Apa itu Aluminium Hydroxide?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Nama Generik: Aluminium Hidroksida (Alumunium Hydroxide) Merek: Aluminium Hydroxide, aluminium hidroksida / aluminium hydroxide, Aluminium Hydroxide, Aluminium Hidroksida (Alumunium Hydroxide) dan Aluminium Hidroksida (Alumunium Hydroxide).

Penggunaan

Apa fungsi aluminium hidroksida?

Aluminium hidroksida atau aluminium hydroxide merupakan mineral alami yang termasuk ke dalam golongan obat antasida. Alumunium hidroksida adalah obat yang digunakan untuk mengobati gejala akibat asam lambung naik, seperti mulas, sakit perut, atau gangguan pencernaan.

Obat ini mampu bekerja dengan cepat untuk menurunkan asam dalam lambung. Dalam penggunaannya, alumunium hidroksida bisa juga dikombinasikan dengan obat lain supaya menurunkan produksi asam lambung, seperti cimetidine, ranitidine, dan omeprazole.

Aluminium hidroksida juga dapat digunakan untuk tujuan lain yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan, misalnya saja mengurangi kadar fosfat pada orang yang memiliki masalah kesehatan pada ginjal.

Bagaimana cara menggunakan aluminium hidroksida?

Anda bisa mengonsumsi obat ini diantara waktu makan atau sebelum tidur. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda.

Jika Anda minum obat ini dalam betuk cair, jangan lupa untuk kocok dulu botol obatnya sebelum Anda menakar dosis. Untuk memastikan Anda mendapatkan dosis yang benar, pakai sendok takar yang telah disediakan, jangan gunakan sendok biasa. 

Minum obat ini dengan segelas penuh air. Jangan minum aluminium hidroksida selama lebih dari dua minggu tanpa saran dokter Anda.

Aluminium hidroksida dapat membuat Anda kesulitan untuk menyerap obat lain, oleh sebab itu hindari penggunaan obat lain dua jam sebelum dan sesudahAnda mengonsumsi aluminium hydroxide.

Maka itu, Anda mesti menggunakan obat ini persis sesuai instruksi pemakaian yang tercantum pada label kemasan, atau persis seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Jangan menggandakan dosis atau mengonsumsinya lebih lama dari yang direkomendasikan.

Bagaimana cara menyimpan aluminium hidroksida?

Obat ini sebaiknya disimpan pada suhu ruangan dan diajuhkan dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan pula dari tempat yang lembap sehingga jangan disimpan di dalam kamar mandi dan jangan pula dibekukan.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis aluminium hidroksida untuk orang dewasa?

Dosis dewasa untuk gangguan pencernaan (dispepsia)

640 miligram (mg), oral 5-6 kali sehari sesuai kebutuhan setelah makan dan sebelum tidur. Dosis maksimum hariannya adalah 3840 mg dan digunakan hingga dua minggu.

Sebelum menggunakan aluminium hydroxide, Anda harus mengocok botol terlebih dahulu dan minumlah dengan air jika Anda membutuhkannya.

Dosis dewasa untuk tukak lambung

Untuk pengobatan yang cukup serius:  320 mg, oral setiap jam.

Untuk pengobatan jangka panjang: 640 mg oral, satu dan tiga jam setelah makan dan sebelum tidur.

Untuk pengobatan biasa: 640 mg oral, satu dan tiga jam setelah makan dan sebelum tidur.

Lama waktu pengobatan adalah empat hingga enam minggu hingga Anda sembuh total.

Penyakit tukak lambung yang muncul secara berulang: 640 mg oral, satu hingga tiga jam setelah makan dan sebelum tidur, dilakukan selama satu minggu.

Dosis dewasa untuk esofagitis erosif

Untuk pengobatan esofagitis erosif yang cukup serius:  320 mg, oral setiap jam.

Untuk pengobatan jangka panjang: 640 mg oral, satu dan tiga jam setelah makan dan sebelum tidur.

Untuk pengobatan biasa: 640 mg oral, satu dan tiga jam setelah makan dan sebelum tidur.

Lama waktu pengobatan adalah empat hingga enam minggu hingga Anda sembuh total.

Penyakit yang muncul secara berulang: 640 mg oral, satu hingga tiga jam setelah makan dan sebelum tidur, dilakukan selama satu minggu.

Dosis dewasa untuk penyakit asam lambung

Untuk pengobatan refluks asam lambung yang cukup serius: 320 mg, oral setiap jam.

Untuk pengobatan refluks asam lambung jangka panjang: 640 mg oral, satu dan tiga jam setelah makan dan sebelum tidur.

Untuk asam lambung biasa: 640 mg oral, satu dan tiga jam setelah makan dan sebelum tidur.

Lama waktu pengobatan adalah empat hingga enam minggu hingga Anda sembuh total.

Asam lambung yang berulang: 640 mg oral, satu hingga tiga jam setelah makan dan sebelum tidur, dilakukan selama satu minggu.

Dosis dewasa untuk hiperfosfatemia

Dosis yang digunakan untuk hiperfosfatemia adalah 1920 hingga 2560 mg oral sebanyak  3 hingga 4 kali sehari. Disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

Dosis dewasa untuk profilaksis bedah

Dosis yang digunakan untuk profilaksis bedah adalah 640 mg oral, 30 menit sebelum anestesi.

Dosis dewasa untuk perdarahan gastrointestinal

Dosis yang digunakan untuk perdarahan gastrointestinal adalah 640 mg oral, diminum  5 hingga 6 kali setiap hari sesuai kebutuhan setelah makan dan sebelum tidur. Dosis maksimum hariannya 3840 mg dan dapat dilakukan hingga dua minggu berturut-turut.

Bagaimana dosis aluminium hidroksida untuk anak-anak?

Dosis untuk masih belum diketahui dengan pasti. Konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan aluminium hidroksida untuk anak-anak.

Dalam dosis apakah aluminium hidroksida tersedia?

Tablet, sirup, dan suspensi. 

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena aluminium hidroksida ?

Segera hentikan penggunaan dan periksa ke dokter jika Anda mengalami tanda-tanda alergi seperti:

  • Mual, muntah
  • Berkeringat
  • Gatal-gatal
  • Kesulitan bernapa
  • Pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan
  • Merasa seperti Anda akan pingsan.

Efek samping yang paling mungkin terjadi saat minum obat ini adalah sembelit. Namun, jika Anda menggunakan aluminium hidroksida yang mengandung magnesium, maka efek samping tersebut mungkin tidak terjadi.

Namun, jika sembelit tetap terjadi, sebaiknya perbanyak mengonsumsi air mineral dan berolahraga. Selain itu konsultasikan kepada dokter mengenai jenis aluminium hidroksida lainnya yang lebihcocok untuk Anda, serta obat pencahat yang dapat mengurangi konstipasi.

Selain itu, bila alumunium hidroksida ini diminum dalam jangka waktu lama dan dosis tinggi, maka dapat membuat kadar fosfat menurun. Kondisi ini pun akan menimbulkan efek samping seperti:

  • Selera makan
  • Rasa lelah yang berlebihan
  • Otot yang terasa lemas

Segera beritahukan dokter jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut.

Sedangkan ada beberapa efek samping yag cukup serius, meskipun jarang terjadi Anda harus waspada dengan gejala berikut:

  • Feses berwarna gelap
  • Suasana hati berubah, seperti mudah bingung
  • Tidur dalam jangka waktu yang lama
  • Sakit saat buang air kecil
  • Muntah yang berwarna gelap
  • Sakit perut yang serius

Tidak semua orang yang mengonsumsi aluminium hydroxide mengalami efek samping yang telah disebutkan. Ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi tapi tidak disebutkan pada artikel ini.

Jika Anda mengkhawatirkan kondisi kesehatan tertentu, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter atau apoteker Anda. Efek samping yang kurang serius lebih umum terjadi dan Anda mungkin tidak mengalami efek samping sama sekali.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan aluminium hidroksida?

Sebelum menggunakan aluminium hidroksida (alumunium hydroxide), sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini: 

  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal seperti batu ginjal
  • Beri tahu dokter jika Anda sering mengonsumsi alkohol
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengalami dehidrasi
  • Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap aluminium hydroxide atau obat-obatan lain
  • Beri tahu dokter dan apoteker tentang obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau yang akan digunakan
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan aluminium hidroksida, hubungi dokter Anda

Apakah aluminium hidroksida aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori N menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

  •      A= Tidak berisiko
  •      B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  •      C= Mungkin berisiko
  •      D= Ada bukti positif dari risiko
  •      X= Kontraindikasi
  •      N= Tidak diketahui

Meski demikian, selalu konsultasikan kepada dokter mengenai penggunaan aluminium hydroxide saat Anda sedang hamil atau sedang menyusui, karena obat ini bisa sampai pada bayi Anda melalui proses menyusui.

Interaksi

Obat lain apa yang mungkin berinteraksi dengan aluminium hidroksida?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam artikel ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Aluminium hidroksida dapat berinteraksi dengan 382 jenis obat, dan yang paling sering berinteraksi adalah:

  • Acetylsalicylic Acid (aspirin)
  • allopurinol (Zyloprim, Aloprim, Lopurin)
  • Augmentin (amoxicillin / clavulanate)
  • Benadryl (diphenhydramine)
  • Cipro (ciprofloxacin)
  • Ginkgo Biloba (ginkgo)
  • Glucosamine & Chondroitin with MSM (chondroitin / glucosamine / methylsulfonylmethane)
  • Lasix (furosemide)
  • magnesium carbonate (Dewees Carminative, Magonate, Mag-Carb)
  • magnesium hydroxide (Milk of Magnesia, Phillips’ Milk of Magnesia, Dulcolax Milk of Magnesia, Ex-Lax Milk of Magnesia, Pedia-Lax Chewable Tablets)
  • MiraLax (polyethylene glycol 3350)
  • Nexium (esomeprazole)
  • Paracetamol (acetaminophen)
  • Pepcid (famotidine)
  • Plavix (clopidogrel)
  • simethicone (Gas-X, Mylicon, Phazyme, Mylanta Gas, Mylanta Gas Maximum Strength, Bicarsim)
  • Tylenol (acetaminophen)
  • Vitamin B Complex 100 (multivitamin)
  • Vitamin B1 (thiamine)
  • Vitamin B12 (cyanocobalamin)
  • Vitamin B6 (pyridoxine)
  • Vitamin C (ascorbic acid)
  • Vitamin D3 (cholecalciferol)
  • Zofran (ondansetron)

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan aluminium hidroksida?

Asam sitrat dapat meningkatkan tingkat penyerapan dari aluminium hydroxide. Hal ini dapat meningkatkan kadar aluminium dalam darah. Jika hal tersebut terjadi, fungsi ginjal dapat menurun karena membuat ginjal bekerja lebih keras untuk mengurangi kadar aluminium.

Aluminium hydroxide dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan masalah pada jaringan tulang, otak, jantung, hati, otot dan limpa.  Secara bertahap, pengeroposan tulang, masalah otak, dan anemia dapat muncul dan berkembang.

Oleh sebab itu, hindari makanan dan minuman yang mengandung asam sitrat saat sedang mengonsumsi aluminium hidroksida untuk menghindari masalah-masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan bahan-bahan yang terdapat dalam obat, karena beberapa obat juga mengandung asam sitrat sehingga penggunaannya juga harus dibatasi agar tidak terjadi interaksi antara asam sitrat dengan obat ini.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan aluminium hidroksida?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahu dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti:

  • Penyakit ginjal, seperti riwayat batu ginjal
  • Sembelit parah

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis dari penggunaan aluminium hidroksida, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat di rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis yang mungkin terjadi dari aluminium hidroksida mungkin termasuk sembelit parah, penurunan berat badan, kebingungan, perubahan mood, atau buang air kecil kurang dari biasanya atau tidak sama sekali.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Aluminium hydroxide hanya digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda, sehingga Anda bisa saja tidak terikat dengan waktu untuk mengonsumsinya. Namun, jika Anda harus mengonsumsinya secara rutin, usahakan untuk mengonsumsinya dengan aturan waktu yang tepat.

Apabila Anda melupakan satu dosis dari aluminium hydroxide, segera minum dosis tersebut. Namun, bila sudah mendekati waktu untuk mengonsumsi dosis berikutnya dari obat ini, lewati dosis yang telah terlupa.

Konsumsi obat ini dalam waktu yang sama setiap harinya. Jangan memaksakan diri untuk meminum dosis yang terlupa di waktu yang sama dengan dosis berikutnya. Menggandakan dosis dapat membahayakan kondisi kesehatan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan. 

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Juni 11, 2019

Yang juga perlu Anda baca