • koma

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca