home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

2 Kreasi Resep Menu Sehat Dengan Lauk dari Telur Asin

2 Kreasi Resep Menu Sehat Dengan Lauk dari Telur Asin

Menu makanan dengan tambahan telur asin sedang populer saat ini. Banyak makanan yang diolah dengan telur asin, seperti martabak, ayam goreng tepung, atau cumi goreng tepung. Telur asin memang sedang digemari saat ini, tapi banyak orang yang khawatir akan rasanya yang asin. Pasalnya, telur asin mengandung natrium lebih tinggi dibanding telur bebek biasa. Hal ini tentu bagi pasien hipertensi tidak baik. Namun, Anda bisa membuat masakan olahan dari telur asin di rumah. Ada beberapa resep telur asin yang sehat dan mudah dibuat sendiri.

Kandungan gizi telur asin

Telur asin diolah dari telur bebek yang direndam pada adonan garam selama beberapa hari. Cara ini sebenarnya dilakukan supaya telur bebek makin awet dan tahan lama. Dalam proses pembuatannya juga telur ini ditambahkan dengan garam dapur, abu hingga batu bara.

Telur bebek memiliki kandungan protein yang lebih tinggi. Namun, karena melewati proses pengasinan, telur asin memiliki kandungan gizi yang berbeda dengan telur bebek.

Dalam 100 gr (gram) telur asin mengandung 183 kalori, 12,7 gram protein, 13,6 gram lemak, 1,4 gr karbohidrat, 120 mg (miligram) kalsium dan 529 mg natrium. Sementara, dalam 100 gr telur bebek mengandung 146 mg natrium dan 56 mg kalsium. Jika dibandingkan dengan telur bebek, telur asin memiliki kandungan natrium 3 kali lipat dan kalsium 2 kali lipat lebih tinggi.

Makanan yang mengandung natrium tinggi berarti mengandung garam dengan kadar tinggi. Biasanya terdapat pada makanan siap saji dan makanan olahan atau kemasan. Telur bebek asin atau telur asin termasuk di antara kelompok makanan tersebut.

Oleh sebab itu, mengonsumsi terlalu banyak telur bebek yang sudah diasinkan berisiko meningkatkan hipertensi. Maka itu, Anda sebaiknya tidak makan telur asin terlalu sering.

Resep telur asin yang menyehatkan

Telur asin kaya akan garam di dalamnya, sehingga jika dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi. Namun, Anda tetap bisa mengonsumsi telur asin dengan batasan yang sudah ditentukan. Anda juga bisa tetap membuat olahan makanan dari telur asin yang menyehatkan.

Berikut beberapa resep telur asin yang bisa Anda coba di rumah.

1. Pepes telur asin

Bahan-bahan:

  • 6 butir telur asin mentah
  • 75 mililiter santan dari 1/4 buah kelapa
  • 1 ikat daun kemangi
  • 1 buah tomat iris tipis-tipis
  • daun pisang untuk membungkus pepes
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 2 butir kemiri
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kunyit, bakar
  • 1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat:

  1. Campur santan dengan bawang putih, cabai, jahe, kemiri, kunyit, dan gula, kemudian aduk hingga rata.
  2. Pecahkan 1 butir telur asin di atas selembar daun pisang.
  3. Tambahkan 2 sendok makan campuran santan, taburi kemangi.
  4. Bungkus dan sematkan lidi.
  5. Kukus sampai matang, sekitar 30 menit dengan api sedang.

2. Ikan Dori Saus Telur Asin

sumber: IDNtimes

Bahan-bahan:

  • 300 gr ikan dori
  • tepung terigu
  • 2 butir telur asin
  • daun bawang yang sudah diiris
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • lada bubuk

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, lada, dan air sebagai bahan celupan ikan dori.
  2. Lumuri ikan dori dengan bahan celupan, lalu goreng dengan minyak wijen, tiriskan.
  3. Haluskan telur asin.
  4. Panaskan minyak wijen, masukkan irisan daun bawang, telur asin, dan merica.
  5. Siram telur asin ke atas ikan dori tepung.

Catatan: Anda juga bisa mengganti ikan dori dengan ayam fillet atau ikan gurame, atau dengan sayuran buncis dan brokoli.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Medical Dangers of Too Much Sodium https://healthyeating.sfgate.com/medical-dangers-much-sodium-3662.html diakses 12 November 2018.

Snacking Smartly: The Health Benefits of Salted Eggs and Salted Fish Skin https://medium.com/@usefulinfo_sg/snacking-smartly-the-health-benefits-of-salted-eggs-and-salted-fish-skin-93e423d8d0b6 diakses 12 November 2018.

Ini Beda Nutrisi Telur Bebek Rebus dengan Telur Bebek Asin! https://food.detik.com/info-sehat/d-3174429/ini-beda-nutrisi-telur-bebek-rebus-dengan-telur-bebek-asin diakses 12 November 2018.

4 Resep Mudah Mengolah Telur Asin Menjadi Sajian yang Menggoyang Lidah https://blog.kulina.id/4-resep-mudah-mengolah-telur-asin-menjadi-sajian-yang-menggoyang-lidah-4b41450db455 diakses 12 November 2018.

Sontek 3 Resep Unik dari Telur Asin https://womantalk.com/food/articles/sontek-3-resep-unik-dari-telur-asin-yQ250 diakses 12 November 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 22/11/2018
x