Eszopiclone obat apa?

Oleh

Nama Generik: Eszopiclone Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa eszopiclone?

Eszopiclone digunakan untuk mengobati gangguan tidur (insomnia). Ini dapat membantu Anda lebih cepat jatuh tertidur dan tidur lebih lama, dan mengurangi seberapa sering Anda terbangun pada malam hari jadi Anda mendapat istirahat yang baik. Eszopiclone termasuk dalam kelas obat-obatan yang disebut sedative-hypnotics. Ini bekerja pada otak untuk memproduksi efek yang menenangkan.
Penggunaan obat ini biasanya terbatas dalam periode pengobatan yang pendek yaitu 1 hingga 2 minggu atau kurang. Apabila insomnia Anda berlanjut hingga waktu yang lebih lama, konsultasikan pada dokter untuk mengetahui apakah Anda memerlukan pengobatan lain.

Bagaimana cara penggunaan eszopiclone?

Gunakan obat ini dengan diminum sesuai anjuran dokter Anda, biasanya sesaat sebelum waktu tidur Anda. Jangan meminumnya pada atau sesaat setelah waktu makan besar atau makan makanan berlemak tinggi karena nanti obat tidak dapat bekerja dengan baik. Dosis berdasarkan kondisi kesehatan, usia, fungsi hati, obat-obatan lain yang digunakan, dan respon pada pengobatan. Jangan gunakan obat ini lebih dari yang diresepkan karena risiko efek samping dapat meningkat. Dosis awal sebesar 1 mg pada waktu tidur Anda sesuai instruksi dokter. Dosisi tersebut mengurangi risiko masalah dalam melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan esok harinya (seperti mengemudi atau mengoperasikan mesin). Anda juga mungkin tidak sepenuhnya waspada esok harinya, namun Anda akan berpikir Anda sangat waspada. Apabila Anda diresepkan dosis eszopiclone sebesar 3 mg, jangan melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan esok harinya. Tanyakan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Apabila Anda lansia, atau memiliki penyakit hati, biasanya diresepkan dosis rendah untuk mengurangi risiko gangguan esok harinya. Jangan menghentikan pengobatan tanpa berkonsultasi pada dokter atau apoteker Anda.

Jangan menggunakan obat ini kecuali bila Anda memiliki waktu untuk tidur semalaman, setidaknya selama 7 hingga 8 jam. Apabila Anda harus bangun sebelum itu, Anda mungkin akan mengalami kehilangan ingatan mungkin akan mengalami masalah melakukan aktivitas apapun yang membutuhkan kewaspadaan, seperti mengemudi atau mengoperasikan mesin (lihat bagian Pencegahan/Peringatan)

Obat ini dapat menyebabkan reaksi ketergantungan, khususnya apabila digunakan secara rutin dalam jangka waktu yang lama atau dalam dosis tinggi. Pada kasus sperti itu, gejala-gejala ketergantungan (seperti mual, muntah, kemerahan pada kulit, kram perut, gugup, gemetar) dapat terjadi apabila Anda menghentikan penggunaan obat ini. Untuk mencegah reaksi ketergantungan, dokter Anda dapat perlahan mengurangi dosis. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut, dan laporkan segera bila ada reaksi ketergantungan.

Saat obat ini digunakan dalam waktu yang lama, efektivitasnya dapat menurun. Konsultasikan pada dokter apabila obat ini tidak seefektif sebelumnya.

Seiring dengan manfaatnnya, obat ini terkadang dapat menyebabkan perilaku ketergantungan obat abnormal (kecanduan). Risiko ini dapat meningkat apabila Anda pernah menyalahgunakan alkohol atau obat-obatan sebelumnya. Gunakan obat ini seperti yang dianjurkan untuk mengurangi risiko kecanduan.

Beri tahu dokter apabila kondisi Anda tidak berubah setelah 7 hingga 10 hari atau apabila kondisi memburuk.
Anda mungkin akan mengalami kesulitan tidur setelah berhenti menggunakan obat ini. Ini disebut rebound insomnia dan merupakan hal yang normal. Biasanya akan menghilang setelah 1 atau 2 malam. Apabila efek ini berlanjut hubungi dokter.

Bagaimana cara penyimpanan eszopiclone?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis eszopiclone untuk orang dewasa?

Dosis untuk insomnia pada orang dewasa

Dosis awal: 1mg diminum segera sebelum tidur

Dosis lanjutan: 1 hingga 3 mg diminum segera sebelum tidur

Dosis maksimal: 3mg diminum segera sebelum tidur

Pasien harus dievaluasi kembali apabila insomnia tetap ada setelah 7-10 hari terapi eszopiclone.

