Nama Generik: Carbazochrome Merek: Chromazol, Crome, Saldona, Adona (AC-17)/Adona (AC-17) Forte, Adrome, Velchrome, shutterstock_757487044 dan Carbazochrome.

Penggunaan

Untuk apa Carbazochrome?

Carbazochrome adalah obat yang berfungsi untuk menghentikan pendarahan berlebih selama prosedur operasi, pengobatan wasir dan thrombocytopenic purpura, yaitu penyakit dalam darah yang menyebabkan bercak keunguan dan kemerahan pada kulit. Selain itu, obat ini juga bisa menghentikan aliran darah dari luka terbuka.

Obat ini tergolong sebagai obat kelas hemostatik. Carbazochrome bekerja dengan cara memerintahkan trombosit dalam darah untuk membentuk sumbat dan menutup luka sehingga aliran darah berhenti.

Dosis carbazochrome dan efek samping carbazochrome akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Carbazochrome?

Selalu ikuti aturan yang telah diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Bagaimana cara penyimpanan Carbazochrome?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Carbazochrome untuk orang dewasa?

Untuk orang dewasa, dosis penggunaan obat carbazochrome adalah:

Oral 

  • Sebagai hemostatik: 10 – 30 mg 3 kali sehari

Suntikan

  • Sebagai hemostatik: 10 mg per hari menggunakan suntikan SC/IM. Selain itu, 25 – 100 mg per hari menggunakan suntikan IV atau infus

Bagaimana dosis Carbazochrome untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Carbazochrome tersedia?

Kesedian dosis obat carbazochrome adalah:

  • Tablet, oral: 30 mg
  • Larutan, injeksi: 25 mg/5ml

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Carbazochrome?

Beberapa obat mungkin akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Tetapi, tidak semua orang akan mengalami efek samping akibat pengobatan yang dijalankan. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Efek samping paling umum dari penggunaan obat carbazochrome adalah:

  • Gangguan pada saluran pencernaan
  • Mual dan muntah
  • Terkadang kehilangan nafsu makan
  • Reaksi hipersensitif, seperti muncul ruam dan bengkak

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Carbazochrome?

Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini jika Anda mengidap reaksi hipersensitif dan memiliki riwayat elergi obat carbozochrome.

Gunakan dengan bijak, terutama dalam pengobatan bagi pasien lanjut usia, anak-anak, ibu hamil dan menyusui

Apakah Carbazochrome aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Carbazochrome?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Carbazochrome?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Carbazochrome?

Kondisi kesehatan yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Februari 26, 2018 | Terakhir Diedit: Februari 26, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan