Sakit gigi pastinya sangat mengganggu Anda, rasanya bisa sakit sekali. Apalagi, jika sakit gigi terjadi saat hamil. Mungkin Anda akan buru-buru mengambil obat untuk meredakan sakitnya. Eits.. tapi tunggu dulu, ingat Anda sedang hamil. Jadi, tidak sembarang obat sakit gigi bisa Anda gunakan. Salah-salah, mungkin obat yang Anda minum bisa membahayakan janin Anda. Lalu, apa saja obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman?

Obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman

Tidak semua obat aman diminum saat hamil. Minum obat-obatan saat hamil bisa membahayakan janin Anda, bahkan bisa menyebabkan keguguran. Namun, jika Anda sakit saat hamil, sakit gigi misalnya, minum obat mungkin tidak dapat dihindari. Sehingga, Anda perlu mengenali obat-obatan apa saja yang aman Anda konsumsi saat hamil.

Sakit gigi umum terjadi saat hamil. Hal ini bisa disebabkan karena perubahan hormon pada ibu hamil. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakanĀ obat acetaminophen (paracetamol).

Acetaminophen adalah obat pereda nyeri yang dapat meredakan sakit gigi, pusing, dan mengurangi demam. Penggunaan obat ini termasuk aman digunakan saat hamil, jika Anda mengonsumsinya sesuai anjuran. Biasakan untuk membaca aturan pakai terlebih dahulu, perhatikan dosis penggunaan.

Obat sakit gigi yang sebaiknya dihindari ibu hamil

Obat sakit gigi untuk ibu hamil yang sebaiknya dihindari adalah aspirin dan ibuprofen, yang termasuk dalam obat golongan nonsteroid anti-inflamasi (NSAID). American Pregnancy Association telah memperingatkan untuk tidak menggunakan obat-obatan tersebut saat hamil.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aspirin dan ibuprofen saat hamil berhubungan dengan risiko bayi cacat lahir. Bahkan, penggunaan ibuprofen selama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran. Konsumsi obat-obatan NSAID selama kehamilan juga dikaitkan dengan penutupan dini duktus arteriosus, keracunan ginjal pada janin, dan menghambat persalinan.

Cara lain untuk mengobatiĀ sakit gigi saat hamil

Usaha lain yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit gigi saat hamil, selain minum obat, adalah:

  • Berkumur dengan air hangat. Hal ini dapat membantu menenangkan rasa sakit Anda dan mungkin juga dapat menghilangkan partikel yang menempel di antara gigi. Air hangat yang ditambahkan dengan garam (1/2 sdt garam dalam 1 gelas air hangat) juga dapat membantu membunuh kuman-kuman di mulut.
  • Kompres dengan es batu. Es batu dapat membuat saraf Anda mati rasa sehingga Anda tidak merasakan sakit. Hal ini dapat membantu meringankan rasa sakit gigi Anda sementara. Caranya, ambil es batu dan bungkus dengan kain tipis, kemudian tempelkan langsung pada daerah yang sakit.
  • Gunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh dapat Anda gunakan selama kehamilan untuk meredakan sakit gigi. Cengkeh dapat menjadi antiseptik yang meringankan rasa sakit sementara. Tuangkan minyak cengkeh pada kapas dan oleskan langsung pada bagian gigi yang sakit.
  • Gunakan bawang putih. Bawang putih mengandung allicin, agen antibiotik yang dapat melawan bakteri penyebab infeksi pada gigi. Anda bisa menggunakan bawang putih untuk meredakan sakit gigi dengan cara meletakkan bawang putih yang telah dihancurkan pada gigi yang sakit atau mengunyah langsung sepotong bawang putih.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca