Nama Generik: Chloral Hydrate Merek: Chloral hydrate.

Penggunaan

Untuk apa chloral hydrate?

Chloral hydrate adalah obat yang digunakan untuk menenangkan Anda sebelum operasi atau prosedur lain dan untuk pengobatan jangka pendek insomnia. Obat ini termasuk kelas obat yang dikenal sebagai hipnotik dan sedatif. Ia bekerja dengan mempengaruhi bagian-bagian tertentu dari otak yang menyebabkan ketenangan. Obat ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit setelah operasi dan untuk mengobati penghentian penggunaan alkohol.

Bagaimana cara penggunaan chloral hydrate?

Ikuti panduan penggunaan obat yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum Anda mulai menggunakan obat ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Minumlah obat ini dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya 30 menit sebelum operasi. Ikuti petunjuk dokter Anda untuk berapa banyak air atau makanan yang dapat Anda konsumsi sebelum operasi.

Jika Anda menggunakan obat ini dalam bentuk cair, ukur dosis menggunakan alat pengukur / sendok khusus dengan hati-hati. Jangan gunakan sendok rumah tangga karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang benar. Campur dosis Anda dengan segelas air penuh atau cairan lain (seperti jus buah, ginger ale) sebelum menggunakannya.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Pada anak-anak, dosis juga didasarkan pada berat badan.

Seiring dengan manfaatnya, obat ini mungkin menyebabkan kecanduan meskipun jarang. Risiko ini dapat meningkat jika Anda telah menyalahgunakan alkohol atau obat-obatan di masa lalu. Gunakan obat ini persis seperti yang ditentukan untuk mengurangi risiko kecanduan. Jangan meningkatkan dosis, menggunakan lebih sering, atau menggunakan untuk waktu yang lebih lama dari yang ditentukan. Hentikan penggunaam obat dengan benar ketika dianjurkan.

Obat ini dapat menyebabkan reaksi penghentian penggunaan, terutama jika sudah digunakan secara teratur untuk waktu yang lama atau dalam dosis yang tinggi. Dalam kasus tersebut, gejala penghentian penggunaan (seperti berkeringat, gemetar, kecemasan, kebingungan, kejang, dan halusinasi) dapat terjadi jika Anda tiba-tiba berhenti menggunakan obat ini. Gejala penghentian penggunaan Cloral hydrate dapat berat namun jarang fatal. Untuk mencegah reaksi penghentian penggunaan, dokter Anda dapat mengurangi dosis secara bertahap. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk rincian lebih lanjut, dan laporkan setiap adanya reaksi penghentian penggunaan

Bila obat ini digunakan untuk waktu yang lama, mungkin tidak akan bekerja dengan baik. Bicarakan dengan dokter Anda jika obat ini berhenti bekerja dengan baik.

 

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

 

Bagaimana cara penyimpanan chloral hydrate?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis chloral hydrate untuk orang dewasa?

  • Dosis dewasa biasa untuk Insomnia

Chloral hydrate adalah obat yang bisa sebanyak 500 mg untuk 1 g 15 sampai 30 menit sebelum tidur pada orang dewasa

  • Dosis dewasa biasa untuk Sedasi atau anestesi

Anda bisa menggunakan chloral hydrate sebanyak  250 mg 3 kali sehari setelah makan, atau. Anda bisa menggunakan chloral hydrate sebanyak 500 mg untuk 1 g, 30 menit sebelum operasi.

Bagaimana dosis chloral hydrate untuk anak-anak?

  • Dosis anak-anak biasa untuk insomnia

Untuk Oral dan rektal (dimasukkan ke dalam anus):

Hypnotic digunakanan sebanyak 50 mg / kg / dosis pada waktu tidur. Dosis maksimum hanya boleh digunakan sebanyak 1 g / dosis. Sedangkan total maksimum adalah 1 g / hari untuk bayi dan 2 g / hari untuk anak-anak

  • Dosis anak-anak biasa untuk sedasi

Neonatal (bayi baru lahir) untuk penggunaan oral dan rektal:

Untuk sedasi (anestesi) sebelum operasi bisa digunakan 25 mg / kg. pengulangan dosis harus digunakan dengan hati-hati karena obat dan metabolit dapat menumpuk akibat penggunaan berulang toksisitas telah dilaporkan setelah 3 hari dalam neonatus prematur dan setelah 7 hari dalam neonatus normal yang menerima hidrat chloral dengan dosis 40 sampai 50 mg / kg setiap 6 jam.

  • Bayi dan Anak-anak

Penggunaan chloral hydrate untuk oral dan rektal:

Untuk anestesti akibat kecemasan bisa digunakan sebanyak25 sampai 50 mg / kg / hari dibagi setiap 6 sampai 8 jam. Dosis maksimum: 500 mg / dosis

Sebelum EEG: 25 sampai 50 mg / kg / dosis 30 sampai 60 menit sebelum EEG dapat mengulang di 30 menit maksimum total 100 mg / kg atau 1 g total untuk bayi dan 2 g total untuk anak-anak.

Sedasi atau untuk anestesi operasi yang tidak menyakitkan: 50 sampai 75 mg / kg / dosis 30 sampai 60 menit sebelum operasi dapat mengulang pada 30 menit setelah dosis awal jika diperlukan. Dosis maksimum: 120 mg / kg atau 1 g total untuk bayi dan 2 g total untuk anak-anak

Dalam dosis apakah chloral hydrate tersedia?

Chloral hydrate adalah obat yang tersedia dalam sediaan berikut:

Kapsul, oral: 500mg

Larutan, oral: 500mg / 5ml

Supositoria, untuk rektal atau dubur: 325mg, 500mg, 650mg

 

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena chloral hydrate?

Chloral hydrate adalah obat yang dapat menimbulkan beberapa reaksi efek samping. Jika salah satu dari efek samping berikut terjadi saat menggunakan Chloral hydrate, periksakan ke dokter atau perawat sesegera mungkin:

Kurang umum terjadi:

  • ruam kulit atau gatal-gatal

Langka terjadi:

  • kebingungan
  • melihat, mendengar, atau merasa hal-hal yang tidak ada
  • kegembiraan yang tidak biasa

Beberapa efek samping yang dapat terjadi dengan Chloral hydrate adalah umum, dan mungkin tidak perlu perhatian medis. Seiring tubuh Anda terbiasa dengan obat selama pengobatan efek samping mungkin akan hilang. Ahli kesehatan Anda juga dapat memberi tahu Anda tentang cara untuk mengurangi atau mencegah beberapa efek samping. Jika salah satu dari efek samping berikut berlanjut, menyusahkan atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang gejala ini, periksakan dengan ahli kesehatan:

Lebih umum terjadi:

  • mual
  • sakit perut
  • muntah

Kurang umum terjadi:

  • Kecanggungan atau kegoyangan
  • diare
  • pusing atau ringan
  • kantuk

Setelah Anda berhenti mengonsumsi obat ini, Anda mungkin masih mengalami efek samping yang perlu perhatian medis. Jika Anda merasakan salah satu efek samping berikut periksakan ke dokter Anda segera:

  • kebingungan
  • mual atau muntah
  • kegugupan
  • kegelisahan
  • melihat, mendengar, atau merasa hal-hal yang tidak ada
  • sakit perut
  • gemetaran
  • kegembiraan yang tidak biasa

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan chloral hydrate?

Chroral hydrate adalah obat yang dapat menyebabkan beberapa kondisi medis. Beritahu dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki kondisi medis, terutama jika salah satu dari kondisi berikut:

  • jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui
  • jika Anda menggunakan obat resep atau obat non resep, herbal, atau suplemen makanan
  • jika Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan, makanan, atau zat lain
  • jika Anda memiliki radang kerongkongan, maag, gangguan darah (misalnya, porfiria), atau Anda memiliki riwayat depresi, pikiran untuk bunuh diri, atau penyalahgunaan zat atau ketergantungan

Beberapa OBAT MUNGKIN BERINTERAKSI dengan Cloral hydrate. Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, terutama salah satu dari berikut:

  • antagonis arsenik, cisapride, dofetilide, atau H1 (misalnya, astemizol, terfenadin) karena efek samping, seperti masalah jantung yang serius dapat terjadi
  • barbiturat (misalnya, fenobarbital), paraldehid, atau natrium oxybate (GHB) karena efek samping dari obat-obatan ini dapat ditingkatkan
  • diuretik loop (misalnya furosemid) karena efek samping yang tidak diharapkan, seperti denyut jantung yang cepat dan berubahnya tekanan darah dapat terjadi
  • antikoagulan (misalnya warfarin) karena kinerja dan efek samping dapat diubah oleh Chloral hydrate

Daftar ini mungkin bukan daftar lengkap dari semua interaksi yang mungkin terjadi. Tanyakan dokter Anda jika hidrat chloral dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain yang Anda gunakan. Periksakan dengan dokter Anda sebelum Anda mulai, berhenti, atau mengubah dosis obat apapun.

Apakah chloral hydrate aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

 

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan chloral hydrate?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan chloral hydrate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

 

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan chloral hydrate?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: April 2, 2018 | Terakhir Diedit: April 2, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan