Diethylamine Salicylate obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Diethylamine Salisilat Merek: Diethylamine Salisilat adalah.

Penggunaan

Untuk apa diethylamine salicylate?

Diethylamine Salisilat adalah obat yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat rematik dan kondisi otot ringan lainnya termasuk sakit pinggang, fibrositis, linu panggul, memar dan tegang otot.

Cara Pakai

Bagaimana cara menggunakan Diethylamine Salisilat?

Diethylamine salisilat adalah obat yang digunakan dengan cara dioleskan pada kulit.

Untuk orang dewasa dan anak di atas usia 6 tahun, silakan pakai dengan cara oleskan sedikit ke daerah yang nyeri dan pijat sampai krim sepenuhnya meresap. Selalu coba Algesal pertama kali pada area kecil dari kulit. Gunakan sedikit saja. Hindari kontak dengan mata dan daerah sensitif dari kulit. Terapkan 3 kali sehari ke daerah yang nyeri. Cuci tangan dengan baik setelah digunakan.

Untuk anak-anak di bawah 6 tahun, tidak dianjurkan untuk digunakan pada anak-anak usia ini.Jika gejala memburuk atau tidak membaik setelah 7 hari pengobatan, Anda harus meminta saran dokter.

Bagaimana cara menyimpan Diethylamine Salisilat?

Diethylamine salisilat adalah obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis diethylamine salicylate untuk orang dewasa?

Untuk gangguan sendi

Dosis dewasa diethylamine salisilat adalah sebesar 1% cream. Terapkan ke daerah yang terkena nyeri

Bagaimana dosis Diethylamine Salisilat untuk anak?

Diethylamine Salisilat adalah obat yang tidak dianjurkan untuk anak di bawah 6 tahun

Dalam dosis apa Diethylamine Salisilat tersedia?

Diethylamine salisilat adlah obat yang tersedia dalam sediaa krim 50 gram dan 100 gram

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena diethylamine salicylate?

Efek samping apa yang mungkin dialami karena Diethylamine Salisilat?

Seperti semua obat-obatan, Diethylamine salisilat dapat memiliki efek samping, yang biasanya ringan, meskipun efek ini tidak mempengaruhi semua orang. Reaksi kulit sementara seperti kemerahan, rasa terbakar dan ruam dapat terjadi. Anda mungkin mengalami ketidaknyamanan jika menggunakan obat ini dalam cuaca panas atau setelah mandi air panas atau jika Anda memiliki kulit sensitif.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan diethylamine salicylate?

Jangan menggunakan obat jika:

  • Anda alergi terhadap salah satu bahan dari Algesal
  • Anda alergi terhadap aspirin atau obat-obatan seperti aspirin
  • permukaan kulit rusak
  • anak di bawah 6 tahun atau memiliki riwayat kejang

Apakah diethylamine salicylate aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk saran sebelum menggunakan obat ini jika Anda sedang hamil, merencanakan kehamilan atau sedang menyusui. Algesal sebaiknya tidak digunakan pada kehamilan atau menyusui kecuali dokter telah mengatakan kepada Anda untuk melakukannya.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan diethylamine salicylate?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • obat yang digunakan untuk mencegah pembekuan darah seperti warfarin, efek anti-pembekuan dapat ditingkatkan dengan menggunakan Algesal
  • Methotrexate digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis parah atau kanker tertentu, seperti menggunakan Algesal dapat menyebabkan tingkat beracun dari metotreksat dalam darah
  • setiap obat-obatan lain termasuk yang dibeli tanpa resep

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan diethylamine salicylate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan diethylamine salicylate?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter Anda jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • asma
  • Anda terlau tua. Jika menggunakan terlalu banyak dapat menyebabkan agitasi dan kebingungan.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Jika Anda tidak sengaja menerapkan Algesal ke area besar kulit dan merasa tidak enak badan langsung hubungi dokter

Penggunaan pada area besar kulit dapat menyebabkan terlalu banyak obat untuk diserap dan membuat Anda merasa gelisah dan bingung.

Hubungi dokter jika Anda secara tidak sengaja menelannya. Bawa bungkus obat untuk menunjukkan obat apa yang Anda telan

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Oktober 10, 2018 | Terakhir Diedit: Oktober 10, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan