Gundukan lemak atau daging di atas pundak dan di belakang leher, biasanya disebut punuk leher. Punuk leher ini bisa semakin membesar, tapi kadang tidak mengakibatkan kondisi kesehatan yang serius. Meskipun kadang bisa menjadi kondisi seperti kista, tumor atau pertumbuhan abnormal lainnya yang terbentuk pada leher belakang Anda.

Penyebab munculnya punuk leher pada manusia

Punuk di leher belakang bisa muncul akibat kondisi medis atau pengobatan yang Anda jalani. Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter tentang perubahan fisik di bagian belakang leher Anda. Berikut merupakan beberapa penyebab munculnya punuk di leher Anda:

  • Efek samping dari obat yang sedang Anda gunakan (obat untuk mengobati AIDS).
  • Kegemukan atau obesitas (lemak menumpuk).
  • Penggunaan obat steroid jangka panjang.
  • Sindrom Cushing (kondisi langka di mana tubuh memiliki terlalu banyak hormon kortisol). Kelainan ini menyebabkan obesitas, jerawat, nyeri kronis, siklus haid yang tidak teratur, dan perubahan gairah seks. Seiring dengan perubahan otot dan tulang lainnya, seperti tulang yang menipis dan otot yang lemah, sindrom Cushing menyebabkan lemak berkumpul di belakang leher.
  • Osteoporosis dapat menyebabkan deformitas tulang. Jika Anda memiliki kondisi ini, tulang belakang Anda bisa menjadi melengkung, yang memberi kesan seperti punuk. Ini disebut kyphoscoliosis.

Mengobati atau menghilangkan punuk belakang leher

Cara untuk mengobati atau menghilangkan punuk leher dilakukan berdasarkan kondisi yang mendasari. Dalam beberapa kasus, operasi bisa menghilangkan deposit lemak pada punuk Anda. Namun, sayagnya dalam beberapa kondisi lain, punuk di leher itu bisa kembali lagi .

Selain itu, jika penyebab munculnya punuk adalah efek samping dari obat resep, bicarakan dengan dokter Anda tentang mengubah dosis atau perawatan peralihan Anda. Jangan pernah berhenti minum obat resep tanpa izin dokter. Nah, kalau punuk Anda adalah hasil dari obesitas, diet dan olahraga dapat membantu mengobatinya

Mencegah munculnya punuk leher

Sebetulnya, tidak ada hal yang bisa mencegah punuk leher terbentuk pada pundak atas Anda. Tapi ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terbentuknya punuk pada tubuh Anda.

  • Hindari tubuh dari bahaya penyakit osteoporosis. Anda bisa mengonsumsi kalsium harian dan vitamin D. Selain itu, jika sehari-harinya Anda memiliki kondisi tubuh yang sulit mencerna kalsium, baiknya minta anjuran suplemen kalsium pada dokter untuk mencegah tubuh kekurangan kalsium.
  • Anda harus berolahraga secara teratur untuk menurunkan risiko penipisan tulang dan obesitas. Jangan lupa makan makanan sehat untuk mencegah lemak menumupuk di bagian tubuh, terutama di belakang leher.
  • Jika Anda telah mengalami menopause, Anda harus meningkatkan asupan kalsium Anda dari 1.000 miligram per hari menjadi 1.800 miligram per hari. Selalu tanyakan kepada dokter sebelum meningkatkan asupan kalsium Anda, terutama jika Anda meminum obat atau jika Anda memiliki riwayat keluarga osteoporosis.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca