Ferrous Sulfate obat apa?

Oleh

Nama Generik: Ferrous Sulfate Merek: Sulfas Ferrosus.

Penggunaan

Untuk apa ferrous sulfate?

Ferrous Sulfate adalah obat yang merupakan suplemen zat besi yang digunakan untuk mengobati atau mencegah kadar zat besi rendah dalam darah (misalnya, untuk anemia atau selama kehamilan). Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sel darah merah dan menjaga tubuh dalam kondisi sehat.

Bagaimana cara penggunaan ferrous sulfate?

Zat besi yang terbaik adalah yang diserap pada saat kondisi perut sedang kosong (baiknya digunakan 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan). Jika Anda mengalami gangguan perut, Anda dapat meminum obat ini bersama makanan. Lihat petunjuk di bawah kemasan obat untuk penggunaan cairan tetes pada bayi/anak-anak. Hindari penggunaan antasida, produk susu, teh, atau kopi dalam waktu 2 jam sebelum atau sesudah menggunakan obat ini karena akan menurunkan efektivitas kinerja obat.

Ambillah tablet atau kapsul dengan segelas penuh air (8 ons atau 240 mililiter) sesuai yang diarahkan oleh dokter Anda. Jangan berbaring selama 10 menit setelah meminum tablet atau kapsul.

Telanlah kapsul extended-release secara keseluruhan. Jangan dihancurkan atau dikunyah karena akan meningkatkan risiko efek samping. Jangan memisahkan tablet extended-release kecuali terdapat garis batas potongan dan dokter atau apoteker pun menyarankannya. Telanlah seluruh atau sebagian tablet tanpa dihancurkan atau dikunyah.

Jika Anda meminum tablet kunyah, kunyahlah obat secara menyeluruh, lalu telan.

Jika Anda meminum bentuk suspensi cair, kocoklah terlebih dahulu sebelum diminum.

Jika Anda mengambil bentuk larutan untuk orang dewasa, hati-hati dalam mengukur dosis dengan memakai alat pengukur khusus/sendok takar. Jangan menggunakan sendok dapur karena Anda tidak akan mendapatkan dosis yang tepat. Campurlah dosis obat dalam segelas air atau jus, dan minum campuran obat dengan sedotan untuk mencegah pewarnaan gigi.

Jika Anda memberikan obat bentuk tetes kepada bayi atau anak kecil, gunakan pipet yang disediakan dan berhati-hati dalam mengukur dosis. Obat bisa langsung diteteskan ke dalam mulut (arah belakang lidah) atau dapat dicampur dalam formula (tidak boleh susu), jus buah, sereal, atau makanan lainnya seperti yang diarahkan untuk membantu meningkatkan penyerapan obat dalam tubuh anak. Cara terbaik adalah berikan obat ini setelah makan. Ikuti petunjuk pada kemasan produk yang Anda gunakan.

Minumlah obat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik. Supaya Anda ingat, minumlah obat pada waktu yang sama setiap harinya.

Bagaimana cara penyimpanan ferrous sulfate?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis ferrous sulfate untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa untuk Anemia Kekurangan Zat Bes:i

Awal: 300-325 mg ferrous sulfat reguler-release diminum sekali sehari.

Pemeliharaan:

Ferrous sulfat reguler-release: 325 mg diminum 3 kali sehari. Atau, pasien dapat diberikan 300 mg per satu kali minum sebanyak 4 kali sehari.

Ferrous sulfat extended-release: 160 mg diminum 1 sampai 2 kali sehari.

Dosis Dewasa untuk Anemia Terkait dengan Gagal Ginjal Kronis:

Awal: 300-325 mg ferrous sulfat reguler-release diminum sekali sehari.

Pemeliharaan:

Ferrous sulfat reguler-release: 325 mg diminum 3 kali sehari. Atau, pasien dapat diberikan 300 mg per satu kali minum sebanyak 4 kali sehari.

Extended-release besi sulfat: 160 mg oral 1 sampai 2 kali sehari.

Tingkat kejenuhan transferrin kurang dari 20%, atau tingkat serum ferritin kurang dari 100 mcg/L menunjukkan kurangnya kandungan zat besi dalam tubuh dan kebutuhan akan terapi pembaruan zat besi.

Terapi pembaruan zat besi akan terus diperlukan pada kebanyakan pasien yang menjalani pengobatan epoetin alfa.

Dosis Dewasa untuk Suplementasi Vitamin/Mineral Selama Kehamilan/Menyusui:

325 mg diminum sekali sehari.

CDC telah menetapkan bahwa kondisi anemia selama masa kehamilan adalah kadar konsentrasi hemoglobin kurang dari 100 g/L selama trimester pertama dan ketiga serta kurang dari 105 g/L selama trimester kedua atau nilai hematokrit kurang dari 32%.

Tunjangan harian yang direkomendasikan untuk kebutuhan zat besi ialah 30 mg per satu kali minum selama masa kehamilan dan 15 mg diminum selama masa menyusui.

Dosis Dewasa untuk Suplementasi Vitamin/Mineral:

325 mg diminum sekali sehari.

Dosis harian yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan zat besi ialah 10 mg bagi laki-laki dewasa, 15 mg untuk dewasa, wanita premenopause, dan 10 mg bagi wanita menopause.

Bagaimana dosis ferrous sulfate untuk anak-anak?

Dosis Pediatrik untuk Anemia Kekurangan Zat Besi:

Bayi prematur:

2 sampai 4 mg elemental iron/kg/hari dibagi setiap 12 sampai 24 jam (dosis harian maksimum 15 mg).

Bayi dan anak-anak kurang dari 12 tahun:

Profilaksis: 1 sampai 2 mg elemental iron/kg/hari (maksimal 15 mg) dalam 1 sampai 2 dosis terbagi.

Anemia akibat kekurangan zat besi ringan hingga sedang:

3 mg elemental iron/kg/hari dalam 1 sampai 2 dosis terbagi.

Anemia akibat kekurangan zat besi yang parah:

4 sampai 6 mg elemental iron/kg/hari dalam 3 dosis terbagi

Dalam dosis apakah ferrous sulfate tersedia?

Tablet, Oral: Tiap tablet mengandung 200 mg kering ferrous sulfat USP (65 mg besi elemental), setara dengan 325 mg dari ferrous sulfat USP.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena ferrous sulfate?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda ini dari reaksi alergi: gatal-gatal sulit bernafas pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Ferrous sulfate dapat menimbulkan efek samping yang tidak terlalu serius yang meliputi:

  • sembelit
  • sakit perut
  • tinja berwarna hitam atau berwarna gelap atau
  • pewarnaan sementara pada gigi

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan ferrous sulfate?

Sebelum meminum obat ini, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda alergi terhadap obat ini atau jika Anda memiliki alergi lain, gangguan kelebihan zat besi, masalah hati, lambung atau masalah usus.

Jika pada kemasan suplemen zat besi juga tertera kandungan asam folat, pastikan Anda memberi tahu dokter atau apoteker bahwa Anda mengalami kekurangan vitamin B12 (Anemia pernisiosa) sebelum menggunakan suplemen tersebut.

Tablet kunyah mungkin mengandung aspartame. Jika Anda memiliki fenilketonuria (PKU) atau kondisi lain yang mengharuskan Anda untuk membatasi asupan aspartam (atau fenilalanin), silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker mengenai penggunaan obat ini secara aman.

Obat dalam bentuk cair kemungkinan mengandung gula dan/atau alkohol. Anda dianjurkan untuk membaca dengan seksama mengenai penggunaan obat cair ini jika Anda memiliki diabetes, ketergantungan terhadap alkohol, atau penyakit hati. Tanyakan kepada dokter atau apoteker mengenai penggunaan produk ini secara aman.

Apakah ferrous sulfate aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum diketahui apakah ferrous sulfat dapat membahayakan bayi di dalam kandungan. Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil selama menjalani pengobatan. Belum diketahui pula apakah ferrous sulfat akan masuk ke dalam ASI atau akan membahayakan bayi bila Anda sedang menyusui. Jangan menggunakan ferrous sulfat tanpa memberitahu dokter jika Anda sedang dalam masa menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan ferrous sulfate?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Penggunaan obat ini dengan salah satu obat berikut tidak dianjurkan, namun kemungkinan diperlukan untuk beberapa kasus. Jika kedua obat diresepkan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau menjadwalkan seberapa sering Anda harus menggunakan salah satu atau kedua obat tersebut.

  • Altretamine
  • Amygdalin
  • Dabrafenib
  • Deferoxamine
  • Digoxin
  • Eltrombopag
  • Elvitegravir
  • Ketoconazole
  • Ledipasvir
  • Pazopanib
  • Fenitoin
  • Rilpivirine
  • Vismodegib

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan ferrous sulfate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan ferrous sulfate?

Adanya masalah medis lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberit ahu dokter bila Anda memiliki penyakit lain, terutama:

  • penyalahgunaan alkohol (pernah menyalahgunakan alkohol)
  • transfusi darah (dengan kandungan zat besi pada sel darah merah yang tinggi)
  • infeksi ginjal
  • penyakit hati
  • porphyria cutaneous tarda. Semakin tinggi tekanan darah akibat suplemen zat besi dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya efek samping
  • arthritis
  • asma atau alergi
  • penyakit jantung. Bentuk zat besi yang disuntikkan dapat membuat kondisi lebih buruk
  • kolitis atau masalah usus lainnya
  • kondisi kelebihan zat besi (misalnya, hemochromatosis, hemosiderosis, hemoglobinopathies)
  • penggunaan suplemen ulkus lambung. asupan zat besi kemungkinan akan membuat kondisi menjadi lebih buruk
  • jenis anemia lainnya. suplemen zat besi dapat meningkatkan kadar zat besi dalam darah yang berpotensi menjadi racun bagi tubuh untuk jenis anemia yang tidak diakibatkan oleh kekurangan zat besi.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis dapat meliputi mual, sakit perut yang parah, diare berdarah, batuk darah atau muntah yang tampak seperti bubuk kopi, napas pendek, detak jantung lemah atau cepat, kulit pucat, bibir biru, dan kejang-kejang.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca