Nama Generik: Garam Dalteparin Merek: garam dalteparin.

Penggunaan

Untuk apa garam dalteparin?

Garam dalteparin adalah obat yang digunakan untuk mengobati dan mencegah pembekuan darah yang berbahaya. Pencegahan pembekuan darah yang berbahaya dapat membantu mengurangi risiko stroke atau serangan jantung. Obat ini membantu menjaga darah Anda agar mengalir lancar dengan menurunkan aktivitas pembekuan protein dalam darah. Garam dalteparin adalah jenis dari heparin dan bekerja sebagai antikoagulan (biasa disebut “pengencer darah”).

Kondisi yang meningkatkan risiko terjadinya pembekuan darah termasuk jenis operasi tertentu (seperti penggantian pinggul atau pembedahan perut), berada pads satu posisi dalam waktu yang lama (tidak bergerak), beberapa jenis serangan jantung dan jenis penyakit dada tertentu seperti angina yang tidak stabil . Untuk beberapa kondisi medis, dalteparin dapat digunakan dalam kombinasi dengan obat “pengencer darah” ) lainnya.

Garam dalteparin juga dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah pembekuan kambuh kembali pada pasien dengan kanker.

Cara Pakai

Bagaimana cara penggunaan garam dalteparin?

Garam dalteparin adalah obat yang diberikan melalui suntikan di bawah kulit seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali atau dua kali sehari. Jangan menyuntikkan ke dalam otot. Dosis dan lamanya pengobatan didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Dosis dapat juga didasarkan pada berat badan Anda untuk beberapa kondisi.

Jika Anda menggunakan obat ini di rumah, pelajari semua persiapan dan petunjuk penggunaan dari dokter Anda dan petunjuk produk. Anda harus berada pada posisi berbaring atau duduk ketika Anda menyuntikkan obat ini untuk diri sendiri. Sebelum menggunakan obat ini, periksa produk ini secara visual, jika ada partikel atau perubahan warna, jangan menggunakan cairan obat. Obat ini tidak boleh dicampur atau ditambahkan ke obat-obatan lainnya dalam jarum suntik yang sama. Sebelum menyuntikkan setiap dosis, bersihkan tempat suntikan dengan alkohol. Ubahlah tempat suntikan setiap kali menyuntik untuk mengurangi cedera di bawah kulit. Untuk meminimalkan memar, jangan menggosok tempat suntikan setelah melakukan suntikan. Pelajari cara untuk menyimpan dan membuang persediaan medis dengan aman.

Untuk mencegah pembekuan darah akibat pembedahan, dokter mungkin mengarahkan Anda untuk mulai menggunakan obat ini sebelum atau setelah operasi dan dilanjutkan selama beberapa hari. Ikuti petunjuk dokter Anda dengan baik.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk membantu Anda ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanannya?

Garam dalteparin adalah obat yang baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis garam dalteparin untuk orang dewasa?

  • Untuk pembuluh dalam profilaksis setelah operasi perut.

Untuk trombosis pembuluh dalam profilaksis setelah operasi perut dosis garam dalteparin adalah sebanyak 2500 unit internasional subkutan sekali sehari, mulai dari1 sampai 2 jam sebelum operasi dan berlanjut selama 5 sampai 10 hari pasca operasi.

  • Untuk tromboemboli vena

Dosis dewasa biasa untuk tromboemboli vena adalah sekitar

  • 30 hari pertama terapi: sekitar 200 unit internasional / kg ABW, tidak melebihi 18.000 unit internasional subkutan sekali sehari selama 30 hari pertama terapi. Dosis berikut harus diberikan berdasarkan berat badan pasien:
  • 56 kg atau kurang: 10.000 internasional unit subkutan sekali sehari
  • 57-68 kg: 12.500 unit internasional subkutan sekali sehari
  • 69-82 kg: 15.000 unit internasional subkutan sekali sehari
  • 83-98 kg: 18.000 unit internasional subkutan sekali sehari 99 kg atau lebih: 18.000 unit internasional subkutan sekali sehari untuk 2 sampai 6 bulan: sekitar 150 unit internasional/ kg ABW, tidak melebihi 18.000 unit internasional subkutan sekali sehari harus diberikan.

Dosis berikut harus diberikan berdasarkan berat badan pasien:

  • 56 kg atau kurang: 7500 unit internasional subkutan sekali sehari
  • 57-68 kg: 10.000 unit internasional subkutan sekali sehari
  • 69-82 kg: 12.500 unit internasional subkutan sekali sehari
  • 83-98 kg: 15.000 unit internasional subkutan sekali sehari 99 kg atau lebih: 18.000 unit internasional subkutan sekali sehari dosis harian dalteparin harus dikurangi sebanyak 2.500 unit internasional pada pasien dengan jumlah trombosit antara 50.000 dan 100.000/mm3 sampai jumlah platelet kembali lebih besar dari atau sama dengan 100.000/mm3.

Pada pasien yang mengalami jumlah platelet yang kurang dari 50.000 / mm3, garam dalteparin harus dihentikan sampai jumlah trombosit pulih di atas 50.000 / mm3.

Kemananan dan kemanjuran pada pasien dibawah enam bulan belum dievaluasi terutama pada pasien dengan kanker dan gejala tromboemboli vena akut.

  • Dosis dewasa biasa untuk myocardial infarction

Gunakan 120 unit internasional / kg (tidak melebihi 10.000 unit internasional) subkutan setiap 12 jam dengan penggunaan obat aspirin selama 5 sampai 8 hari.

  • Dosis Dewasa biasa untuk Angina Pektoris

Gunakan 120 unit internasional / kg (tidak melebihi 10.000 unit internasional) subkutan setiap 12 jam dengan pengobatan  aspirin selama 5 sampai 8 hari.

  • Dosis dewasa biasa untuk trombosis vena dalam profilaksis setelah bedah ortopedi

Gunakan 2500 unit internasional dua kali sehari atau 5.000 unit internasional sekali sehari.

  • Dosis dewasa biasa untuk trombosis vena dalam – profilaksis

Gunakan 5000 unit internasional subkutan sekali sehari. Durasi penggunaan biasa dalam uji klinis adalah 12 sampai 14 hari.

Bagaimana dosis garam dalteparin untuk anak-anak?

Garam dalteparin adalah obat yang ketentuan dosis obat untuk anak-anak belum diketahui. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah garam dalteparin tersedia?

Garam dalteparin adalah obat yang tersedia dalam bentuk bubuk yang dilarutkan untuk infus.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena dalteparin sodium?

Garam dalteparin adalah obat yang dapat menimbulkan efek samping, bisa termasuk mudah memar atau perdarahan. Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi seperti: gatal-gatal, sulit bernafas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Berhentilah menggunakan dalteparin dan hubungi dokter Anda jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • perdarahan yang tidak biasa (pada hidung, mulut, vagina, atau dubur), perdarahan dari luka atau suntikan jarum, pendarahan yang tidak berhenti
  • mudah memar, ungu atau bintik-bintik merah di bawah kulit Anda
  • kulit pucat, merasa pusing atau sesak napas, denyut jantung cepat, berkonsentrasi
  • tinja berwarna hitam atau berdarah, batuk darah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi
  • mati rasa, kesemutan, atau kelemahan otot (terutama di kaki dan telapak kaki)
  • hilangnya koordinasi gerakan di bagian manapun dari tubuh Anda
  • kelemahan mendadak, sakit kepala, kebingungan, atau masalah dengan cara bicara, penglihatan, atau keseimbangan; atau kesulitan bernapas.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan dalteparin sodium?

Garam dalteparin adalah obat yang punya kondisi tertentu. Sebelum menggunakan dalteparin sodium, beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap dalteparin, heparin, enoxaparin (Lovenox), obat lain, atau produk daging babi.

Beri tahu dokter dan apoteker mengenai obat resep dan obat non resep yang Anda gunakan, terutama yang tercantum dalam bagian PERINGATAN PENTING dan vitamin.

Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit hati atau ginjal atau diabetes. Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan dalteparin, hubungi dokter Anda.

Apakah garam dalteparin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Garam dalteparin adalah obat yang belum tau aman atau tidaknya dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika:

  •      A= Tidak berisiko
  •       B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak ada penelitian yang memadai pada wanita yang menyebabkan  risiko pada bayi ketika menggunakan obat ini selama menyusui.Pertimbangkan manfaat terhadap risiko sebelum menggunakan obat ini saat menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan dalteparin sodium?

Garam dalteparin adalah obat yang dapat menyebabkan interaksi. Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersamaan bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis atau melakukan tindakan pencegahan lainnya yang mungkin diperlukan. Ketika Anda menggunakan obat ini, penting bahwa bagi dokter Anda untuk mengetahui jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang tercantum di bawah ini. Interaksi berikut ini dipilih atas dasar signifikansi potensi mereka dan bukan berarti semuanya termasuk.

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau mengubah seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan dalteparin sodium?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

  • Abciximab
  • Aceclofenac
  • Acemetacin
  • Warfarin

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan dalteparin sodium?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.:

  • perdarahan, aktif
  • anestesi regional
  • trombositopenia (jumlah trombosit yang rendah dalam darah), akibat heparin, atau adanya riawayat – sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini
  • masalah perdarahan
  • penyisipan kateter di tulang
  • masalah mata yang disebabkan oleh diabetes atau tekanan darah tinggi
  • infeksi jantung
  • hipertensi (tekanan darah tinggi), yang parah dan tidak terkendali
  • penyakit ginjal
  • penyakit hati
  • luka pada lambung atau tukak usus atau perdarahan, aktif atau baru saja mengalami
  • stroke
  • bedah (misalnya, operasi mata, otak, atau tulang belakang), baru-baru ini atau adanya riwayat
  • trombositopenia – gunakan dengan hati-hati. Risiko perdarahan dapat ditingkatkan.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 26, 2018 | Terakhir Diedit: September 26, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan