Nama Generik: Efferalgan Codein Merek: .

Penggunaan

Apa fungsi Efferalgan Codein?

Efferalgan Codein adalah obat yang biasa digunakan untuk meredakan demam, sakit kepala, dan sakit serta nyeri ringan lainnya. Efferalgan Codein merupakan bahan utama dalam berbagai obat pilek dan flu dan dalam banyak analgesik yang diresepkan. Obat ini sangatlah aman dalam dosis standar, tetapi karena ketersediaan yang luas, overdosis yang disengaja maupun tidak disengaja sering terjadi. Acetaminophen, tidak seperti analgesik umum lainnya seperti aspirin dan ibuprofen, tidak memiliki sifat anti-inflamasi atau efek pada fungsi trombosit, dan bukanlah anggota dari golongan obat yang dikenal sebagai obat anti-inflamasi non-steroid atau NSAID.

Bagaimana cara pakai Efferalgan Codein?

Tablet harus dimasukkan ke dalam segelas air dan dibiarkan larut sepenuhnya. Minumlah larutan tersebut dengan segera. Jangan mengunyah atau mengigit tablet Anda.

Obat ini tidak boleh digunakan selama lebih dari 3 hari. Jika rasa nyeri tidak juga membaik setelah 3 hari, konsultasikanlah pada dokter Anda. Jangan menggunakan obat ini lebih lama dari yang telah diarahkan oleh dokter Anda.

Bagaimana cara menyimpan Efferalgan Codein?

Jauhkan obat ini dari pandangan dan jangkauan anak-anak.

Jangan gunakan obat ini setelah lewat tanggal kadaluarsa yang tercantum pada karton dan pack atau tube. Tanggal kadaluarsa mengacu pada hari terakhir dalam bulan tersebut.

Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Efferalgan Codein?

Sebelum menggunakan Efferalgan Codein, beri tahu dokter apoteker jika:

  • Anda memiliki nyeri perut atau masalah yang tiba-tiba di perut.
  • Anda rentan untuk menderita asma.
  • Anda adalah orang usia lanjut.
  • Anda memiliki masalah hati atau ginjal, karena dosis mungkin perlu dikurangi.
  • Anda memiliki prostat yang lebih besar dari normal atau memiliki penyempitan uretra (saluran di mana urin lewat).
  • Anda merasa bahwa Anda telah menggunakan Efferalgan Codein untuk waktu yang lama.

Anda dapat menjadi ketergantungan terhadap obat ini, yang mana berbahaya.

Apakah Efferalgan Codein aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Jika Anda sedang berada dalam masa kehamilan atau menyusui, menduga bahwa Anda mungkin saja hamil atau berencana untuk memiliki bayi, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat ini.

Obat ini tidak boleh digunakan selama masa kehamilan karena dapat berdampak pada bayi dan menyebabkan masalah pernapasan ketika bayi lahir.

Jangan menggunakan obat ini selama Anda menyusui. Codeine dan morphine dapat tersalurkan melalui ASI.

Efek Samping

Apa efek samping Efferalgan Codein yang mungkin terjadi?

Seperti halnya semua obat, obat ini dapat menyebabkan efek samping, meskipun tidak semua orang mengalaminya.

Efek samping yang sangat umum (dapat mengenai lebih dari 1 dari 10 orang)

  • Sesak napas
  • Merasa terlalu gembira atau tertekan
  • Pening ringan, pusing, mengantuk, sakit kepala
  • Merasa tidak enak (mual), sakit (muntah)
  • Sembelit, nyeri perut
  • Ruam kulit atau gatal-gatal

Efek samping yang frekuensinya tidak diketahui (frekuensi tidak dapat dihitung dari data yang tersedia)

  • Linglung
  • Pupil mata kecil, masalah penglihatan
  • Napas pelan atau lemah
  • Menguning pada kulit atau bagian putih mata (gejala kerusakan hati)
  • Kesulitan buang air kecil
  • Anemia (penurunan sel darah merah)
  • Masalah pada cara kerja hati (perubahan hati)
  • Anuresis (ketidakmampuan untuk buang air kecil)
  • Efek pada pencernaan
  • Vertigo

Anda harus berhenti menggunakan obat ini dan periksa ke dokter dengan segera jika mengalami gejala berikut:

Efek samping yang jarang terjadi

  • Akumulasi cairan di kotak suara, termasuk ruam yang gatal, pembengkakan tenggorokan (reaksi alergi berat)
  • Penyakit kulit serius yang menyebabkan ruam, bintik lepuhan yang parah, kulit mengelupas dan keropeng. Efek samping ini sangat langka.
  • Kesulitan bernapas, mengi, batuk dan sesak napas (lebih mungkin terjadi pada penderita asma yang sensitif terhadap aspirin atau NSAID lainnya). Frekuensi tidak diketahui.

Efek samping yang langka (terjadi pada 1 dari 1,000 orang):

Penglihatan abnormal, ruam kulit ringan atau urtikaria (ruam merah gelap pada kulit), haemorrhage (pendarahan), nyeri perut, diare, mual, muntah, pusing, demam, penurunan tingkat iritabilitas atau agitasi, gangguan trombosit (gangguan pembekuan), gangguan sel batang (gangguan sel pembentukan darah di sumsum tulang), fungsi hati abnormal, gagal hati, nekrosis hati (kematian sel hati), demam kuning, overdosis dan keracunan, tremor, sakit kepala, depresi, linglung, halusinasi, berkeringat, pruritus (gatal-gatal), merasa buruk (tidak enak).

Efek samping yang sangat langka (hanya terjadi pada 1 dari 10,000 orang):

Hepatotoksisitas (kerusakan yang berdampak pada hati), trombositopenia (penurunan trombosit darah, yang meningkatkan risiko pendarahan atau memar), leukopenia (infeksi yang sering terjadi karena fungsi sel darah putih yang buruk atau penurunan sel darah putih), neutropenia (penurunan jumlah neutrofil dalam darah), agranulositosis (penurunan sel darah putih yang parah yang dapat mengakibatkan infeksi parah), anemia hemolitik (kerusakan abnormal pada sel darah merah, yang dapat menyebabkan kelemahan atau kulit pucat), hipoglikemia (kadar glukosa dalam darah yang rendah), urin terlihat buram dan gangguan ginjal.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Efferalgan Codein?

Efferalgan Codein dapat berinteraksi dengan obat lain yang sedang Anda gunakan, sehingga dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Untuk menghindari potensi interaksi obat, Anda harus menyimpan daftar semua obat uang sedang Anda gunakan (termasuk obat yang diresepkan, dijual bebas, dan produk herbal) dan melaporkannya pada dokter dan apoteker. Untuk keamanan Anda, jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis satupun obat tanpa persetujuan dokter Anda.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Efferalgan Codein?

Efferalgan Codein dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol dengan mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Konsultasikanlah pada dokter atau apoteker mengenai potensi interaksi makanan atau alkohol sebelum menggunakan obat ini.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Efferalgan Codein?

Efferalgan Codein dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau  mengubah cara kerja obat. Penting untuk selalu memberi tahu dokter atau apoteker Anda mengenai semua kondisi kesehatan yang sedang Anda alami.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Efferalgan Codein.

Berapa dosis Efferalgan Codein untuk orang dewasa??

Dosis anjuran adalah satu atau dua tablet setiap empat jam sesuai kebutuhan. Anda tidak boleh menggunakan lebih dari 8 tablet dalam kurun waktu 24 jam. Jika Anda merasa bahwa efek obat ini terlalu kuat atau terlalu lemah, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Lansia

Dosis anjuran: Dosis yang lebih rendah mungkin diperlukan jika Anda berusia lanjut atua memiliki masalah medis lainnya. Konsultasikanlah pada dokter Anda mengenai hal ini.

Berapa dosis Efferalgan Codein untuk anak?

Obat ini tidak boleh digunakan oleh anak-anak berusia kurang dari 12 tahun karena adanya risiko masalah pernapasan yang parah.

Anak-anak berusia 12 sampai 18 tahun harus menggunakan obat ini setiap 6 jam, sesuai kebutuhan, menurut petunjuk dokter. Maksimal dosis harian tidak boleh melebihi 4 g paracetamol dan 240 mg codeine. Jangan menggunakan lebih dari 8 tablet dalam kurun 24 jam.

Dalam bentuk apa saja Efferalgan Codein tersedia?

Efferalgan Codein tersedia dalam bentuk tablet, berbuih; Acetaminophen 500 mg; Codein Phosphate 30 mg

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada saat gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, langsung gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016