Nama Generik: Calcitonin Merek: Miacalcic, Tonocalcin, CalcitonindanCalcitonin.

Penggunaan

Untuk apa Calcitonin digunakan?

Calcitonin adalah obat yang berfungsi untuk mengobati beberapa gangguan pada tulang, seperti Paget’s disease dan osteoporosis pascamenopause. Calcitonin merupakan hormon yang membantu meregulasi dan memelihara kadar kalsium dalam darah agar kembali di batas normal.

Calcitonin adalah hormon buatan manusia, tergolong sebagai agen yang memengaruhi metabolisme tulang. Calcitonin juga berperan dalam pembentukan tulang serta mengurangi rasa ngilu pada tulang pasien dengan kondisi Paget’s disease.

Bagaimana cara penggunaan Calcitonin?

Selalu ikuti aturan yang telah diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Pemakaiann calcitonin akan disuntikkan langsung ke dalam lapisan kulit atau otot. Untuk pengobatan yang disebabkan karena kadar kalsium berlebih, Anda akan menerima pengobatan setiap 12 jam. Untuk pengobatan osteoporosis, Anda akan menerima pengobatan berselang hari.

Pasien dengan kondisi Paget’s disease akan menerima pengobatan setiap hari maupun berselang, sesuai instruksi dokter. Jika Anda menerima pengobatan lebih dari takaran 2 milimeter dalam satu waktu, sangat direkomendasikan untuk menginjeksikan suntikan langsung pada otot. Patuhi resep dokter. Baca dan pelajari panduan persiapandan takaran dosis yang tertera pada label produk. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Dosis selalu diberikan berdasarkan kondisi kesehatan Anda dan bagaimana Anda merespon terapi. Untuk pengobatan kadar kalsium berlebih, dosis juga ditakar sesuai dengan berat badan. Dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini pada dosis terendah untuk waktu yang singkat untuk menangani kondisi Anda. Sejumlah laporan menyatakan terdapat risiko pertumbuhan kanker pada pasien yang menjalani pengobatan dengan calcitonin dalam jangka waktu lama. Konsultasikan dengan dokter seputar manfaat dan risiko dari pengobatan dengan calcitonin dalam jangka panjang.

Periksa kelayakan kemasan dan produk. Jangan lanjutkan penggunaan produk jika terdapat partikel asing atau perubahan warna pada produk. Sterilkan area yang akan diinjeksi dengan alkohol sebelum memulai pengobatan. Penting untuk selalu mengganti area suntikan setiap kali akan menjalankan prosedur guna menghindari masalah yang akan muncul pada area tersebut.

Minum obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah obat ini di waktu yang sama setiap hari. Tandai kalender Anda jika anda menjalani pengobatan dengan dosis berselang hari.

Konsultasikan dengan apoteker Anda seputar penyimpanan dan pembuangan obat yang baik. Informasikan kepada dokter Anda jika kondisi kesehatan Anda tidak membaik, atau memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan Calcitonin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                    

 Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Calcitonin untuk orang dewasa?

  • Dosis umum untuk orang dewasa pengidap Paget’s disease

Obat ini biasanya diberikan sebanyak 50 – 100 unit  melalui injeksi subcutaneous (penyuntikan obat di bawah lapisan kulit dermis) atau intramuskular (penyuntikan obat langsung ke dalam jaringan otot) sebnyak satu kali sehari. Pengurangan pemberian dosis hingga 3 kali seminggu dilakukan saat terlihat kemajuan pada kondisi kesehatan pasien, baik secara klinis atau biokimia dalam tubuh.

Calcitonin umumnya tidak diresepkan lebih dari 6 bulan, kecuali jika terjadi gejala neurologis atau luka litik pada tulang, yaitu area pada permukaan tulang bermassa berat yang terlihat saat pembacaan x-ray yang menandakan sesuatu sudah merusak atau menggantikannya. Pengurangan level biokimia dari penyakit tersebut umumnya bertahan tidak lebih dari 6 bulan. Jika dibutuhkan pengobatan, ulangi jadwal pemberian dosis awal berikut dosis pemeliharaan seperti sebelumnya. Human calcitonin tergolong “orphan drug”, obat-obatan khusus untuk diagnosis, pengobatan dan pencegahan penyakit langka atau mematikan. Ini dapat digunakan kepada pasien yang memiliki alergi ataupun kondisi kesehatannya yang tidak memperbolehkan untuk  mengonsumsi calcitonin-salmon.

Atau obat ini boleh diberikan sebanyak  200 – 400 unit secara intranasal satu kali sehari. Namun dengan catatan tingkat kemanjuran tidak akan seoptimal pengobatan injeksi (400 unit dosis nasal dibandingkan dengan 100 unit dosis intramuskular). Tetapi, risiko efek samping sistemik juga akan berkurang. Penelitian melaporkan nahwa pengobatan intranasal akan mengurangi abnormalitas pergantian tulang hingga 30 – 40% jika dibandingkan dengan 50% pengurangan dari pengobatan injeksi subcutaneous ataupun intramuskular.

  • Dosis umum untuk orang dewasa pengidap Hiperkalsemia (kadar kalsium tinggi dalam darah)

Obat ini digunakan sebnayak 4 unit/kg (digenapkan hingga kelipatan 5 unit) dan diberikan melalui injeksi subcutaneous atau intramuskular setiap 12 jam. Dosis maksimum tidak boleh melebihi 545 unit per dosis. Jika respons terhadap dosis 4 unit/kg tidak terlihat dalam 1- 2 hari, 8 unit/kg (digenapkan hingga kelipatan 5 unit) boleh diberikan dengan cara yang sama setiap 12 jam.

Frekuensi dosis dapat ditingkatkan hingga per 6 jam, jika diperlukan. Dosis maksimum tidak boleh melebihi 1090 unit per dosis. Terapi umumnya dilakukan sekitar 5 hari. Reduksi sebesar 2 mg/dl dalam kadar plasma kalsium akan dicatat dan diawasi selama 2 – 4 hari. Setelahnya, efek akan menghilang.

  • Dosis umum untuk orang dewasa pengidap Osteoporosis

100 unit diberikan berselang hari atau 50 unit untuk satu kali sehari dengan injeksi subcutaneous atau intramuskular. Dosis suntikan dapat ditingkatkan hingga 200 – 400 unit satu kali sehari, sesuai kebutuhan.

Atau 200 unit diberikan secara intranasal bergantian pada masing-masing lubang hidung, satu kali sehari. Terapi umumnya berjalan dalam jangka waktu panjang, bulanan hingga tahunan.

Bagaimana dosis Calcitonin untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Calcitonin tersedia?

Calcitonin tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:

  • Larutan, injeksi: 200 units/ml
  • Larutan, intranasal: 200 units/actuation (spray)

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Calcitonin?

Segera hubungi dokter Anda jika Anda mengalami efek samping, seperti:

  • Pusing dan berkunang-kunang, pingsan; atau
  • Kaku otot

Efek samping lainnya, yaitu:

  • Tubuh terasa hangat, kemerahan, gatal-gatal, sensasi menggelitik di bawah kulit
  • Mual, hilang nafsu makan hilang, sakit perut
  • Muntah
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari
  • Rasa sakit pada mata
  • Bengkak di kaki
  • Pembengkakan atau iritasi kulit di area bekas suntikan

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Calcitonin?

Jangan gunakan calcitonin jika Anda alergi terhadap calcitonin salmon. Informasikan kepada dokter jika Anda memiliki alergi makanan atau obat lainnya sebelum memulai prosedur injeksi. Mungkin diperlukan penyesuaian dosis atau tes medis khusu untuk menggunakan obat ini dengan aman.

Apakah Calcitonin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

A= Tidak berisiko

B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian

C=Mungkin berisiko

D=Ada bukti positif dari risiko

X=Kontraindikasi

N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Calcitonin?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Calcitonin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Calcitonin?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Hipokalsemia (kadar kalsium rendah dalah darah)—Gunakan dengan bijak. Calcitonin dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda
  • Defisiensi vitamin D—Obati terlebih dahulu sebelum menggunakan calcitonin

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis termasuk:

  • Perut bergejolak
  • Muntah-muntah

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Februari 12, 2018 | Terakhir Diedit: Februari 12, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan