Desflurane obat apa?

Oleh

Nama Generik: Desflurane Merek: Suprane dan Desflurane.

Penggunaan

Untuk apa desflurane?

Desflurane adalah obat yang termasuk dalam kelompok obat anestesi umum. Desflurane digunakan untuk menyebabkan bius total (kehilangan kesadaran) sebelum dan selama operasi.

Obat Desflurane adalah obat yang dihirup (inhalasi). Meskipun desflurane dapat digunakan sendiri, obat ini juga sering digunakan bersama-sama dengan kombinasi anestesi lainnya. Hal ini membantu menghasilkan anestesi yang lebih efektif pada beberapa pasien.

Cara Pakai

Bagaimana cara penggunaan Desflurane?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Anestesi umum hanya diberikan di bawah pengawasan langsung dari seorang dokter medis yang terlatih. Jika Anda akan menerima anestesi umum selama operasi, dokter akan memberikan obat dan terus memantau kemajuan Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Desflurane?

Desflurane adalah obat yang baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis desflurane untuk orang dewasa?

Berikan SUPRANE (desflurane, USP) dari vaporizer yang khusus dirancang dan ditujukan untuk digunakan dengan desflurane.

Administrasi anestesi umum harus berdasarkan respon individual pasien. Dua tabel berikut menunjukkan potensi relatif rata-rata berdasarkan studi usia dan interaksi obat di didominasi status fisik ASA I atau II pasien.

PENGARUH USIA PADA MAC desflurane MENANDAKAN ± SD (persen atmosfer)
Usia N O2 100% N N2O 60%
2 minggu 6 9.2 ± 0.0
10 minggu 5 9.4 ± 0.4
9 bulan 4 10.0 ± 0.7 5 7.5 ± 0.8
2 tahun 3 9.1 ± 0.6
3 tahun 5 6.4 ± 0.4
4 tahun 4 8.6 ± 0.6
7 tahun 5 8.1 ± 0.6
25 tahun 4 7.3 ± 0.0 4 4.0 ± 0.3
45 tahun 4 6.0 ± 0.3 6 2.8 ± 0.6
70 tahun 6 5.2 ± 0.6 6 1.7 ± 0.4

N = jumlah pasangan silang (menggunakan metode atas dan bawah dari respon quantal)

Opioid atau benzodiazepin menurunkan jumlah SUPRANE (desflurane, USP) yang diperlukan untuk menghasilkan anestesi. Tabel berikut berdasarkan penelitian interaksi obat (pengurangan MAC).

SUPRANE (desflurane, USP) MAC DENGAN fentanil atau midazolam BERARTI ± SD (pengurangan persen)
Dosis 18-30 tahun 31-65 tahun
Tanpa fentanyl 6.4 ± 0.0 6.3 ± 0.4
3 µg/kg fentanyl 3.5 ± 1.9 (46%) 3.1 ± 0.6 (51%)
6 µg/kg fentanyl 3.0 ± 1.2 (53%) 2.3 ± 1.0 (64%)
Tanpa midazolam 6.9 ± 0.1 5.9 ± 0.6
25 µg/kg midazolam 4.9 ± 0.9 (16%)
50 µg/kg midazolam 4.9 ± 0.5 (17%)

SUPRANE (desflurane, USP) menurunkan dosis penghalang agen neuromuscular yang diperlukan.

Selama pemeliharaan anestesi dengan jangkauan pemasukan 2 L/menit atau lebih, konsentrasi alveolar dari desflurane biasanya akan berada dalam jarak 10% dari konsentrasi.

Bagaimana dosis Desflurane untuk anak-anak?

Desflurane adalah obat Suprane (desflurane, USP) yang  tidak dianjurkan untuk induksi anestesi pada pasien anak-anak karena tingginya insiden sedang hingga berat pada saluran napas bagian atas. Setelah induksi anestesi dengan agen selain suprane, dan intubasi trakea, suprane diindikasikan sebagai pemeliharaan anestesi pada bayi dan anak-anak.

Dalam dosis apakah Desflurane tersedia?

Desflurane  adalah obat Suprane (desflurane, USP), NDC 10019-641-24 yang tersedia dalam kemasan botol berwarna amber yang mengandung 240 mL desflurane.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena desflurane?

Desflurane adalah obat yang dapat menyebabkan efek samping. Seiring dengan efek yang diperlukan, obat dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, jika mereka terjadi mereka mungkin perlu perhatian medis.

Beberapa efek samping dapat terjadi yang biasanya tidak memerlukan perhatian medis. Efek samping ini mungkin akan hilang selama pengobatan saat tubuh Anda menyesuaikan dengan obat. Juga, dokter Anda mungkin dapat memberitahu Anda tentang cara untuk mencegah atau mengurangi beberapa efek samping. Periksa dengan dokter Anda jika salah satu efek samping berikut terus mengganggu atau jika Anda memiliki pertanyaan:

Efek samping umum yang terjadi karena Desflurane adalah:

  • batuk
  • mual atau muntah-muntah

Efek samping yang jarang terjadi karena Desflurane  adalah:

  • pusing
  • sakit kepala
  • iritasi atau mata merah
  • gugup dan gelisah
  • sakit tenggorokan

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan desflurane?

Saat memutuskan menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk desflurane, perhatikan hal berikut:

  • Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

  • Anak-anak

Desflurane telah diuji pada anak-anak. Tidak digunakan untuk memulai anestesi pada anak-anak yang terjaga karena menyebabkan iritasi dan efek yang tidak diinginkan lainnya. Namun, bila digunakan untuk melanjutkan anestesi umum yang telah dimulai dengan anestesi lain, desflurane tidak menimbulkan efek samping yang berbeda atau masalah pada anak-anak daripada yang dilakukannya pada orang dewasa.

  • Lansia

Desflurane telah diuji dan belum terbukti menyebabkan efek samping yang berbeda atau masalah pada lansia dari orang dewasa muda. Namun, lansia biasanya membutuhkan sejumlah kecil obat bius dari orang yang lebih muda. Dokter akan memperhitungkan usia Anda ketika memutuskan jumlah yang tepat desflurane untuk Anda.

Apakah Desflurane aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Desflurane adalah obat yang belum ditemukan adanya penelitian memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika.    

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika:

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini selama menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan desflurane?

Desflurane adalah obat yang bisa berinteraksi dengan obat lain. Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi.

Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Saat Anda menggunakan obat ini, sangatlah penting bagi dokter Anda untuk mengetahui bila Anda menggunakan salah satu obat dari daftar berikut.

Interaksi berikut dipilih atas dasar signifikansi potensi mereka dan tidak semuanya bersifat inklusif.

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Cisatracurium
  • Hydromorphone
  • Nitrous Oxide
  • St John’s Wort

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Desflurane?

Desflurane adalah obat yang dapat berinteraksi dengan alkohol dan makanan. Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Desflurane?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain terutama:

  • penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan kelemahan otot, seperti kelumpuhan familial periodik, distrofi otot, myasthenia gravis, atau sindrom Eaton-Lambert
  • penyakit jantung atau pembuluh darah—kemungkinan efek samping dapat bertambah, tapi masalah serius bisa dicegah jika dokter tahu adanya kondisi ini sebelum memberikan Anda obat bius
  • hipertermia ganas, selama atau segera setelah menerima obat bius. Tanda-tanda hipertermia ganas termasuk demam yang sangat tinggi, detak jantung cepat dan tidak teratur, kejang otot atau sesak, dan masalah pernapasan—efek samping dapat terjadi lagi.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: September 27, 2018

Yang juga perlu Anda baca