Nama Generik: Diaglime Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa Diaglime?

Diaglime adalah obat oral diabetes yang berfungsi mengontrol kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes tipe 2. Penggunaan obat ini bersamaan dengan program diet olahraga yang tepat dapat mencegah kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, risiko amputasi, dan masalah fungsi seksual. Manajemen diabetes yang baik juga dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Diaglime merupakan merek dagang dari glimepiride. Obat ini masuk ke dalam golongan sulfonilurea. Cara kerja Diaglime adalah meningkatkan produksi insulin yang dilakukan oleh pankreas terutama pada saat setelah makan.

Bagaimana aturan minum Diaglime?

Konsumsilah obat ini sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter Anda. Jangan menghentikan pengobatan atau mengonsumsi obat ini lebih lama daripada yang dianjurkan. Obat ini biasanya dikonsumsi satu kali sehari. Dokter Anda mungkin akan memberikan dosis rendah terlebih dahulu baru meningkatkannya secara bertahap untuk mengurangi risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Diaglime diminum bersamaan dengan sarapan atau makan pertama pada hari itu, sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter Anda. Jika Anda sudah mengonsumsi obat diabetes lainnya, seperti chlorpropamide, ikutilah anjuran dokter Anda untuk menghentikan obat lama dan memulai konsumsi Diaglime.

Colesevelam dapat memengaruhi penyerapan obat ini oleh tubuh. Konsumsilah colesevelam minimal empat jam setelah Anda mengonsumsi obat ini agar kedua obat tersebut dapat bekerja dengan baik.

Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, minumlah obat ini secara rutin. Konsumsilah pada jam yang sama setiap harinya agar Anda lebih mudah mengingatnya.

Glimepiride memiliki banyak merek, salah satunya adalah Diaglime. Jangan mengganti merek obat Anda sebelum mengonsultasikannya dengan dokter.

Dosis yang diberikan oleh dokter Anda telah mempertimbangkan kondisi kesehatan dan respons tubuh Anda terhadap Diaglime. Jangan mengubah dosisnya tanpa berdiskusi dengan dokter Anda.

Informasikan kepada dokter Anda, jika kondisi Anda tak kunjung membaik atau bahkan memburuk. Anda mungkin membutuhkan penyesuaian dosis atau mengganti pengobatan. Konsultasikan hal ini dengan dokter Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Diaglime?

Simpan Diaglime pada suhu ruang tidak lebih dari 30 derajat Celcius. Hindari menyimpan obat ini di tempat yang terpapar cahaya langsung dan panas. Jangan menyimpan obat ini di tempat yang lembap. Jangan menyimpan obat ini di kamar mandi dan jangan membekukan obat ini. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Diaglime adalah salah satu merek dari generik glimepiride. Mungkin saja merek lain dari glimepiride membutuhkan perlakuan yang berbeda dalam penyimpanan. Pastikan Anda membaca petunjuk penyimpanan yang tertera di label.

Jangan membuang obat-obatan ke dalam toilet atau saluran pembuangan lain, kecuali diinstruksikan demikian. Buang produk ini apabila telah mencapai masa kedaluwarsa atau sudah tidak digunakan lagi. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Diaglime untuk orang dewasa?

Dosis awal: 1 -2 mg per hari. Dapat ditingkatkan 1 – 2 mg dengan jarak 1 – 2 minggu

Dosis pemeliharaan: 4 mg

Dosis maksimal harian: 6 mg

Bagaimana dosis Diaglime untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum ditetapkan

Bagaimana dosis Diaglime untuk pasien lansia?

Dosis awal: 1 mg per hari

Dalam dosis dan sediaan apakah Diaglime tersedia?

Tablet, Oral: 1 mg, 2 mg, 4 mg

 

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat muncul akibat konsumsi Diaglime?

Meski jarang, glimepiride dalam Diaglime juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Segera hubungi dokter Anda jika Anda menemukan gejala reaksi alergi, seperti gatal-gatal, muncul bercak kemerahan, bengkak pada area wajah/mata/bibir/lidah/tenggorokan, sesak napas.

Segera hubungi dokter jika Anda mendapati gejala berikut yang tak kunjung sembuh:

  • Rasa pusing dan mual
  • Gejala flu
  • Memar tanpa sebab
  • Mati rasa atau kesemutan
  • Warna feses yang pucat

Hampir semua pengobatan diabetes dapat menyebabkan hipoglikemia. Apalagi jika Anda melewatkan makan dan melakukan aktivitas fisik yang tidak biasa (berlebihan). Gejala yang timbul sebagai akibat dari hipoglikemia adalah rasa lemas, mengantuk, badan berkeringat, gemetar, pusing, kesulitan berbicara, dan napas memburu. Pastikan Anda mengetahui pertolongan pertama saat hipoglikemia. Konsumsilah makanan yang mengandung gula, seperti gula dapur, permen, madu, dan minum soda non-diet untuk menaikkan kadar gula darah dengan cepat. Hipoglikemia yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan kejang, pingsan, bahkan meninggal dunia.

Perlu diingat bahwa dokter meresepkan suatu pengobatan karena manfaatnya yang besar bagi diri Anda dibandingkan dengan kemungkinan risiko efek samping. Hampir setiap obat memiliki efek samping, namun jarang yang menimbulkan efek samping sehingga membutuhkan perhatian khusus.

Daftar di atas bukanlah daftar lengkap yang mungkin terjadi akibat konsumsi Diaglime. Konsultasikan dengan dokter Anda apabila memiliki kekhawatiran mengenai efek samping yang bisa saja terjadi.

 

Peringatan dan Pencegahan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Diaglime?

  • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki alergi terhadap glimepiride, komposisi utama yang terkandung dalam Diaglime. Informasikan pula jika Anda memiliki alergi obat-obatan lainnya. Diaglime mungkin saja mengandung bahan campuran lain yang berpotensi menyebabkan alergi bagi Anda
  • Informasikan seluruh riwayat kesehatan Anda, termasuk penyakit yang pernah diderita dan sedang diderita, terutama jika Anda memiliki penyakit jantung, ginjal, atau hati, diabete ketoasidosis, defisiensi G6PD (kondisi turunan yang menyebabkan pemecahan sel darah merah lebih cepat atau anemia hemolitik), autoimun neuropati, kelainan pada kelenjar tiroid/adrenal, dan pasien kekurangan gizi
  • Jika Anda akan melakukan operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda menggunakan Diaglime
  • Glimepiride dalam obat ini dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari. Pastikan Anda melindungi tubuh Anda dari paparan sinar matahari langsung
  • Beri tahu dokter jika Anda hamil, berencana hamil, atau sedang menyusui. Tidak semua pengobatan diabetes dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda terkait pengaturan gula darah di masa hamil

Apakah Diaglime aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada penelitian terhadap ibu hamil atau menyusui terkait penggunaan obat ini. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C (mungkin berisiko) menurut US Food and Drugs Administration (FDA). Pemberian obat pada ibu hamil hanya dilakukan apabila manfaatnya lebih besar dibandingkan risiko terhadap janin.

 

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Diaglime?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Informasikan kepada dokter Anda mengenai seluruh obat-obatan yang Anda konsumsi, baik obat resep, nonresep, vitamin, ataupun obat herbal untuk mencegah terjadinya risiko inetraksi obat

Beberapa daftar tersebut adalah:

  • Salisilat
  • Sulfonamide
  • Chloramphenicol
  • Clarithromycin
  • Antikoagulan
  • Probenecid
  • Turunan fibric acid
  • Disopyramide
  • Fluoxetine
  • Quinolones
  • ACE inhibitors
  • Diuretik
  • Kortikosteroids
  • Phenothiazines
  • Produk yang mengandung hormon tiroid
  • Estrogens
  • Phenytoin
  • Sympathomimetics

Daftar di atas bukanlah daftar lengkap produk yang mungkin berinteraksi dengan glimepiride dalam Diaglime. Selalu informasikan mengenai produk yang Anda gunakan sebelum mengonsumsi obat ini.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis dapat berupa gejala hipoglikemia seperti:

  • Kejang
  • Penurunan kesadaran

Apa yang harus saya lakukan jika lupa meminum obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Oktober 10, 2018 | Terakhir Diedit: Oktober 10, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan