Apa Itu Cytotec?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Cytotec Merek: cytotec.

Penggunaan

Untuk apa Cytotec digunakan?

Cytotec adalah obat yang digunakan untuk mengobati tukak lambung dan mencegah sakit maag saat Anda mengonsumsi obat NSAID (misalnya aspirin, ibuprofen, naproxen), apalagi jika Anda pernah atau sedang memiliki luka lambung.

Cytotec adalah obat yang juga dapat membantu mengurangi risiko komplikasi ulkus serius seperti perdarahan. Obat ini melindungi lapisan lambung Anda dengan menurunkan jumlah asam.

Selain digunakan untuk masalah pencernaan, obat ini juga diresepkan dalam kombinasi dengan obat lain (mifepristone) yang biasanya digunakan untuk aborsi.

Cara Pakai

Bagaimana cara menggunakan obat ini?

Sebelum menggunakan Cytotec, Anda harus mengetahui aturan yang diberikan oleh dokter. Jika memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda. Konsumsi obat ini sesuai anjuran dokter.

Obat ini dilengkapi dengan brosur informasi untuk pasien. Baca dengan saksama. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait obat ini, tanyakan pada dokter, perawat, atau apoteker. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis dan respons terhadap pengobatan.

Jika Anda menggunakan obat ini untuk mencegah penyakit lambung, biasanya diminum sebanyak empat kali sehari, sesudah makan dan saat akan tidur untuk mengurangi diare, atau sesuai petunjuk dokter.

Jika Anda menggunakan obat ini untuk tindakan medis abortus (aborsi), jalankan sesuai dengan yang dianjurkan dokter Anda.

Hindari menggunakan antasida yang mengandung magnesium selama menggunakan cytotec, karena dapat menyebabkan efek samping, khususnya diare semakin bertambah parah. Jika Anda memerlukan antacid, konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk membantu Anda memilih produk.

Untuk mencegah tukak lambung, lanjutkan penggunaan obat ini selama Aanda menggunakan NSAID. Minumlah obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal. Selalu ingat untuk meminum obat pada waktu yang sama setiap harinya. Informasikan kepada dokter jika kondisi tetap sama atau memburuk.

Bagaimana cara menyimpan cytotec?

Cytotec merupakan obat yang bisa Anda simpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan menyimpan obat ini di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis ini  untuk orang dewasa?

Dosis oral Cytotec yang dianjurkan untuk mengurangi risiko tukak lambung yang diinduksi adalah 200 mcg, dikonsumsi empat kali sehari (pagi, siang, sore dan malam).

Untuk dosis awal silakan gunakan obat ini sebanyak 100 mcg dapat digunakan. Obat ini harus diminum bersamaan dengan makan.

Bagaimana dosis Cytotec untuk anak-anak?

Dosis Cytotec untuk anak-anak belum ditentukan. Keamanan dan efektivitas obat ini belum ditemukan pada anak-anak. Konsultasikan ke dokter untuk penggunaan obat ini lebih lanjut.

Dalam dosis apakah obat ini tersedia?

Cytotec adalah obat yang tersedia dalam sediaan tablet minum 200 mcg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat terjadi?

Cytotec adalah obat yang dapat menyebabkan mual atau kram pada perut.  Jika salah satu dari efek ini menetap atau memburuk, segera beri tahu dokter atau apoteker Anda.

Ingat bahwa dokter Anda telah meresepkan obat ini karena dia telah menilai manfaatnya yang lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Banyak orang yang menggunakan obat ini namun tidak mendapatkan efek samping yang serius.

Efek samping yang tidak begitu serius lainnya juga dapat terjadi. Anda tetap dapat melanjutkan penggunaan obat ini, namun konsultasikan pula kepada dokter Anda jika mengalami gejala:

  • Muntah-muntah
  • Perut kembung
  • Sembelit
  • Sakit kepala, atau
  • Kram menstruasi, bercak, atau haid tidak teratur.

Tidak semua orang mengalami efek samping yang telah disebutkan. Mungkin juga, masih ada beberapa efek samping yang belum disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah kepada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Pencegahan

Apa yang harus diketahui sebelum memakai obat ini?

Sebelum mengonsumsi Cytotec, beri tahu dokter atau apoteker mengenai alergi yang ANda miliki. Produk ini mungkin mengandung tambahan bahan lain yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Tanyakanlah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

Sebelum menggunakan obat ini, informasika kepada dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama tentang masalah pencernaan yang Anda alami (misalnya, penyakit radang usus).

Penggunaan alkohol dan tembakau setiap hari dapat meningkatkan risiko perdarahan perut. Batasi minuman beralkohol dan berhenti merokok.

Sangat penting berada di bawah pengawasan dokter ketika mengonsumsi obat ini dan obat mifepristone untuk aborsi. Pastikan untuk memahami instruksi yang jelas dari dokter Anda tentang siapa yang harus dihubungi dan apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat. Beri tahu dokter jika Anda mengembangkan gejala yang tidak wajar, seperti perdarahan vagina yang dan parah berkepanjangan, tanda-tanda infeksi (seperti demam dan menggigil), atau pingsan.

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori X menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika Serikat.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut BPOM.

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan cytotec?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep atau nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter.

Phenylbutazone adalah obat yang diketahui mungkin berinteraksi dengan Cytotec.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Cytotec?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau mengonsumsi makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan obat ini ?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat memengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • Penyakit pembuluh darah—Obat yang mirip dengan Cytotec menunjukkan dapat memperburuk kondisi ini
  • Epilepsi (tidak terkontrol)—Obat yang mirip dengan Cytotec dapat menyebabkan kejang-kejang
  • Penyakit radang usus—Cytotec dapat memperparah diare yang berdampak pada dehidrasi

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam kondisi gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: November 5, 2018 | Terakhir Diedit: November 5, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan