Bioplacenton

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Bioplacenton Merek: Bioplacenton.

Kegunaan

Untuk apa obat Bioplacenton?

Bioplacenton adalah obat untuk mengobati sekaligus mempercepat penyembuhan luka. Obat ini umumnya mengandung placenta dan bahan aktif neomycin sulfate.

Neomycin adalah obat untuk mengobati infeksi bakteri. Sedangkan placenta adalah zat sintetis menyerupai plasenta manusia yang berfungsi memicu pembentukan jaringan baru pada kulit yang terluka, serta menjaga elastisitas dan keremajaan kulit.

Ada dua versi dari merek obat ini, salep dan bubuk. Bioplacenton salep adalah obat yang digunakan untuk luka terbuka ataupun luka bakar. Bioplacenton bubuk atau sulfate digunakan untuk mengurangi risiko infeksi selama operasi usus.

Bioplacenton juga digunakan untuk mengurangi gejala koma hepatik.

Cara Pakai

Bagaimana cara pakai Bioplacenton?

Cuci tangan Anda sebelum menggunakan obat ini. Bersihkan dan keringkan daerah kulit yang terluka  yang bermasalah. Lalu oleskan sejumlah kecil obat (tidak lebih dari seukuran ujung jari Anda) dengan lembut, tipis-tipis, biasanya 3 sampai 4 kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter atau kertas petunjuk di kemasan obat.

Hindari penggunaan obat ini pada mata, hidung, atau mulut. Jika ini terjadi, bersihkan obat dan bilas dengan air. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk membantu Anda ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari. Jangan menggunakan obat ini dalam jumlah besar, menggunakannya lebih sering, atau menggunakannya selama lebih dari yang diarahkan.

Jangan menggunakan produk ini selama lebih dari 2 minggu kecuali diarahkan oleh dokter Anda. Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Bioplacenton?

Simpan Bioplacenton dalam suhu ruangan antara 15-30° C. Jauhkan semua obat-obatan dari paparan sinar matahari langsung, juga dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                         

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Bioplacenton untuk luka bakar?

Obat salep ini umumnya dioleskan setidaknya 4-6 kali sehari pada luka bakar atau luka di kulit secara tipis-tipis.

Dalam sediaan apa obat ini tersedia?

Obat ini tersedia dalam sediaan kemasan tabung 15 gram

Efek Samping

Apa efek samping Bioplacenton?

Obat ini biasanya tidak memiliki efek samping. Jika Anda memiliki efek yang tidak biasa, hubungi dokter atau apoteker segera.

Penggunaan obat ini untuk waktu yang lama atau berulang-ulang dapat mengakibatkan jenis infeksi kulit lain (seperti infeksi jamur atau infeksi bakteri lainnya), namun jarang terjadi. Hubungi dokter Anda jika Anda melihat gejala pada kulit yang tidak biasa atau jika kondisi Anda tidak membaik.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, dapatkan bantuan medis segera jika Anda melihat gejala-gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal atau bengkak di wajah atau tenggorokan, pusing berat, kesulitan bernapas.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan dan Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Bioplacenton?

Sebelum menggunakan Bioplacenton, beri tahu dokter jika Anda:

  • Alergi terhadap Bioplacenton, seng, obat lain, atau bahan lain dalam salep bioplacenton.
  • Sedang menggunakan obat resep dan nonresep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan, atau yang akan Anda gunakan. Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau memantau Anda dengan hati-hati untuk adanya efek samping.
  • Sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan bioplacenton, hubungi dokter Anda

Apakah Bioplacenton aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaat dengan dokter Anda.

Tidak diketahui apakah obat ini masuk ke dalam ASI. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum penggunaan. Studi pada wanita menunjukkan bahwa obat ini menimbulkan risiko yang minimal untuk bayi bila digunakan selama menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Bioplacenton?

Efek dari beberapa obat dapat berubah jika Anda menggunakan obat lain atau produk herbal pada waktu yang sama. Hal ini dapat meningkatkan risiko efek samping yang serius atau dapat menyebabkan obat Anda tidak bekerja dengan benar. interaksi obat ini mungkin terjadi, tetapi tidak selalu terjadi. Dokter atau apoteker dapat mencegah atau mengelola interaksi dengan mengubah cara Anda menggunakan obat atau dengan pemantauan ketat.

Untuk membantu dokter dan apoteker memberikan perawatan yang terbaik, pastikan untuk memberitahu dokter dan apoteker tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal) sebelum memulai pengobatan dengan produk ini. Selama menggunakan produk ini, jangan mulai, berhenti, atau mengubah dosis obat lain yang Anda gunakan tanpa persetujuan dokter Anda.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan. Beritahu daftar ini dengan dokter dan apoteker untuk mengurangi risiko Anda dari masalah pengobatan serius.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Bioplacenton?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Bioplacenton?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 29, 2019 | Terakhir Diedit: Januari 29, 2019

Yang juga perlu Anda baca