Duofilm obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Duofilm Merek: kutil dan kutil.

Penggunaan

Apa fungsi Duofilm?

Duofilm adalah obat yang biasa digunakan untuk menghilangkan kapalan dan kutil.

Pengobatan ini dapat diresepkan untuk penggunaan lain; tanyakan pada dokter atau apoteker Anda untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana cara pakai Duofilm?

Pertama, bersihkan kapalan atau kutil dengan air hangat sekitar 5 menit untuk melembutkan area yang akan diobati. Keringkan.

Dokter mungkin akan menyuruh Anda untuk menggunakan batu apung, amplas kapalan, atau papan amril untuk perlahan mengelupas lapisan terluar dari kulit dan sebelum menggunakan obat. Pengelupasan kulit mati ini hanya untuk membantu pengobatan agar lebih maksimal. Jangan mencoba untuk mengelupas sendiri kutil atau kapalan.

Oles tipis obat untuk menutupi kutil atau kapalan menggunakan aplikator jika disediakan. Hati-hati saat mengoleskannya pada area yang terinfeksi dan jangan terkena kulit yang tidak terinfeksi. Biarkan mengering selama 5 menit.

Hindari mata. Hentikan pemakaian jika terjadi iritasi parah. Produk mudah terbakar.

Tanyakan dokter pertanyaan apapun yang ingin Anda ketahui tentang bagaimana mengkonsumsi obat ini.

Bagaimana cara menyimpan Duofilm?

Duofilm paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Duofilm?

Konsultasikan pada dokter atau apoteker apabila:

  • Anda hamil atau menyusui. Hal ini dikarenakan, ketika Anda sedang mengharapkan atau memberi makan bayi, Anda hanya boleh mengkonsumsi obat yang direkomendasikan dokter.
  • Anda mengkonsumsi obat-obatan lain. Termasuk juga obat yang dapat dibeli tanpa resep, seperti herbal dan obat tambahan.
  • Anda memiliki alergi terhadap bahan-bahan aktif atau non aktif dari Duofilm atau pengobatan lain.
  • Anda mengalami sakit lain, kelainan, atau kondisi medis seperti masalah liver atau ginjal, infeksi kulit, atau iritasi kulit.

Jangan gunakan Duofilm jika Anda mengidap diabetes atau sirkulasi darah yang buruk.

Apakah Duofilm aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Keamanan pada kehamilan manusia belum ditetapkan. Studi menunjukkan binatang yang diberikan salicylic acid memberikan hasil keracunan pada embrio pada dosis tinggi.

Duofilm tidak direkomendasikan selama kehamilan.

Salicylates diekskresikan pada air susu manusia. Duofilm tidak direkomendasikan selama menyusui. Jika digunakan atau terdaftar saat menyusui, harus dilakukan tindak pencegahan pada area puting untuk menghindari penelanan oleh bayi.

Selalu konsultasikan pada asisten kesehatan Anda terlebih dahulu tentang penggunaan Duofilm jika Anda hamil, menyusui.

Efek Samping

Apa efek samping Duofilm yang mungkin terjadi?

Daftar ini bukan merupakan daftar lengkap dari efek samping yang dapat muncul. Hubungi dokter Anda untuk nasihat medis tentang efek samping.

Duofilm dapat menyebabkan efek samping seperti:

  • Tanda reaksi alergi parah seperti ruam; gatal; gatal; kesulitan bernapas; sesak di dada; pembengkakan mulut, wajah, bibir, atau lidah; iritasi parah.
  • Rasa terbakar, kemerahan kulit, dan pengelupasan dapat terjadi.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Duofilm?

Duofilm dapat bereaksi dengan obat lain yang sedang Anda konsumsi, yang dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping serius. Agar terhindar dari reaksi obat apapun, Anda harus menyimpan daftar dari seluruh obat yang Anda konsumsi (termasuk obat resep dan non-resep dan produk herbal) dan ber itahukan kepada dokter dan apoteker Anda.

Demi keamanan Anda jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis dari obat tanpa persetujuan dokter.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Duofilm?

Duofilm dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol dengan mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Diskusikan dengan dokter atau apoteker Anda tentang makanan atau alkohol yang berpotensi menimbulkan interaksi obat.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Duofilm.

Berapa dosis Duofilm untuk orang dewasa??

Gunakan setiap hari pada area yang terinfeksi saja.

Duofilm harus diaplikasikan langsung ke kutil sekali sehari, lebih baik saat akan tidur.

Berapa dosis Duofilm untuk anak?

Anak di bawah 12 tahun harus diberi perawatan di bawah pengawasan.

Perawatan untuk bayi di bawah 2 tahun tidak direkomendasikan.

Dalam bentuk apa saja Duofilm tersedia?

Duofilm tersedia dalam bentuk Duofilm Topical Solution 15 ml: Salicylic Acid 16.7%, Lactic Acid 15%.

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Sangatlah penting untuk membawa daftar tertulis dari semua resep obat dan non resep yang sedang Anda konsumsi pada saat darurat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis Duofilm, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan