Nama Generik: Aspir 81 Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Apa fungsi Aspir 81?

Aspir 81 adalah obat yang biasa digunakan untuk menangani rasa sakit, dan menurunkan demam atau peradangan. Dapat juga digunakan untuk pencegahan utama dari kelainan thromboembolic dan kardiovaskular, seperti: ischemic stroke, transient ischemic attack, acute myocardial infarction, mencegah stroke kambuh, angina pectoris tidak stabil, angina pectoris stabil kronis.

Selain itu, Aspir 81 juga digunakan untuk pencegahan kedua dari penyakit kardiovaskular pada individu dengan diabetes mellitus terutama pada subgroup berikut: sejarah infarksi myocardial, prosedur bypass vascular, serangan stroke atau transient ischemic, dan angina. Juga digunakan pada individu dengan faktor risiko tambahan: hipertensi, merokok, dyslipidemia, dan sejarah penyakit kardiovaskular keluarga.

Jika Anda baru mengalami operasi pada arteri yang tersumbat (seperti operasi bypass, carotid endarterectomy, coronary stent), dokter Anda mungkin akan menyarankan Anda untuk menggunakan aspirin pada dosis rendah sebagai pengencer darah untuk mencegah gumpalan darah.

Aspir 81 dapat diresepkan untuk kegunaan lain: tanyakan pada dokter atau apoteker Anda untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana cara pakai Aspir 81?

Tersedia dalam bentuk tablet untuk dikonsumsi melalui mulut, dengan atau tanpa makanan, telan tablet dengan segelas air.

Jangan mengunyah, menghancurkan, atau menggigit tablet salut selaput.

Tanyakan dokter pertanyaan apapun yang ingin Anda ketahui tentang bagaimana mengkonsumsi obat ini.

Bagaimana cara menyimpan Aspir 81?

Aspir 81 paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Aspir 81?

onsultasikan pada dokter atau apoteker apabila:

  • Anda hamil atau menyusui. Hal ini dikarenakan, ketika Anda sedang mengharapkan atau memberi makan bayi, Anda hanya boleh mengkonsumsi obat yang direkomendasikan dokter.
  • Anda mengkonsumsi obat-obatan lain. Termasuk juga obat yang dapat dibeli tanpa resep, seperti herbal dan obat tambahan.
  • Anda memiliki alergi terhadap bahan-bahan aktif atau non aktif dari Aspir 81 atau pengobatan lain.
  • Anda pernah mengalami perdarahan perut atau intestinal: penyakit liver, penyakit ginjal, encok, atau penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau gagal jantung kongestif: kelainan perdarahan seperti hemophilia, atau serangan asma atau reaksi alergi parah setelah mengkonsumsi aspirin atau NSAID seperti Advil, Motrin, Aleve, Orudis, Indocin, Lodine, Voltaren, Toradol, Mobic, Relafen, Feldene, dan lainnya.

Aspir 81 tidak boleh diberikan pada anak-anak atau remaja yang sedang demam, terutama jika anak tersebut memiliki gejala flu atau cacar. Aspir 81 dapat menyebabkan kondisi serius ataupun fatal yang disebut Reye’s sindrom pada anak-anak.

Apakah Aspir 81 aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D pada trimester ke 3 menurut US Food and Drug Administration (FDA).

Kategori risiko kehamilan menurut FDA:

  • A = Tidak berisiko,
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C = Mungkin berisiko,
  • D = Ada bukti positif dari risiko,
  • X = Kontraindikasi,
  • N = Tidak diketahui:

Aspir 81 dan metabolitnya dapat diserat air susu ibu pada kuantitas kecil. Karena tidak adanya efek merugikan pada bayi setelah diobservasi setelah penggunaan, interupsi saat menyusui biasanya tidak diperlukan. Bagaimanapun, pada penggunaan regular atau dosis tinggi, menyusui harus dihentikan secepatnya.

Selalu konsultasikan pada dokter Anda terlebih dahulu tentang penggunaan Aspir 81 jika Anda hamil atau menyusui.

Efek Samping

Apa efek samping Aspir 81 yang mungkin terjadi?

Daftar ini bukan merupakan daftar lengkap dari efek samping yang dapat muncul. Hubungi dokter Anda untuk nasihat medis tentang efek samping.

Aspir 81 dapat menyebabkan efek samping seperti:

  • Tanda reaksi alergi: gatal; kesulitan bernafas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
  • Tinja yang hitam, berdarah, atau lunak
  • Batuk darah atau muntah seperti ampas kopi
  • Mual, muntah, atau sakit perut parah
  • Demam selama lebih dari 3 hari
  • Masalah pendengaran, kuping berdenging

Efek samping yang tidak terlalu serius seperti:

  • Sakit perut, maag
  • Kantuk
  • Sakit kepala

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Aspir 81?

Aspir 81 dapat bereaksi dengan obat lain yang sedang Anda konsumsi, yang dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan resiko efek samping serius. Agar terhindar dari reaksi obat apapun, Anda harus menyimpan daftar dari seluruh obat yang Anda konsumsi (termasuk obat resep dan non-resep dan produk herbal) dan beritahukan kepada dokter dan apoteker Anda. Demi keamanan Anda jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis dari obat tanpa persetujuan dokter.

Produk ini dapat berinteraksi dengan Aspir 81:

  • Mifepristone
  • Acetazolamide
  • Pengencer darah (seperti warfarin, heparin)
  • Corticosteroid (seperti prednisone), methotrexate, valproic acid
  • Pengobatan herbal seperti ginko biloba

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Aspir 81?

Aspir 81 dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol dengan mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Diskusikan dengan dokter atau apoteker Anda tentang makanan atau alkohol yang berpotensi menimbulkan interaksi obat.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Aspir 81.

Berapa dosis Aspir 81 untuk orang dewasa??

Ischemic stroke, transient ischemic attack:

  • Dosis awal: 50-325 mg sekali sehari
  • Dosis perawatan: melanjutkan terapi

Infarksi myocardial akut:

  • Dosis awal: 160 mg sesegera setelah infarksi myocardial akut terdeteksi
  • Dosis perawatan: 160 mg per hari untuk 30 hari setelah infarksi myocardial akut. Setelah 30 hari, pertimbangkan terapi lebih lanjut bergantung pada pencegahan dari kambuhnya infarksi myocardial akut.

Pencegahan dari kambuhnya MI, angina pectoris tidak stabil dan angina pectoris stabil akut, pencegahan utama dan sekunder dari kardiovaskular pada pasien dengan tipe 1 atau tipe 2

Diabetes mellitus:

  • Dosis awal: 75-325 mg sekali sehari
  • Dosis perawatan: lanjutkan terapi

Coronary Artery Bypass Graft (CABG):

  • Dosis awal: 325 mg sekali sehari mulai dari 6 jam sesudah prosedur
  • Dosis perawatan: lanjutkan terapi selama 1 tahun setelah prosedur

Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA):

  • Dosis awal: 325 mg diberikan 2 jam sebelum angioplasty
  • Dosis perawatan: 160-325 mg sekali sehari. Lanjutkan dengan terapi.

Carotid Endarterectomy:

  • Dosis awal: 80 mg sekali sehari hingga 650 mg dua kali sehari, mulai dari sebelum operasi
  • Dosis perawatan: lanjutkan terapi

Pencegahan dari komplikasi kehamilan: Pregnancy-Induced Hypertension, Preeclampsia, Intrauterine Growth Retardation, kehamilan dengan kondisi tertentu (seperti, SLE, Positive Cardiolipin Antibody Test):

Dosis perawatan: 80 mg per hari mulai dari minggu ke 13-26 dari gestasi.

Berapa dosis Aspir 81 untuk anak?

Dosis untuk anak belum ditentukan. Mungkin dapat menjadi bahaya untuk anak Anda. Sangatlah penting untuk selalu mengetahui keamanan obat sebelum mengkonsumsi. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam bentuk apa saja Aspir 81 tersedia?

Aspir 81 mg tersedia dalam bentuk format tablet bersalut.

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Sangatlah penting untuk membawa daftar tertulis dari semua resep obat dan non resep yang sedang Anda konsumsi pada saat darurat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis Aspir 81, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan