Etonogestrel obat apa?

Oleh

Nama Generik: Etonogestrel Merek: Implanon.

Penggunaan

Untuk apa etonogestrel?

Obat ini digunakan untuk mencegah kehamilan. Obat ini berbentuk batang plastik tipis seukuran korek api yang dimasukkan di bawah kulit oleh seorang perawat kesehatan profesional. Batang perlahan melepaskan etonogestrel ke dalam tubuh selama 3 tahun. Batang harus dibuang setelah 3 tahun dan dapat diganti jika KB ingin dilanjutkan. Batang dapat dilepaskan setiap saat oleh perawat kesehatan profesional terlatih jika KB tidak lagi diinginkan atau jika ada efek samping. Batang tidak mengandung estrogen apapun. Etonogestrel (suatu bentuk progestin) adalah hormon yang mencegah kehamilan dengan mencegah pelepasan telur (ovulasi) dan dengan mengubah rahim dan lendir serviks untuk membuat sel telur sulit untuk bertemu dengan sperma (fertilisasi) atau untuk telur dibuahi untuk menempel ke dinding rahim (implantasi).

Obat ini mungkin tidak bekerja dengan baik pada wanita yang sangat gemuk atau mereka yang memakai obat-obatan tertentu. (Lihat juga bagian Interaksi Obat.) Diskusikan kontrol kelahiran Anda dengan dokter Anda.

Menggunakan obat ini tidak melindungi Anda atau pasangan Anda terhadap penyakit menular seksual (misalnya, HIV, gonorrhea).

Bagaimana cara penggunaan etonogestrel?

Baca leaflet informasi pasien yang disediakan oleh apoteker atau perawat kesehatan profesional Anda sebelum batang dimasukkan. Baca dan tandatangani Surat Persetujuan yang disediakan oleh dokter Anda. Anda juga akan diberikan Kartu Pengguna dengan tanggal dan tempat pada tubuh Anda di mana batang itu dimasukkan. Simpan kartu dan gunakan untuk mengingatkan diri Anda mengenai jadwal pelepasan batang tersebut. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang waktu terbaik untuk jadwal janji Anda setelah batang dipasang. Dokter Anda mungkin ingin Anda untuk melakukan tes kehamilan pertama. Obat biasanya mulai bekerja segera setelah batang dimasukkan pada hari 1 sampai 5 setelah awal perdarahan menstruasi biasa Anda. Jika janji Anda adalah di lain waktu dalam siklus menstruasi Anda, Anda mungkin perlu menggunakan bentuk pengendalian kelahiran non-hormonal (misalnya, kondom, diafragma, spermisida) untuk 7 hari pertama setelah batang dipasang. Tanyakan kepada dokter Anda tentang apakah Anda perlu alat kontrol kelahiran (KB) pengganti.

Batang akan dimasukkan ke dalam kulit di lengan atas Anda. Biasanya akan ditempatkan di lengan yang berlawanan dengan sisi lengan di mana Anda biasa menulis. Pastikan Anda bisa merasakan batang di bawah kulit Anda setelah itu batang dipasang.

Akan ada 2 perban yang menutupi daerah di mana batang dipasang. Lepaskan perban atas selama 24 jam. Biarkan perban kecil selama 3-5 hari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jaga perban tetap bersih dan kering.

Bagaimana cara penyimpanan etonogestrel?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis etonogestrel untuk orang dewasa?

Dosis Normal Orang Dewasa untuk Kontrasepsi

Implan sebesar 68 mg dimasukkan ke kulit. Implan tidak boleh dibiarkan di tempat lebih dari tiga tahun.

Waktu penyisipan harus dilakukan sesuai dengan riwayat pasien, sebagai berikut:

Jika tidak ada penggunaan kontrasepsi hormonal sebelumnya dalam satu bulan terakhir, implan harus dimasukkan antara Hari 1 sampai 5, (menghitung hari pertama haid sebagai “Hari 1”), bahkan jika masih terdapat perdarahan.

Jika beralih dari kontrasepsi hormonal kombinasi, implan dapat dimasukkan kapan saja dalam waktu tujuh hari setelah yang terakhir aktif (estrogen plus progestin) kontrasepsi tablet oral, kapan saja selama periode cincin bebas tujuh hari NuvaRing (etonogestrel / etinil estradiol cincin vagina), atau kapan saja selama periode bebas patch tujuh hari dari sistem kontrasepsi transdermal.

Jika beralih dari metode progestin, implan harus disisipkan sebagai berikut: jika hanya beralih dari pil progestin, kapanpun dalam bulan itu (jangan melewatkan setiap hari antara pila tau insersi terakhir); jika beralih dari implan progestin saja, masukkan implan pada hari yang sama dengan pelepasan kontrasepsi implant; jika beralih dari IUD yang mengandung progestin, masukkan implan pada hari yang sama dengan pelepasan kontrasepsi implant; jika beralih dari suntikan kontrasepsi, masukkan implan pada hari ketika injeksi berikutnya akan jatuh tempo.

Berikut trimester pertama aborsi atau keguguran: implan dapat segera dipasang setelah trisemester pertama aborsi. Jika tidak dimasukkan dalam waktu lima hari setelah aborsi trimester pertama, ikuti petunjuk tanpa penggunaan kontrasepsi hormonal dalam sebulan terakhir.

Setelah melahirkan atau aborsi trimester kedua: implan dapat dimasukkan antara 21 sampai 28 hari postpartum jika tidak secara eksklusif menyusui atau antara 21 sampai 28 hari setelah aborsi trimester kedua. Jika lebih dari empat minggu telah berlalu, kehamilan harus dikeluarkan dan pasien harus menggunakan metode pengendalian kelahiran non-hormonal selama tujuh hari pertama setelah penyisipan. Jika pasien secara eksklusif menyusui, masukkan implan setelah minggu post-partum keempat.

Bagaimana dosis etonogestrel untuk anak-anak?

Studi yang sesuai pada hubungan usia terhadap efek etonogestrel implan belum dilakukan pada populasi anak-anak. Namun, masalah spesifik pada anak yang akan membatasi kegunaan obat ini pada remaja tidak diharapkan. Obat ini bisa digunakan untuk mengendalikan kelahiran pada remaja wanita tetapi tidak boleh digunakan sebelum awal menstruasi.

Dalam dosis apakah etonogestrel tersedia?

Implanon

– Implan, subdermal 68 mg

Nexplanon

– Implan, subdermal 68 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena etonogestrel?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi berikut: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda sekaligus jika Anda memiliki salah satu efek samping yang serius:

  • kehangatan, kemerahan, bengkak, atau cairan mengalir di mana implan dimasukkan
  • mati rasa mendadak atau kelemahan, terutama pada satu sisi tubuh
  • sakit parah atau kram di daerah panggul Anda (mungkin hanya pada satu sisi)
  • sakit kepala parah tiba-tiba, kebingungan, sakit di belakang mata, masalah dengan penglihatan, kemampuan berbicara, atau keseimbangan
  • batuk  tiba-tiba, mengi, napas cepat, batuk darah
  • rasa sakit, bengkak, kehangatan, atau kemerahan di satu atau kedua kaki
  • nyeri dada atau perasaan berat, nyeri menyebar ke lengan atau bahu, mual, berkeringat, perasaan sakit umum
  • benjolan payudara
  • bengkak di tangan Anda, pergelangan kaki, atau kaki
  • jaundice (menguningnya kulit atau mata)
  • gejala depresi (masalah tidur, kelemahan, perasaan lelah, perubahan mood)
  • tekanan darah tinggi berbahaya (sakit kepala parah, penglihatan kabur, berdengung di telinga Anda, kecemasan, kebingungan, nyeri dada, sesak napas, detak jantung yang tidak rata, kejang).

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • nyeri, mati rasa, atau kesemutan di mana implan dimasukkan
  • perdarahan kecil  atau jaringan parut di mana implan dimasukkan
  • kram menstruasi, perubahan periode menstruasi Anda
  • sakit kepala ringan, pusing, perubahan mood
  • gatal atau cairan vagina
  • nyeri payudara
  • jerawat
  • masalah  dengan lensa kontak
  • mual, nyeri perut ringan, nyeri punggung
  • merasa gugup atau tertekan
  • sakit tenggorokan, gejala flu
  • kenaikan berat badan

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan etonogestrel?

Jangan menggunakan implan etonogestrel jika Anda sedang hamil. Jika Anda baru memiliki bayi, tunggu setidaknya 3 minggu (4 minggu jika menyusui) sebelum menerima implan etonogestrel.

Anda tidak harus menggunakan implan ini jika Anda alergi terhadap etonogestrel, atau jika Anda memiliki salah satu dari kondisi berikut: perdarahan vagina yang tidak biasa, penyakit hati atau kanker hati, atau jika Anda pernah memiliki kanker payudara atau rahim, serangan jantung, stroke , atau gumpalan darah.

Sebelum menerima implan etonogestrel, beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit kandung empedu, penyakit ginjal, kista ovarium, sakit kepala, riwayat depresi, jika Anda kelebihan berat badan, atau jika Anda alergi terhadap obat-obatan.

Apakah etonogestrel aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Etonogestrel belum secara resmi diklasifikasikan untuk kategori kehamilan oleh FDA. Penelitian pada hewan telah dilakukan pada tikus dan kelinci, masing-masing, gunakan hingga 390 dan 790 kali dosis manusia (berdasarkan permukaan tubuh) dan terbukti tidak ada bahaya bagi janin akibat paparan etonogestrel. Penelitian telah menunjukkan tidak ada peningkatan risiko cacat lahir pada wanita yang telah menggunakan kombinasi kontrasepsi oral sebelum kehamilan atau selama awal kehamilan. Tidak ada bukti bahwa risiko yang terkait dengan etonogestrel berbeda dari kontrasepsi oral kombinasi. Etonogestrel dianggap kontraindikasi selama kehamilan. Etonogestrel implan harus dilepaskan jika ingin mempertahankan kehamilan.

Tidak ada penelitian yang memadai pada wanita untuk mencari tahu risiko pada bayi saat sang ibu mengonsumsi obat ini selama menyusui. Pertimbangkan potensi manfaat dan potensi risikonya sebelum mengonsumsi obat ini selama menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan etonogestrel?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersama-sama sekali, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis, atau tindakan pencegahan lainnya mungkin diperlukan. Ketika Anda menggunakan obat ini, adalah sangat penting bahwa ahli kesehatan profesional Anda tahu jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang tercantum di bawah. Interaksi berikut ini dipilih atas dasar signifikansi potensi mereka dan bukan berarti berlaku untuk semua

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan berikut tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti beberapa obat yang sudah Anda konsumsi

  • Asam  traneksamat

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut

  • Aripiprazole
  • Carbamazepine
  • Dabrafenib
  • Eliglustat
  • Fentanyl
  • Isotretinoin
  • Theophylline

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut

  • Alprazolam
  • Amprenavir
  • Aprepitant
  • Atazanavir
  • Bacampicillin
  • Betamethasone
  • Bexarotene
  • Bosentan
  • Colesevelam
  • Cyclosporine
  • Darunavir
  • Delavirdine
  • Efavirenz
  • Etravirine
  • Fosamprenavir
  • Fosaprepitant
  • Fosphenytoin
  • Griseofulvin
  • Lamotrigine
  • Licorice
  • Modafinil
  • Mycophenolate Mofetil
  • Mycophenolic Acid
  • Nelfinavir
  • Oxcarbazepine
  • Phenobarbital
  • Phenytoin
  • Pioglitazone
  • Prednisolone
  • Primidone
  • Rifabutin
  • Rifampin
  • Rifapentine
  • Ritonavir
  • Rosuvastatin
  • Rufinamide
  • Selegiline
  • St John’s Wort
  • Telaprevir
  • Topiramate
  • Troglitazone
  • Troleandomycin
  • Voriconazole
  • Warfarin

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan etonogestrel?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda. Interaksi berikut ini dipilih atas dasar signifikansi potensi mereka dan bukan berarti berlaku untuk semua.

Menggunakan obat ini dengan salah satu dari berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi mungkin tidak dapat dihindari dalam beberapa kasus. Jika digunakan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan obat ini, atau memberikan instruksi khusus tentang penggunaan makanan, alkohol, atau tembakau.

  • Kafein

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan etonogestrel?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • perdarahan vagina abnormal atau tidak biasa (bukan menstruasi)
  • kanker payudara, sekarang atau di masa lalu atau jika dicurigai
  • kanker (progestin-sensitive), riwayat atau saat ini
  • penyakit hati aktif
  • tumor hati, jinak atau ganas – sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini
  • penggumpalan darah, riwayat atau saat ini – sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan pembekuan darah di otak, kaki, paru-paru, mata, atau jantung.
  • riwayat depresi
  • diabetes
  • retensi cairan (tubuh bengkak)
  • penyakit kandung empedu
  • penyakit jantung
  • hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • hiperlipidemia (kolesterol tinggi atau lemak dalam darah) – gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • obesitas – kondisi ini dapat menyebabkan obat tidak bekerja dengan baik

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca