Filgrastim Obat Apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Filgrastim Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Filgrastim digunakan?

Filgastrim adalah obat untuk merangsang sistem darah (sumsum tulang) guna membuat sel-sel darah putih, membantu Anda melawan infeksi. Obat ini diberikan kepada mereka yang kemampuan untuk membuat sel-sel darah putih yang menurun.

Filgrastim (juga dikenal sebagai G-CSF, atau faktor stimulasi koloni granulosit) adalah suatu bentuk sintetis dari bahan alami tertentu yang ditemukan dalam tubuh. Obat ini dihasilkan dengan menggunakan bakteri tertentu.

Bagaimana aturan pakai obat Filgrastim?

Obat ini diberikan melalui suntikan ke pembuluh darah atau di bawah kulit, biasanya sekali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, sampai jumlah darah yang tepat tercapai. Dosis didasarkan pada kondisi medis, berat badan, dan respon terhadap pengobatan. Gunakan jumlah obat sesuai yang diresepkan oleh dokter Anda. Terlalu sedikit obat yang digunakan mungkin tidak melindungi Anda terhadap infeksi. Terlalu banyak obat dapat menyebabkan tubuh Anda untuk membuat terlalu banyak sel darah putih.

Jika Anda menyuntikkan obat sendiri di rumah, pastikan Anda belajar bagaimana cara yang benar untuk mempersiapkan dan menyuntikkan obat ini. Jika Anda menyuntikan obat ini di bawah kulit, pilihlah tempat suntikan baru setiap kali Anda menggunakan setiap dosis. Melalui cara ini akan membantu mencegah rasa sakit. Jangan menyuntikkan filgrastim ke dalam kulit yang lembut, merah, memar, dan sulit atau memiliki bekas luka atau stretch mark. Tanyakan kepada dokter, apoteker atau perawat Anda, pertanyaan yang mungkin Anda miliki tentang bagaimana penggunaan filgrastim untuk diri Anda sendiri. Pelajari bagaimana membuang suntikan yang telah digunakan, jarum suntik, dan setiap obat yang tidak terpakai dengan benar. Jangan pernah menggunakan kembali jarum suntik.

Keluarkan obat dari lemari es 30 menit sebelum Anda menyuntikkannya agar obat mencapai suhu kamar.

Hindari mengocok obat ini; karena dapat membuat obat tidak efektif.

Sebelum menggunakan obat ini, periksa secara visual apabila ada partikel atau perubahan warna. Jika kedua kondisi tersebut muncul, jangan menggunakan cairan obat.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk membantu Anda ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari.

Jika Anda menerima kemoterapi kanker, Anda sebaiknya tidak diberikan filgrastim pada waktu yang sama. Anda harus menerima filgrastim baik sebelum atau setelah kemoterapi, tergantung pada hasil penghitungan darah dan arahan dari dokter Anda. Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Filgrastim?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Filgrastim?

Sebelum menggunakan filgrastim,

  • Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap filgrastim, pegfilgrastim (Neulasta), obat yang terbuat dari bakteri E. coli, atau obat lain. Tanyakan apoteker Anda jika Anda tidak tahu apakah obat Anda terbuat dari bakteri E. coli. Selain itu Beri tahu dokter Anda jika Anda atau orang yang akan menyuntikkan filgrastim untuk Anda alergi terhadap lateks. Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap filgrastim, pegfilgrastim (Neulasta), obat yang terbuat dari bakteri E. coli, atau obat lain. Tanyakan apoteker Anda jika Anda tidak tahu apakah obat Anda terbuat dari bakteri E. coli. Selain itu Beri tahu dokter Anda jika Anda atau orang yang akan menyuntikkan filgrastim untuk Anda alergi terhadap lateks.
  • Beri tahu dokter dan apoteker tentang obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau yang akan Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan hal berikut: lithium (Eskalith, Lithobid). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau memantau Anda dengan hati-hati untuk adanya efek samping.
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang dirawat dengan terapi radiasi atau jika Anda telah atau pernah memiliki leukemia myeloid kronis (penyakit perlahan-lahan muncul akibat di mana terlalu banyak sel darah putih yang dibuat di sumsum tulang), myelodysplasia (masalah dengan sel sumsum tulang yang mungkin berkembang menjadi leukemia), atau pembesaran limpa (organ yang terletak di bawah tulang rusuk yang diperlukan untuk membersihkan darah dan melawan infeksi).
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki penyakit sel sabit (penyakit darah yang dapat menyebabkan kondisi krisis yang menyakitkan, rendahnya jumlah sel darah merah, infeksi, dan kerusakan organ internal). Jika Anda memiliki penyakit sel sabit, Anda mungkin lebih cenderung untuk mengalami krisis selama perawatan Anda dengan filgrastim. Minum banyak cairan selama perawatan Anda dengan filgrastim dan hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki krisis sel sabit selama pengobatan Anda.
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan filgrastim, hubungi dokter Anda.
  • Jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, Beri tahu dokter atau dokter gigi tentang penggunaan filgrastim.
  • Anda harus tahu bahwa filgrastim mengurangi risiko infeksi, tetapi tidak mencegah semua infeksi yang mungkin berkembang selama atau setelah kemoterapi. Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami tanda-tanda infeksi seperti demam; panas dingin; ruam; sakit tenggorokan; diare; atau kemerahan, bengkak, atau sakit atau nyeri di sekitar luka.

Apakah obat Filgrastim aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Filgrastim mungkin berisiko jika digunakan saat hamil. Tidak ada penelitian yang memadai pada wanita untuk menentukan risiko pada bayi ketika menggunakan obat ini selama hamil atau menyusui. Pertimbangkan manfaat terhadap potensi risiko sebelum menggunakan obat ini saat hamil atau menyusui.

Efek Samping

Apa efek samping Filgrastim yang mungkin terjadi?

Efek samping filgrastim yang umum terjadi di antaranya:

  • Diare, sembelit
  • Nyeri tulang
  • Sakit otot
  • Rambut rontok
  • Sakit kepala, perasaan lelah
  • Ruam kulit ringan
  • Rasa gatal, bengkak, atau kemerahan di area suntikan obat

Beberapa orang yang menerima suntikan filgrastim memiliki reaksi terhadap infus (bila obat disuntikkan ke dalam vena). Beri tahu dokter Anda segera jika Anda merasa mual, pusing, berkeringat, atau sesak napas selama atau setelah penyuntikan filgrastim.

Hentikan menggunakan filgrastim dan hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping yang serius berikut ini:

  • Nyeri tiba-tiba atau parah di perut bagian atas kiri yang menyebar ke bahu Anda
  • Napas cepat atau merasa sesak napas
  • Tanda-tanda infeksi seperti demam, menggigil, sakit tenggorokan, gejala flu, mudah memar atau perdarahan (mimisan, gusi berdarah), kehilangan nafsu makan, mual dan muntah, sariawan, kelemahan yang tidak biasa.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Filgrastim?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sekaligus, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin mengubah dosis, atau melakukan tindakan pencegahan lainnya mungkin diperlukan. Ketika Anda menggunakan obat ini, sangat penting bagi ahli kesehatan Anda tahu jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang tercantum di bawah ini. Interaksi berikut ini dipilih atas dasar signifikansi potensi mereka dan bukan berarti semuanya termasuk.

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau mengatur seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Topotecan
  • Vincristine
  • Vincristine Sulfate Liposome

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Filgrastim?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Filgrastim?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan berikut ini:

  • Masalah perdarahan
  • Vasculitis kutan (kelainan kulit)
  • Penyakit atau masalah pernapasan paru-paru
  • Penyakit sel sabit (penyakit sel darah merah)
  • Trombositopenia (trombosit rendah dalam darah) -Gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat filgrastim untuk dewasa?

Dosis untuk neutropenia yang berhubungan dengan kemoterapi:

  • Dosis awal: 5 mcg/kg/hari sebagai injeksi bolus harian subkutan tunggal, atau infus intravena singkat (15-30 menit) atau dengan subkutan kontinu atau infus intravena.
  • Dosis pemeliharaan: Pada fase 3 percobaan, kemanjuran diamati pada dosis 4-8 mcg/kg/hari.
  • Durasi terapi: Hingga 2 minggu, sampai jumlah neutrofil absolut mencapai 10.000/mm3.

Dosis untuk transplantasi sumsum tulang:

Dosis awal: 10 mcg/kg/hari diberikan sebagai infus intravena 4 atau 24 jam, atau sebagai infus subkutan 24 jam terus-menerus.

Dosis untuk transplantasi sel progenitor perifer:

Dosis awal: 10 mcg/kg/hari subkutan, baik sebagai bolus atau infus kontinu, minimal 4 hari sebelum prosedur leukapheresis pertama dan berlanjut sampai leukapheresis terakhir.

Durasi terapi: Meskipun durasi penggunaan optimal dan jadwal leukapheresis belum ditetapkan, penggunaan selama 6-7 hari dengan leukapheresis pada hari 5, 6, dan 7 ditemukan aman dan efektif.

Dosis untuk neutropenia:

Neutropenia kongenital:

  • Dosis awal: 6 mcg/kg subkutan dua kali sehari
  • Dosis rata-rata: 6 mcg/kg/hari
  • Dosis maksimum: dosis pada kasus yang jarang, pasien telah memerlukan lebih besar dari 100 mcg/kg/hari.

Neutropenia idiopatik atau siklik: Dosis awal: 5 mcg/kg subkutan sekali sehari

Dosis rata-rata:

  • Neutropenia siklik: 2.1 mcg/kg/hari
  • Neutropenia idiopatik: 1,2 mcg/kg/hari

Berapa dosis obat filgrastim untuk anak-anak?

Dosis anak-anak untuk Neutropenia

Neutropenia kongenital:

  • Dosis awal: 6 mcg/kg subkutan dua kali sehari
  • Dosis rata-rata: 6.0 mcg/kg / hari

Neutropenia idiopatik atau siklik: Dosis awal: 5 mcg/kg subkutan sekali sehari

Dosis rata-rata:

  • Neutropenia siklik: 2.1 mcg/kg/hari
  • Neutropenia idiopatik: 1,2 mcg/kg/hari

Dosis anak-anak untuk neutropenia yang berhubungan dengan kemoterapi

  • Dosis awal: 5 mcg/kg/hari sebagai  injeksi bolus harian subkutan tunggal, atau infus intravena singkat (15-30 menit) atau dengan subkutan kontinu atau infus intravena.
  • Dosis pemeliharaan: Pada fase 3 percobaan, kemanjuran diamati pada dosis 4-8 mcg/kg/hari.
  • Durasi terapi: Hingga 2 minggu, sampai jumlah neutrofil absolut mencapai 10.000/mm3.

Dalam dosis dan sediaan apa filgrastim tersedia?

  • Larutan, Injeksi: 300 mcg/mL, 480 mcg/1.6 mL
  • Larutan, Injeksi [bebas pengawet]: 300 mcg/0,5 mL, 480 mcg/0.8 mL
  • Larutan suntikan prefilled, subkutan: 300 mcg/0,5 mL, 480 mcg/0.8 mL

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Juli 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 12, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca