Apa itu Amcinonide?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Amcinonide Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa obat Amcinonide?

Amcinonide adalah obat untuk mengobati beragam kondisi kulit seperti eksim, dermatitis, alergi, dan ruam. Amcinonide mengurangi bengkak, gatal, dan merah yang dapat muncul pada jenis-jenis kondisi ini. Obat ini adalah corticosteroid kuat.

Bagaimana aturan pakai Amcinonide?

Gunakan obat ini hanya di atas kulit. Namun, jangan menggunakannya pada wajah, selangkangan, atau ketika jika tidak disuruh oleh dokter.

Cuci dan keringkan tangan. Sebelum mengoleskan obat, bersihkan dan keringkan area yang terkena. Jika Anda sedang menggunakan lotion, kocok botol dengan baik sebelum penggunaan. Oleskan obat tipis-tipis di area yang terkena dan gosok dengan lembut, biasanya 2-3 kali sehari atau sesuai dengan arahan dokter. Jangan menutup atau membalut area kalau tidak disuruh oleh dokter. Jika digunakan pada area popok pada bayi, jangan memakai popok ketat atau celana plastik.

Setelah mengoleskan obat, cuci tangan bila Anda tidak menggunakan obat ini di tangan. Ketika mengoleskan obat di dekat mata, jangan sampai mata terkena karena mungkin memperparah atau menyebabkan glukoma. Selain itu, hindari obat sampai masuk ke dalam hidung atau mulut. Jika sampai terkena, cuci dengan air sebanyak mungkin.

Gunakan obat ini hanya untuk kondisi di dalam resep dokter. Jangan menggunakan obat lebih lama dari yang diresepkan.

Beritahu dokter apabila kondisi tidak kunjung membaik atau semakin memburuk setelah 2 minggu.

Bagaimana cara menyimpan Amcinonide?

Simpan obat pada suhu ruangan jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di dalam kamar mandi dan membekukan obat. Obat dengan merek yang berbeda-beda mungkin mempunyai cara menyimpan yang berbeda. Periksa kotak produk untuk mencari tahu instruksi bagaimana cara menyimpannya, atau menanyakan apoteker. Jauhi obat dari anak-anak dan binatang peliharaan.

Dilarang mengguyur obat di dalam toilet atau membuangnya ke dalam saluran pembuangan jika tidak disuruh. Buang produk ini dengan benar jika sudah melewati batas waktu atau tidak dibutuhkan lagi. Konsultasi dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal untuk detail lebih mendalam tentang bagaimana membuang produk dengan aman.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Amcinonide untuk orang dewasa?

Krim dan salep: Oleskan tipis-tipis di area yang terkena 2-3 kali sehari tergantung keparahan kondisi.

Untuk pengobatan psoriasis atau dermatitis kebal, amcinonide mungkin digunakan dengan occlusive dressing.

Lotion: Oleskan di area yang terkena dua kali sehari.

Bagaimana dosis Amcinonide untuk anak?

Krim dan salep: Oleskan tipis-tipis di area yang terkena 2-3 kali sehari tergantung keparahan kondisi.

Untuk pengobatan psoriasis atau dermatitis kebal, amcinonide mungkin digunakan dengan occlusive dressing.

Lotion: Oleskan di area yang terkena dua kali sehari.

Dalam dosis dan sediaan apakah Amcinonide tersedia?

Amcinonide tersedia dalam sediaan krim topikal.

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Amcinonide?

Dapatkan pertolongan medis darurat apabila Anda memiliki tanda reaksi alergi: gatal-gatal sulit bernapas bengkak pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan obat ini dan hubungi dokter segera jika Anda mengalami iritasi parah pada kulit yang diobati, atau Anda menunjukkan tanda-tanda penyerapan amcinonide topikal sepanjang kulit, yaitu:

  • Penglihatan buram, atau melihat halo di sekitar cahaya
  • Perubahan suasana hati
  • Gangguan tidur (insomnia)
  • Kenaikan berat badan, wajah bengkak atau
  • Lemah otot, merasa lelah.

Efek samping yang lebih ringan mungkin termasuk:

  • Ruam ringan, gatal, kulit terbakar, memerah, atau kering
  • Kulit menipis atau melunak
  • Ruam atau iritasi di sekitar mulut
  • Perubahan warna pada kulit yang diobati
  • Kulit yang diobati melepuh, jerawatan, atau mengeras atau
  • Stretch mark.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda mengalami kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Amcinonide?

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter dan apoteker:

  • Jika Anda alergi amcinonide atau obat-obatan lainnya
  • Obat resep dan tanpa resep yang sedang Anda gunakan, termasuk vitamin
  • Jika Anda hamil, berencana hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil saat sedang menggunakan amcinonide, hubungi dokter.

Apakah Amcinonide aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan pada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C (A= Tidak berisiko, B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C= Mungkin berisiko, D= Ada bukti positif dari risiko, X= Kontraindikasi, N= Tidak diketahui).

Amcinonide topikal dapat masuk ke dalam ASI dan mungkin membahayakan bayi. Anda tidak boleh menyusui saat sedang menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Amcinonide?

Interaksi obat mungkin mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Dokumen ini tidak berisikan semua kemungkinan interaksi obat-obatan. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/tanpa resep dan produk herbal) serta beritahu dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Amcinonide?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan profesional mengenai penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau tembakau.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Amcinonide?

Adanya gangguan medis lain mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda mengalami gangguan medis lain, terlebih:

  • Sindrom Cushing (kelainan kelenjar adrenal) atau
  • Diabetes atau
  • Hyperglycemia (gula darah tinggi) atau
  • Hipertensi intracranial (tekanan meningkat di dalam kepala)—gunakan dengan hati-hati. Mungkin memperparah kondisi ini.
  • Infeksi kulit atau di dekat tempat pengolesan atau
  • Kulit terasa sakit luar biasa, rusak, atau luka parah pada tempat pengolesan—peluang efek samping mungkin meningkat.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Overdosis amcinonide topikal tidak dianggap menyebabkan gejala yang mengancam nyawa. Namun, penggunaan dosis steroid tinggi jangka panjang mampu mengakibatkan gejala-gejala seperti kulit menipis, mudah memar, perubahan bentuk atau lokasi lemak tubuh (terutama pada wajah, leher, punggung, dan pinggang), jerawat atau rambut wajah bertambah, gangguan menstruasi, impotensi, atau kehilangan nafsu seks.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 14, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 14, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan