Nama Generik: Carbomer Merek: carbomer dan Carbomer.

Penggunaan

Untuk apa Carbomer?

Carbomer  adalah obat yang berfungsi untuk menyembuhkan nyeri dan kekeringan pada mata. Obat carbomer biasanya tersedia dalam bentuk gel yang memproduksi lapisan transparan untuk  melindungi permukaaan mata Anda dan membuat mata lebih rileks.

Obat carbomer adalah obat yang teksturnya sedikit berair dan bekerja seperti obat tetes mata lain. Anda dapat membeli obat ini dengan atau tanpa resep dokter.

Carbomer pada umumnya dikenal sebagai salah satu baha senyawa polimer dengan berat molekul tinggi yang biasa digunakan di industri kosmetik. Senyawa ini dapat menyerap sejumlah besar air, meningkatkan volume hingga 1.000 kali untuk membentuk gel dan larutan tebal yang stabil serta tahan terhadap pembusukan.. Carbomers dianggap secara umum dianggap aman oleh FDA, walaupun konsentrasi tinggi dapat menyebabkan iritasi pada mata dan kulit.

Bagaimana cara penggunaan Carbomer ?

Seperti yang telah disinggung di atas, carbomer adalah obat yang biasa digunakan untuk obat salep mata. Untuk menggunakannya, ada baiknya Anda ikuti tahapan penting berikut ini:

  • Cuci tangan Anda sebelum menggunakan gel ini.
  • Buku tutup gel kemasan obat carbomer
  • Miringkan kepala ke belakang, tarik bagian bawah mata hingga membentuk kantung. Jangan menyentuh mata Anda.
  • Teteskan satu tetes obat pada mata, teteskan obat sedikit lagi jika tetesan pertama tidak masuk sempurna.
  • Tutup mata dan kedipkan beberapa kali sehingga obat mampu menyebar ke seluruh bagian mata.
  • Buang sisa obat dan kemasan gel yang telah digunakan.

Bagaimana cara penyimpanan Carbomer?

Carbomer adalah obat yang baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi dan jangan dibekukan di lemari pendingin.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                           

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Carbomer untuk orang dewasa?

Orang dewasa (termasuk lansia) bisa menggunakan satu tetes sekali penggunaaan sebanak 3 sampai 4 kali sehari.

Bagaimana dosis Carbomer untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat untuk anak-anak.  Obat ini bisa saja berbahaya  bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Carbomer tersedia?

Carbomer adalah obat salep yang biasa tersedia dalam bentuk gel cair.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Carbomer?

Carbomer adalah obat yang bisa digunakan untuk semua orang dan usia. Namun, sama seperti obat lainnya, obat ini mampu menimbulkan efek samping. Mata Anda bisa saja terasa terbakar atau memerah, namun kondisi ini hanya terjadi sementara.  

Carbomer bisa membuat kelopak mata Anda lengket. Kadang obat ini dapat menyebabkan penglihatan Anda kabur sementara (jangan mengendarai atau mengoperasikan apapun pada saat memakai obat tersebut). Efek samping lain yang timbul biasanya kelopak mata membengkak, mata memerah, perih dan gatal.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Carbomer?

JANGAN GUNAKAN Carbomer jika Anda alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung di dalamnya (baca informasi lengkap pada kemasan). Anda juga sebaiknya mengajukan pertanyaan berikut pada diri Anda:

  • Anda pengguna lensa kontak? Lepaskan lensa kontak Anda terlebih dahulu sebelum meneteskan obat. Pakai kembali setelah 30 menit obat diteteskan atau dioleskan.
  • Mata Anda kering dan bermasalah? Konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.
  • Anda menggunakan obat tetes lain? Jika Anda harus menggunakan obat lain, beri jarak sekitar 5 menit antara obat tetes pertama dan kedua.
  • Jika Anda sedang hamil atau menyusui, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Apakah Carbomer aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori  N menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

   A= Tidak berisiko,

  B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,

   C=Mungkin berisiko,

   D=Ada bukti positif dari risiko,

   X=Kontraindikasi,

  N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Carbomer?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Carbomer?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Carbomer?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Februari 26, 2018 | Terakhir Diedit: Februari 26, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan