Cyamemazine obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Cyamemazine Merek: cyamemazine adalah.

Penggunaan

Untuk apa cyamemazine?

Cyamemazine adalah jenis antipsikotik golongan phenothiazin yang biasa digunakan untuk pengobatan skizofrenia, gangguan bipolar, dan berbagai gejala psikosis lainnya yang berhubungan dengan gangguan kecemasan. Obat ini membantu Anda untuk berpikir lebih jernih, serta mengurangi rasa gugup dan perilaku agresif, sehingga Anda dapat beraktivitas normal dalam kehidupan sehari-hari. 

Cyamemazine adalah obat yang bekerja tepat di saraf pusat dengan cara mengembalikan keseimbangan zat alami tertentu dalam otak. Selain sebagai obat penenang, cyamemazine juga dapat digunakan untuk meringankan gejala mual, muntah, kecemasan sebelum operasi, serta membantu mengobati tetanus.

Bagaimana cara penggunaan cyamemazine?

Baca Panduan Pengobatan yang diberikan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan obat ini dan setiap kali Anda mengisi ulang obat. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan cyamemazine?

Cyamemazine adalah salah satu obat yang baiknya disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis cyamemazine untuk orang dewasa?

Untuk orang dewasa, dosis cyamemazine adalah 25-100 mg / hari

Bagaimana dosis cyamemazine untuk anak-anak?

Untuk anak-anak, dosis cyamemazine adalah:

  • Usia 4-8 tahun: 10-20 tetes / hari
  • Usia 9-15 tahun: 20-30 tetes / hari

Dalam dosis apakah cyamemazine tersedia?

Ketersediaan dosis cyamemazine adalah:

  • Kapsul 25 mg
  • Suspensi 30 mL
  • Suntikan 50 mg / 5 mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena cyamemazine?

Efek samping paling umum dari obat cyamemazine adalah:

  • Pusing
  • Mengantuk
  • Masalah tidur (insomnia)
  • Mulut kering
  • Sembelit
  • Penglihatan kabur

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan cyamemazine?

Beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mengonsumsi obat cyamemazine adalah:

  • Jangan gunakan obat ini jika Anda memiliki alergi terhadap senyawa yang terkandung dalam obat ini atau memiliki riwayat alergi obat tertentu.
  • Jangan gunakan obat ini jika Anda memiliki risiko retensi urin.
  • Jangan gunakan obat ini apabila Anda sedang mengalami kerusakan otak, depresei tulang sumsum, minum alkohol terlalu banyak, serta menggunakan obat-obatan yang membuat Anda mengantuk.
  • Jangan gunakan obat ini pada lansia yang memiliki riwayat dimensia karena dapat memicu gagal jantung, pneumonia, atau bahkan kematian mendadak.

Apakah cyamemazine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan cyamemazine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan dengan sekaligus, namun dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersamaan bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis atau membuat tindakan pencegahan lainnya yang mungkin diperlukan. Beri tahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep lainnya yang beredar di pasaran.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan cyamemazine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan cyamemazine?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Beberapa gejala overdosis obat cyamemazine adalah:

  • Mulut kering
  • Merasa gelisah
  • Kekakuan otot
  • Jantung berdebar-debar
  • Kejang
  • Pingsan

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 26, 2018 | Terakhir Diedit: September 26, 2018

Yang juga perlu Anda baca