Apa Itu Eclid?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Eclid Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa obat Eclid?

Eclid adalah obat oral bagi penderita pasien diabetes tipe dua. Obat ini diberikan ketika program diet, olahraga, dan penurunan berat badan tidak mampu memberikan hasil yang diharapkan pada kontrol gula darah pasien diabetes. Kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, amputasi, dan masalah fungsi seksual adalah risiko komplikasi yang dekat dengan kehidupan diabetesi. Hal itu dapat dicegah dengan melakukan kontrol gula darah yang baik melalui perubahan pola hidup dan taat pada terapi yang telah dokter Anda terapkan. Kontrol gula darah yang tepat juga dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Eclid adalah mereka dagang dari obat generik Acarbose. Acarbose dalam Eclid bekerja dengan cara memperlambat proses pemecahan karbohidrat dan pati menjadi glukosa pada saat proses pencernaan. Hasilnya, kadar gula darah yang biasanya meningkat usai makan akan dicegah. Obat ini dapat digunakan sebagai terapi tunggal atau dikombinasikan dengan pengobatan lain.

Bagaimana aturan minum Eclid?

Eclid adalah obat oral yang konsumsinya melalui mulut. Obat ini biasanya diminum tiga kali sehari. Anda dapat meminumnya dengan mengunyahnya bersamaan dengan suapan pertama saat makan atau menelannya secara utuh dengan sedikit air minum.

Untuk mengurangi risiko terjadinya efek samping, dokter Anda mungkin akan memberikan dalam dosis rendah sebelum meningkatkannya. Ada kemungkinan pula bahwa dokter Anda tidak akan langsung meminta Anda meminum tiga kali sehari, melainkan dua kali pada masa awal pengobatan.

Dosis yang diberikan dokter Anda telah mempertimbangkan kondisi kesehatan dan respons tubuh Anda terhadap pengobatan. Jangan mengubah dosis atau menghentikan konsumsi obat ini tanpa berdiskusi dengan dokter Anda.

Informasikan kepada dokter Anda jika Anda tengah mengonsumsi obat oral diabetes lain atau menjalani terapi untuk mengelola gula darah Anda. Hal ini akan memengaruhi takaran dosis yang dibutuhkan. Dokter Anda mungkin akan memberikan petunjuk bagaimana menghentikan obat lama Anda dan beralih ke Eclid.

Bagaimana aturan penyimpanan Eclid?

Simpan obat ini dalam suhu ruang, yaitu tidak melebihi 25 derajat Celcius. Hindari menyimpan obat ini  pada tempat yang panas dan terpapar sinar matahari langsung. Jangan menyimpan obat ini di tempat yang lembap, seperti kamar mandi atau wastafel. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan obat atau tanyakanlah pada apoteker Anda. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan untuk mencegah risiko terjadinya keracunan.

Jangan membuang obat-obatan ini ke dalam toilet atau saluran pembuangan kecuali jika diinstruksikan. Buang produk ini jika masa berlakunya telah habis atau tak lagi dibutuhkan. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Eclid untuk pasien dewasa?

Dosis awal: 50 mg, tiga kali sehari

Dapat ditingkatkan menjadi 200 mg, tiga kali sehari. Peningkatan dosis biasanya dilakukan pada jarak 4 – 8 minggu atau sesuai dengan arahan dokter Anda.

Dosis maksimal: 200 mg, tiga kali sehari

Bagaimana dosis Eclid untuk pasien anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum diketahui pada pasien anak-anak (kurang dari 18 tahun).

Dalam dosis dan sediaan apakah Eclid tersedia?

Tablet, Oral: 50 mg, 100 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi akibat konsumsi Eclid?

Hampir semua obat memiliki efek samping yang terkadang bisa menimbulkan reaksi serius, meskipun hal itu tidak terjadi pada kebanyakan obat. Efek samping mungkin muncul akibat penyesuaian tubuh pada masa awal pengobatan dan akan hilang dengan sendirinya. Yang perlu diingat adalah ketika dokter Anda memberikan suatu pengobatan, ia telah memperhitungkan bahwa manfaat yang diberikan lebih besar dibandingkan efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Beberapa efek samping yang umum terjadi, antara lain perut kembung, diare, nyeri pada perut bagian atas yang terkadang dapat disertai dengan mual. Penggunaan Eclid diketahui juga menyebabkan rasa kantuk, lemas, pusing, sakit kepala, dan vertigo. Sedangkan, efek samping lain yang terjadi namun sangat jarang, yaitu:

  • Edema
  • Nyeri pada perut yang hebat akibat gangguan pada usus
  • Penyakit kuning dan/atau hepatitis

Reaksi alergi atau reaksi kulit yang hipersensitif diketahui sangat jarang terjadi akibat penggunaan obat ini. Meski begitu, informasikan kepada dokter Anda jika mengalami reaksi alergi yang serius, seperti gatal, kemerahan, ruam, bengkak pada wajah/mata/bibir/lidah/tenggorokan, dan sesak napas.

Daftar di atas bukan merupakan daftar lengkap dari kemungkinan efek samping yang dapat terjadi. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai efek samping yang Anda khawatirkan dapat terjadi akibat konsumsi obat ini.

Peringatan dan Pencegahan

Apa yang harus saya perhatikan sebelum mengonsumsi Eclid?

Sebelum mengonsumsi acarbose yang terkandung dalam Eclid, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Informasikan kepada dokter Anda jika Anda memiliki alergi obat-obatan, terutama acarbose (komponen utama Eclid) dan obat-obatan lainnya. Eclid mungkin mengandung bahan lain yang dapat menyebabkan alergi
  • Informasikan seluruh riwayat kesehatan Anda, termasuk penyakit yang pernah dan sedang Anda derita, seperti penyakit ginjal, hernia, kolitis ulseratif, atau baru menjalani operasi pada perut bagian atas
  • Konsumsi Eclid dapat meningkatkan tes fungsi hati tertentu. Dokter Anda mungkin akan memantau dan melakukan pengecekan fungsi hati Anda pada 6-12 bulan pengobatan dengan Eclid
  • Jangan memberikan obat ini pada anak yang berusia kurang dari 18 tahun
  • Informasikan kepada dokter Anda jika Anda berencana atau sedang hamil dan membutuhkan kontrol gula darah
  • Jika Anda hendak melakukan prosedur operasi, termasuk operasi gigi, informasikan seluruh produk obat yang Anda, gunakan termasuk Eclid

Apakah Eclid aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Studi yang dilakukan pada hewan tidak menunjukkan adanya risiko terhadap janin, namun belum ada penelitian yang memadai yang dilakukan pada wanita hamil. Kandungan acarbose dalam Eclid digolongkan ke dalam kategori B (tidak berisiko pada beberapa penelitian) oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat. Penggunaannya tidak direkomendasikan pada ibu menyusui mengingat belum adanya studi terkontrol yang dilakukan pada ibu menyusui.

Interaksi

Obat apa yang mungkin berinteraksi dengan Eclid?

Beberapa obat tidak dapat dikonsumsi secara bersamaan karena akan menimbulkan interaksi obat. Interaksi obat dapat meningkatkan risiko efek samping yang serius atau menurunkan kinerja salah satu obat Anda. Pada beberapa kasus tertentu, dokter dapat meresepkan kedua obat ini sekaligus jika dibutuhkan dengan penyesuaian dosis atau seberapa sering Anda mengonsumsi salah satu obat.

Berikut adalah obat-obatan yang mungkin berinteraksi pada acarbose dalam Eclid:

  • Metformin
  • Insulin
  • Digoxin
  • Golongan sulfonilurea
  • Cholestyramine
  • Enzim pencernaan buatan
  • Diuretik
  • Pil KB
  • Kortikosteroid, seperti prednisone
  • Neomycin
  • Antacid

Makanan apa yang berinteraksi dengan Eclid?

Makanan dan minuman yang mengandung sukrosa.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan jika mengalami keadaan gawat darurat atau overdosis?

Segera hubungi bantuan darurat medis (119) atau ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan pada  kondisi gawat darurat atau overdosis Eclid. Dalam keadaan overdosis, jangan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Hal itu akan meningkatkan efek samping lain, seperti perut kembung, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Bertahanlah untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat selama 4 – 6 jam berikutnya untuk mencegah kondisi yang lebih gawat pada overdosis.

Bagaimana jika saya melupakan jadwal minum obat?

Segeralah minum obat ini begitu Anda mengingatnya. Jika jaraknya sudah terlalu dekat dengan jadwal minum obat selanjutnya, abaikan jadwal yang terlupa dan kembalilah pada jadwal semula yang telah Anda tetapkan. Jangan menggandakan dosis pada satu kali jadwal minum obat.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Oktober 1, 2018 | Terakhir Diedit: Oktober 1, 2018

Sumber