Choline Salicylate obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Choline Salicylate Merek: shutterstock_324678056.

Penggunaan

Untuk apa obat choline salicylate?

Choline Salicylate adalah golongan nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID)Obat ini sering digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan dari berbagai kondisi, seperti  sakit kepala, nyeri otot, sakit gigi, nyeri menstruasi, dan arthritis ringan. Obat ini juga digunakan untuk menurunkan demam dan meredakan nyeri ringan dan sakit akibat pilek atau flu.

Choline Salicylate adalah obat yang bekerja dengan menghalangi produksi substansi alami tubuh yang menyebabkan peradangan. Hal tersebut pada akhirnya dapat membantu mengurangi bengkak, nyeri, atau demam.

Bagaimana cara penggunaan obat choline salicylate?

Bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Dosis selalu diberikan berdasarkan kondisi kesehatan Anda dan bagaimana Anda merespon terapi. Untuk menurunkan risiko perdarahan lambung dan efek samping lain, gunakan dosis obat efektif paling rendah sesingkat mungkin. Jangan meningkatkan dosis atau menggunakannya lebih sering dari yang dianjurkan dokter atau label kemasan. Untuk kondisi lain seperti artritis, lanjutkan penggunaan obat ini sesuai anjuran dokter.

Untuk kondisi tertentu, seperti artritis, penggunaan obat membutuhkan waktu hingga 2 minggu secara teratur hingga merasakan manfaatnya. Ingatlah bahwa obat nyeri bekerja dengan baik jika segera dikonsumsi saat gejala awal nyeri dirasakan. Jika Anda menunggu hingga nyeri memburuk, obat mungkin tidak bekerja dengan baik.

Jika kondisi Anda tidak membaik atau memburuk, atau jika Anda berpikir Anda memiliki masalah kesehatan serius, segera cari bantuan medis.

Bagaimana cara penyimpanan choline salicylate?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis choline salicylate untuk orang dewasa?

  • Untuk mengatasi demam, dosis choline salicylate adalah 400-800 mg per hari yang dikonsumsi secara oral setiap 4-6 jam sesuai kebutuhan. 
  • Untuk mengatasi rematik, dosis choline salicylate adalah 400-800 mg per hari yang dikonsumsi secara oral setiap 4-6 jam sesuai kebutuhan. 
  • Untuk mengatasi luka pada mulut, gunakan 8.7% gel pada daerah yang terluka.

Secara umum dosis obat akan bergantung pada kondisi kesehatan pasien. Oleh karena itu, selalu konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum Anda menggunakan obat ini.

Bagaimana dosis choline salicylate untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas dari obat ini belum teruji bagi anak (di bawah 18 tahun).

Dalam dosis apakah choline salicylate tersedia?

  • Tablet
  • Gel

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena obat choline salicylate?

Efek samping paling umum dari penggunaan obat choline salicylate adalah:

  • Sakit perut
  • Mual atau muntah
  • Diare atau sembelit
  • Kembung
  • Pusing dan sakit kepala
  • Gugup
  • Gelisah
  • Gatal atau ruam kulit
  • Telinga berdenging

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Segera cari bantuan medis jika Anda mengalami nyeri dada, kelemahan, sesak napas, bicara cadel, masalah dengan penglihatan atau keseimbangan.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan obat choline salicylate?

Beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan obat choline salicylate adalah:

  • Obat ini juga dapat menyebabkan efek serius pada lambung atau usus, termasuk pendarahan atau perforasi (pembentukan lubang). Kondisi ini bisa berakibat serius dan dapat terjadi tanpa peringatan, terutama pada lansia.
  • Obat ini tidak boleh diberikan kepada anak atau remaja yang sedang demam, terutama jika anak juga memiliki gejala flu atau cacar air. Salisilat dapat menyebabkan kondisi serius dan kadang-kadang fatal yang disebut sindrom Reye pada anak-anak.
  • Obat ini dapat menyebabkan masalah jantung atau sirkulasi yang mengancam jiwa seperti serangan jantung atau stroke, terutama jika Anda menggunakannya dalam jangka panjang. Jangan gunakan obat ini sebelum atau sesudah operasi bypass jantung (coronary artery bypass graft, atau CABG).
  • Anda tidak boleh menggunakan obat ini jika Anda alergi terhadap aspirin atau NSAID, atau jika Anda baru-baru ini menggunakan cidofovir (Vistide), ketorolac (Toradol), atau vaksin flu hidung (FluMist).

Apakah obat choline salicylate aman untuk ibu hamil dan menyusui?

NSAID dapat berbahaya bagi bayi yang belum lahir jika ibu meminum obat selama 3 bulan terakhir kehamilan. Oleh sebab itu, beritahu dokter jika Anda hamil atau berencana untuk hamil. Obat ini juga dapat masuk ke dalam ASI dan dapat membahayakan bayi yang menyusui. Jadi, jangan gunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter Anda jika Anda menyusui bayi.

Secara umum, belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan obat choline salicylate?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan obat choline salicylate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan obat choline salicylate?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain. Beberapa kondisi kesehatan yang mungkin dapat berinteraksi dengan obat choline salicylate adalah:

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: April 18, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan