1. Definisi

Apa itu nyeri gigitan serangga?

Gigitan lalat, lalat rusa, lalat pasir, agas, semut api, semut pemanen, serangga berhidung kerucut, kumbang blister, dan lipan biasanya menyebabkan nyeri dan benjolan merah (terkadang terasa panas). Dalam beberapa jam, gigitan semut api  akan berubah menjadi lecet menggembung atau bintik-bintik.

Apa saja tanda dan gejalanya?

Gejala yang muncul akibat gigitan serangga merupakan hasil dari injeksi racun atau zat lain dari serangga ke dalam kulit Anda. Keparahannya tergantung pada sistem kekebalan tubuh seseorang dan kepekaan terhadap racun serangga. Kebanyakan orang tidak memunculkan reaksi yang serius, bahkan jika mereka memiliki riwayat alergi atau asma. Namun orang-orang ini memiliki risiko reaksi yang lebih serius terhadap sengatan serangga. Lebah, serangga jaket kuning, tawon, lebah, dan semut api dapat menyebabkan reaksi anafilaksis. Anda biasanya pernah disengat sebelumnya jika reaksi anafilaksis muncul.

Reaksi ringan biasanya berupa gatal atau sensasi menyengat, dan pembengkakan ringan berwarna kemerahan di permukaan kulit. Gejala reaksi ringan biasanya hilang dalam satu atau dua hari. Tingkat keparahan reaksi Anda tergantung pada sensitivitas Anda terhadap racun yang dikeluarkan oleh serangga, dan apakah Anda sudah pernah disengat sebelumnya.

Anda harus segera mencari bantuan medis darurat jika gejala berikut muncul:

  • Mual, muntah, sakit perut
  • Pembengkakan wajah, kesulitan menelan
  • Kesulitan bernapas, napas cepat, batuk parah, suara serak, dan mungkin ketidaknyamanan di daerah dada
  • Kelemahan, pusing, dingin, kulit lembab dan dingin, pingsan, atau tidak sadarkan diri
  • Bintik-bintik gatal di seluruh tubuh
  1. Cara mengatasinya

Apa yang harus saya lakukan?

Gosok daerah gigitan dengan kapas yang direndam dalam pelunak daging dan larutan air selama 10 menit (jangan dilakukan jika gigitan di dekat mata). Pengobatan ini dapat mengurangi rasa sakit. Jika Anda tidak memiliki pelunak daging, gunakan larutan air dan baking soda. Berikan acetaminophen atau ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit.

Kapan saya harus ke dokter?

Segera hubungi dokter jika:

  • Ada lebih dari 10 gigitan semut api
  • Nyeri gigitan mengganggu tidur
  • Ggigitan menjadi infeksi
  • Anda merasa perlu diperiksa oleh dokter
  1. Pencegahan

Gunakan obat pembasmi serangga dengan hati-hati pada bagian kulit  yang tidak tertutup pakaian, dan pada pakaian yang Anda kenakan.

Yang juga perlu Anda baca