Betadine obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Betadine Merek: Betadine.

Kegunaan

Untuk apa obat Betadine digunakan?

Betadine adalah obat untuk membersihkan luka akibat cedera pada kulit. Misalnya luka gores, luka tusuk ringan, luka robek ringan, luka lecet, dan luka bakar ringan. Betadine adalah obat antiseptik yang juga dikenal dengan nama “obat merah” karena cairan obatnya berwarna merah.

Betadine mengandung zat aktif povidone iodine yang bekerja membunuh bakteri pada luka.

Cara pakai

Bagaimana cara pakai Betadine?

Sebelum mengoles obat merah, bersikan area luka terlebih dahulu dengan air bersih. Setelah itu, oleskan Betadine dengan cotton bud langsung pada luka. Biarkan sampai obat merah agak sedikit mengering kemudian tutup luka dengan plester atau perban kasa steril. Menutup luka menjaga agar area kulit yang luka tetap lembap sehingga proses penyembuhannya lebih cepat.

Obat ini hanya digunakan pada kulit.  Hindari mengoleskan krim ini ke mata atau bagian dalam hidung atau mulut Anda. Jika Anda mata atau hidung kemasukan merah, siram dengan banyak air.

Ikuti semua petunjuk kemasan di dalam produk, atau gunakan sesuai arahan dokter.

Sebelum menggunakan obat ini, tes dulu dengan cara mengoleskan sedikit obat ke kulit punggung tangan. Tunggu reaksi sekitar 24 jam. Gunakan sesuai dosis jika kulit tidak menunjukkan reaksi alergi. Namun apabila area kulit yang dites terasa gatal, merah, bengkak, atau melepuh, jangan gunakan produk ini dan hubungi dokter Anda.

Bagaimana cara menyimpan Betadine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Berapa dosis Betadine untuk dewasa?

Oleskan obat merah tipis-tips ke area kulit yang luka dengan cotton bud, kemudian tutup luka dengan plester atau perban kain kasa.

Pakai Betadine sehari sekali atau bisa juga diulang beberapa kali sehari sesuai kebutuhan hingga luka sembuh. Jangan lupa untuk membersihkan luka lagi setiap kali sebelum mengulang pakai Betadine, juga ganti plester dengan yang baru setiap kali habis mengoles obat merah.

Jika Anda diresepkan obat ini oleh dokter, ikuti petunjuk cara pakainya yang sudah diarahkan ketika konsultasi.

Berapa dosis Betadine untuk anak-anak?

Oleskan obat merah tipis-tips ke area kulit yang luka dengan cotton bud, kemudian tutup luka dengan plester atau perban kain kasa.

Pakai Betadine sehari sekali atau bisa juga diulang beberapa kali sehari sesuai kebutuhan hingga luka sembuh. Jangan lupa untuk membersihkan lukanya lagi setiap kali sebelum mengulang pakai Betadine, juga ganti plester dengan yang baru setiap kali habis mengoles obat merah.

Jika diresepkan obat ini oleh dokter, ikuti petunjuk cara pakainya yang sudah diarahkan ketika konsultasi.

Dalam dosis dan sediaan apa  Betadine tersedia?

Obat ini tersedia dalam sediaan cair 15 ml.

Efek Samping

Apa efek samping Betadine yang mungkin terjadi?

Tidak semua orang mengalami efek samping saat menggunakan obat ini. Mungkin juga ada beberapa efek samping yang belum disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan dan Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Betadine?

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter Anda tentang daftar obat saat ini, produk bebas (misalnya vitamin, suplemen herbal, dll.),

Beri tahu juga kondisi seperti alergi atau penyakit yang pernah atau Anda alami saat ini (misalnya kehamilan, pembedahan yang akan datang, dll.). Beberapa kondisi kesehatan mungkin membuat Anda lebih rentan terhadap efek samping obat.

Ambil dosis sesuai arahan dokter Anda atau ikuti arahan yang tercetak pada sisipan produk. Dosis didasarkan pada kondisi Anda. Beritahu dokter jika kondisi Anda tidak berubah atau menjadi lebih buruk.

Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat ini pada luka terbuka, kering, pecah-pecah, iritasi, atau kulit terbakar matahari. Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah menggunakan Betadine.

Bersihkan dan keringkan area kulit yang akan dirawat. Jangan mencuci daerah yang dirawat setelah segera dioleskan Betadine.  Hindari juga penggunaan produk lain pada area tubuh lain kecuali diarahkan oleh dokter Anda.

Apakah Betadine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak diketahui apakah obat ini aman untuk ibu hamil dan menyusui. Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apapun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Betadine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep atau nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Makanan dan minuman apa yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Betadine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter Anda.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada situasi gawat darurat atau overdosis, hubungi nomor darurat lokal (119 atau 118) atau segera larikan ke rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum sesegera mungkin saat Anda ingat. Namun, jika Anda baru ingat setelah sudah waktunya untuk dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupa, dan lanjutkan pemakaian sesuai jadwal. Jangan gunakan obat ini dengan dosis dobel.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 2, 2019 | Terakhir Diedit: Februari 18, 2019

Yang juga perlu Anda baca