Dosis untuk insomnia pada lansia

Dosis awal: 1mg diminum segera sebelum tidur

Dosis maksimal: 2 mg diminum segera sebelum tidur
Pasien harus dievaluasi kembali apabila insomnia tetap ada setelah 7-10 hari terapi eszopiclone.

Bagaimana dosis eszopiclone untuk anak-anak?

Dosis untuk anak-anak belum ditetapkan. Konsultasikan pada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah eszopiclone tersedia?

Tablet, oral: 1 mg, 2 mg, 3 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena eszopiclone?

Eszopiclone dapat menyebabkan reaksi alergi berat. Hentikan penggunaan dan segera cari pertolongan medis apabila Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut: ruam; kesulitan bernapas; pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan dan hubungi dokter Anda segera apabila Anda mengalami efek samping serius seperti:

  • agresi, agitasi, perubahan perilaku
  • berpikiran untuk menyakiti diri sendiri
  • halusinasi (mendengar dan melihat sesuatu)

Efek samping yang lebih ringan termasuk:

  • kantuk di siang hari, pusing, perasaan mabuk
  • masalah dengan ingatan atau konsentrasi
  • kecemasan, depresi, perasaan gugup
  • sakit kepala
  • mual, sakit perut, kehilangan nafsu makan, konstipasi
  • mulut kering
  • rasa tidak biasa atau tidak enak pada mulut
  • ruam ringan pada kulit

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan eszopiclone?

Sebelum menggunakan Eszopiclone, beri tahu dokter apabila Anda memiliki alergi terhadap eszopiclone atau obat-obatan lain, atau komposisi apapun di dalam eszopiclone. Tanyakan pada apoteker atau periksa panduan pengobatan untuk daftar komposisinya.

Beri tahu dokter dan apoteker obat-obatan resep dan non resep, vitamin, suplemen, dan produk herbal yang Anda gunakan atau berencana untuk menggunakan. Pastikan Anda menyertakan yang berikut: antidepresan; antifungal tertentu seperti itraconazole (Sporanox) dan ketoconazole (Nizoral); antihistamin; clarithromycin (Biaxin); penghambat protease HIV tertentu seperti nelfinavir (Viracept) dan ritonavir (Norvir); obat-obatan untuk kecemasan, gangguan jiwa, atau kejang; nefazodone; olanzapine (Zyprexa); rifampin (Rifadin, Rimactane); obat penenang dan obat tidur lain; dan troleandomycin (TAO) (tidak tersedia di Amerika). Dokter Anda mungkin perlu mengganti dosis obat atau mengawasi efek samping yang mungkin terjadi pada Anda.

Beri tahu dokter apabila Anda meminum atau pernah meminum alkohol dalam jumlah banyak dan apabila Anda pernah menggunakan obat-obatan terlarang atau pernah menyalahgunakan obat-obatan resep. Beri tahu dokter Anda juga apabila Anda pernah berpikir untuk bunuh diri atau pernah mencoba melakukannya, dan apabila Anda depresi atau pernah mengalami depresi, gangguan kejiwaan, penyakit paru-paru, gangguan pernapasan, atau penyakit hati.

Beri tahu dokter apabila Anda hamil, merencanakan kehamilan, menyusui. Apabila Anda menggunakan eszopiclone, hubungi dokter.

Apabila Anda melakukan operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda menggunakan eszopiclone.

Penting untuk mengetahui bahwa obat ini menyebabkan kantuk. Jangan mengendarai kendaraan bermotor atau mengoperasikan mesin hingga Anda tahu bagaimana obat ini mempengaruhi Anda.

Jangan meminum alkohol saat menggunakan eszopiclone. Alkohol dapat memperburuk efek samping.

Penting untuk diketahui bahwa beberapa orang yang menggunakan obat ini akan terbangun dan mengendarai mobil mereka, menyiapkan makanan dan makan, melakukan kegiatan seksual, menelpon, atau melakukan aktivitas lain dalam keadaan setengah tidur. Setelah mereka benar-benar bangun, orang-orang ini biasanya tidak dapat mengingat apa yang mereka telah lakukan. Hubungi dokter Anda segera apabila Anda merasa Anda telah berkendara ataupun melakukan hal-hal yang tidak biasa saat Anda tidur.
Penting juga untuk diketahui bahwa kesehatan jiwa Anda dapat berubah saat Anda menggunakan obat ini. Perubahan ini dapat disebabkan oleh eszopiclone atau dapat juga disebabkan oleh penyakit fisik atau kejiwaan yang Anda miliki atau muncul pada saat pengobatan. Beri tahu dokter segera apabila Anda mengalami gejala berikut, halusinasi (melihat atau mendengar hal yang tidak ada), merasa seperti Anda berada di luar tubuh Anda, gangguan ingatan, depresi yang memburuk atau depresi baru, pemikiran bunuh diri, kebingungan dan perubahan pada pemikiran atau perilaku biasa Anda. Pastikan keluarga Anda tahu gejala mana yang serius jadi mereka dapat menghubungi dokter apabila Anda tidak bisa melakukannya sendiri.hamil saat

Apakah eszopiclone aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunan obat ini pada ibu menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan eszopiclone?

Meskipun beberapa obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sama sekali, pada kasus lain obat-obatan yang berbeda dapat digunakan meskipun interaksi dapat terjadi. Pada kasus-kasus ini, dokter Anda mungkin akan mengganti dosis, atau pencegahan lain yang diperlukan. Saat Anda menggunakan obat ini, penting untuk diketahui penyedia layanan kesehatan Anda untuk tahu apakah Anda menggunakan obat-obatan yang dilampirkan di bawah. Interaksi-interaksi telah dipilih berdasarkan signifikansi potensialnya dan tidak mencakup semuanya.

Penggunaan obat ini dengan obat-obatan berikut tidak disarankan. Dokter Anda mungkin memutuskan untuk tidak mengobati Anda dengan obat ini atau merubah obat lain yang Anda gunakan.

  • Atazanavir
  • Boceprevir
  • Cobicistat
  • Delavirdine
  • Itraconazole
  • Ketoconazole
  • Lopinavir
  • Nelfinavir
  • Posaconazole
  • Ritonavir
  • Saquinavir
  • Sodium Oxybate
  • Telaprevir
  • Tipranavir

Penggunaan obat ini dengan obat-obatan berikut biasanya tidak disarankan, namun dapat diperlukan pada beberapa kasus. Apabila kedua obat-obatan diresepkan bersamaan, dokter dapat mengganti dosis atau frekuensi penggunaan obat satu atau keduanya.

  • Buprenorphine
  • Carbinoxamine
  • Clarithromycin
  • Conivaptan
  • Fentanyl
  • Fospropofol
  • Hydrocodone
  • Hydromorphone
  • Idelalisib
  • Imatinib
  • Indinavir
  • Meclizine
  • Methadone
  • Morphine
  • Morphine Sulfate Liposome
  • Nefazodone
  • Nilotinib
  • Oxycodone
  • Oxymorphone
  • Suvorexant
  • Tapentadol
  • Telithromycin
  • Voriconazole
  • Zolpidem

Penggunaan obat ini dengan obat-obatan berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko beberapa efek samping tertentu, namun penggunaan kedua obat dapat menjadi pengobatan terbaik untuk Anda. Apabila kedua obat diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengganti dosis atau frekuensi penggunaan salah satu atau kedua obat.

  • Perampanel

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan eszopiclone?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Interaksi berikut telah dipilih berdasarkan dasar signifikansi potensial dan tidak termasuk semuanya.

Penggunaan obat ini dengan hal berikut tidak disarankan, namun mungkin tidak dapat dihindari pada beberapa kasus. Apabila digunakan bersamaan, dokter mungkin akan mengganti dosis atau frekuensi penggunaan, atau memberi instruksi khusus mengenai penggunaan makanan, alkohol, atau tembakau.

  • Jus grapefruit

Penggunaan obat ini dengan hal berikut dapat meningkatkan risiko beberapa efek samping tertentu namun mungkin tidak dapat dihindari pada beberapa kasus. Apabila digunakan bersamaan, dokter mungkin akan mengganti dosis atau frekuensi penggunaan, atau memberi instruksi khusus mengenai penggunaan makanan, alkohol, atau tembakau.

  • Ethanol

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan eszopiclone?

Adanya masalah kesehatan lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahu dokter apabila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • penyalahgunaan alkohol, atau riwayat penyalahgunaan alkohol
  • penyalahgunaan obat atau ketergantungan, atau riwayatnya—dapat memperparah efek samping.
  • masalah pernapasan, atau penyakit paru-paru
  • depresi atau histori depresi
  • perubahan mood atau perilaku—gunakan dengan hati-hati. Dapat memperparah kondisi ini.
  • penyakit hati—gunakan dengan hati-hati. Efek samping dapat meningkat karena pembuangan obat yang lebih lambat dari tubuh

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis dapat termasuk:

  • kantuk
  • koma (kehilangan kesadaran selama beberapa waktu)

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Eszopiclone hanya boleh digunakan pada waktu tidur. Apabila Anda tidak meminum eszopiclone sebelum Anda tidur dan Anda tidak dapat jatuh tertidur, Anda boleh menggunakan eszopiclone bila Anda dapat tidur selama setidaknya 7-8 jam.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca