Fenofibrate obat apa?

Oleh

Nama Generik: Fenofibrate Merek: Hicholfen, Hyperchol/Hyperchol 200 M, Lipanthyl Penta 145, Lipanthyl Supra 160, Profibrat, Trichol, Trolip, Zumafib, Zumafib Micro 160, Cholecaps, Felosma, Fenofibrate OGB Medikon, Fenolip, Lifen 200M, Yosenob dan Fenofibrate.

Penggunaan

Untuk apa Fenofibrate?

Fenofibrate adalah obat yang digunakan bersama dengan diet yang tepat dengan fungsi untuk membantu menurunkan kolesterol “jahat” dan lemak (seperti LDL, trigliserida) dan meningkatkan kolesterol “baik” (HDL) dalam darah. Obat ini termasuk dalam kelompok obat yang dikenal sebagai “fibrat.” Obat ini bekerja dengan meningkatkan enzim yang memecah lemak dalam darah. Menurunkan trigliserida pada orang dengan kadar trigliserida darah yang sangat tinggi dapat menurunkan risiko penyakit pankreas (pankreatitis). Namun, Fenofibrate mungkin tidak akan menurunkan risiko serangan jantung atau stroke. Bicaralah dengan dokter Anda tentang risiko dan manfaat dari fenofibrate.
Selain pola makan yang benar (seperti rendah kolesterol/diet rendah lemak), perubahan gaya hidup lainnya yang dapat membantu kerja obat ini lebih baik termasuk berolahraga, minum sedikit alkohol, menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan, dan berhenti merokok.Bagaimana cara penyimpanan Fenofibrate?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis fenofibrate dan efek samping fenofibrate akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Fenofibrate?

Konsumsilah obat ini seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali sehari. Fenofibrate tersedia dalam berbagai jenis kapsul dan tablet yang tersedia dalam jumlah yang berbeda dan mungkin tidak dapat dipertukarkan. Jangan beralih ke bentuk atau merek lain dari obat ini kecuali diarahkan oleh dokter Anda. Beberapa bentuk obat ini harus diambil dengan makanan tetapi yang lain dapat diambil dengan atau tanpa makanan. Periksa ke apoteker Anda tentang merek dari Fenofibrate yang Anda gunakan. Penting untuk menggunakan obat ini dengan benar sehingga obat ini dapat bermanfaat.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan.

Jika Anda juga mengambil obat-obatan tertentu lainnya untuk menurunkan kolesterol Anda (asam yang mengikat getah empedu seperti cholestyramine atau colestipol), penggunaan Fenofibrate setidaknya 1 jam sebelum atau setidaknya 4-6 jam setelah minum obat ini. Produk-produk ini dapat bereaksi dengan fenofibrate, dan mencegah penyerapannya.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat paling banyak. Ingatlah untuk menggunakan pada waktu yang sama setiap hari. Penting untuk terus minum obat ini bahkan jika Anda merasa lebih baik. Kebanyakan orang dengan kolesterol tinggi/trigliserida tidak merasa sakit.

Sangat penting untuk terus mengikuti saran dokter Anda tentang diet dan olahraga. Pengobatan ini bisa memakan waktu hingga 2 bulan sebelum Anda mendapatkan manfaat penuh dari obat ini.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Fenofibrate?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Fenofibrate untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa biasa untuk Hyperlipoproteinemia Tipe V (Elevated kilomikron + VLDL): Tricor (R): 48-145 mg secara oral sekali sehari.

Lofibra (R) dan lain-lain: 54 mg sampai 200 mg secara oral sekali sehari dengan makanan.

Antara (R): 43 mg sampai 130 mg secara oral sekali sehari.

Tri Glide (R): 50 mg sampai 160 mg secara oral sekali sehari.

Lipofen (R): 50 mg sampai 150 mg secara oral sekali sehari dengan makanan.

Fenoglide (R): 40 mg sampai 120 mg secara oral sekali sehari dengan makanan.

Aturlah dosis sesuai dengan respon pasien dan sesuaikan jika perlu diikuti dengan pemberian lipid pada interval 4-8 minggu.

Dosis Geriatric biasa untuk hyperlipoproteinemia

Tricor (R): 48 mg secara oral sekali sehari. Peningkatan dosis harus terjadi hanya setelah mengevaluasi dampak pada fungsi dan tingkat lemak ginjal pada dosis ini, dengan dosis yang direkomendasikan maksimal 145 mg/24 jam.

Lofibra (R) dan lain-lain: 54 mg untuk 67 mg secara oral sekali sehari dengan makanan. Aturlah dosis sesuai dengan respon pasien dan sesuaikan jika perlu diikuti dengan pemberian lipid pada interval 4-8 minggu.

Antara (R): 43 mg secara oral sekali sehari. Aturlah dosis sesuai dengan respon pasien dan sesuaikan jika perlu diikuti dengan pemberian lipid pada interval 4-8 minggu.

Triglide (R): 50 mg secara oral sekali sehari. Aturlah dosis sesuai dengan respon pasien dan sesuaikan jika perlu diikuti dengan pemberian lipid pada interval 4-8 minggu.

Lipofen (R): 50 mg secara oral sekali sehari dengan makanan. Aturlah dosis sesuai dengan respon pasien dan sesuaikan jika perlu diikuti dengan pemberian lipid pada interval 4-8 minggu.

Fenoglide (R): 40 mg sampai 120 mg secara oral sekali sehari dengan makanan

Bagaimana dosis Fenofibrate untuk anak-anak?

Pada anak-anak, dosis yang dianjurkan adalah satu kapsul (67 mg) micronized Fenofibrate/hari/20 kg berat badan.

Dalam dosis apakah Fenofibrate tersedia?

50 mg: Ukuran 3 kapsul putih gelatin buram tercetak “G 246” dan “50” dengan tinta hitam.

150 mg: Ukuran 1 kapsul putih gelatin buram tercetak “G 248” dan “150” dengan tinta hijau.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Fenofibrate?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini: mual, muntah, berkeringat, gatal-gatal, gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan. Dalam kasus yang jarang terjadi, Fenofibrate dapat menyebabkan suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan jaringan otot rangka, yang menyebabkan gagal ginjal. Hubungi dokter segera jika Anda memiliki rasa sakit yang tak dapat dijelaskan pada otot, nyeri, atau kelemahan terutama jika Anda juga memiliki demam, kelelahan yang tidak biasa, dan urin berwarna gelap.

Hentikan penggunaan Fenofibrate dan hubungi dokter Anda jika Anda memiliki:

  • Sakit parah di perut bagian atas menyebar ke punggung, mual dan muntah, detak jantung yang cepat
  • Mudah memar, perdarahan tidak biasa (hidung, mulut, vagina, atau rektum), bintik-bintik ungu atau merah di bawah kulit Anda
  • Nyeri dada, batuk tiba-tiba, mengi, napas cepat, batuk darah atau
  • Nyeri, pembengkakan, kehangatan, atau kemerahan di satu atau kedua kaki

Efek samping yang umum mungkin termasuk:

  • Nyeri perut ringan
  • Nyeri punggung
  • Sakit kepala
  • Hidung meler atau tersumbat

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Fenofibrate?

Sebelum menggunakan fenofibrate,

  • Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap fenofibrate, obat-obatan lain, produk daging sapi, produk babi, atau salah satu bahan dalam Fenofibrate suntik. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk daftar bahan
  • Beri tahu dokter dan apoteker tentang obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau yang akan Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan hal berikut: antikoagulan (pengencer darah) seperti warfarin (Coumadin); colchicine (Colcrys, in Col-Probenecid); diuretik (‘pil air’); beta blockers seperti atenolol (Tenormin), labetalol (Normodyne), metoprolol (Lopressor, Toprol XL), nadolol (Corgard), and propranolol (Inderal); HMG-CoA reductase inhibitors (cholesterol-lowering agents) seperti atorvastatin (Lipitor), lovastatin (Mevacor), pravastatin (Pravachol), rosuvastatin (Crestor), dan simvastatin (Zocor); terapi penggantian hormon; kontrasepsi hormon (pil KB, patch, implan, cincin, dan suntikan); dan imunosupresan seperti siklosporin (Sandimmune, Neoral) dan tacrolimus (Prograf). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau memantau Anda dengan hati-hati untuk adanya efek samping.
  • Jika Anda meminum bile acid resin seperti cholestyramine (Questran), colesevelam (WelChol), atau colestipol (Colestid), gunakan obat-batan tersebut setelah 1 jam atau 4-6 jam sebelum Anda meminum fenofibrate
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit ginjal, hati, atau penyakit kandung empedu. Dokter Anda mungkin akan memberi tahu Anda untuk tidak mengonsumsi fenofibrate
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda minum atau pernah miuum alcohol dalam jumlah besar dan jika Anda memiliki atau pernah memiliki diabetes atau hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif)
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil. Jika Anda hamil saat mengguakan fenofibrate, hubungi dokter Anda
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda menyusui. Anda tidak boleh menyusui saat Anda menggunakan fenofibrate

Apakah Fenofibrate aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Tidak ada studi yang memadai pada wanita untuk menentukan risiko bayi ketika menggunakan obat ini selama menyusui. Pertimbangkan manfaat terhadap potensi risiko sebelum mengambil obat ini saat menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Fenofibrate?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Meskipun obat-obat tertentu tidak harus digunakan bersama dalam sekali, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis, atau tindakan pencegahan lain yang mungkin diperlukan. Ketika Anda mengambil obat ini, penting untuk dokter mengetahui bahwa Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang terdaftar di bawah ini.

Interaksi berikut ini dipilih karena berdasarkan signifikansi potensi mereka dan bukan berarti semua-inklusif.

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Acenocoumarol
  • Anisindione
  • Apixaban
  • Argatroban
  • Atorvastatin
  • Bivalirudin
  • Cerivastatin
  • Colchicine
  • Dabigatran Etexilate
  • Dalteparin
  • Danaparoid
  • Desirudin
  • Dicumarol
  • Drotrecogin Alfa
  • Enoxaparin
  • Fluvastatin
  • Fondaparinux
  • Fenofibrate
  • Lepirudin
  • Lovastatin
  • Phenindione
  • Phenprocoumon
  • Pitavastatin
  • Pravastatin
  • Protein C, Human
  • Rivaroxaban
  • Rosuvastatin
  • Simvastatin
  • Tinzaparin
  • Warfarin

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi menggunakan kedua obat mungkin merupakan pengobatan terbaik untuk Anda. Jika kedua obat yang diresepkan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Colestipol
  • Cyclosporine
  • Ezetimibe
  • Glimepiride
  • Rosiglitazone

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Fenofibrate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Fenofibrate?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberi tahu dokter Anda jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • Masalah pembekuan darah (misalnya trombosis vena dalam, emboli paru), riwayat
  • Nyeri otot atau kelembutan, riwayat
  • Kelemahan otot, atau riwayatnya–Gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk
  • Diabetes
  • Hypothyroidism (tiroid kurang aktif)
  • Henyakit ginjal Gunakan dengan hati-hati. Dapat menyebabkan efek samping menjadi lebih buruk
  • Henyakit kandung empedu, adanya riwayat
  • Penyakit ginjal, berat (termasuk mereka yang menerima dialisis)
  • Penyakit hati (termasuk sirosis)
  • Enzim hati, terus-menerus meningkat–Sebaiknya tidak digunakan dengan kondisi ini

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca