Ingin terhindar dari penyakit jantung? Anda dapat mencoba melakukan donor darah. Donor darah tak hanya sekadar kegiatan sukarela yang bermanfaat bagi orang yang kekurangan darah saja, namun aktivitas ini dianggap dapat membuat tubuh si pendonor lebih sehat. Selain menurunkan risiko penyakit jantung, kegiatan ini juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Tertarik untuk mendonorkan darah? Ingat, sebelum mendonorkan darah, sebaiknya Anda minum air putih cukup banyak. Kenapa?

Kenapa harus minum air putih sebelum donor darah?

Mungkin Anda sudah tahu bahwa 70% dari tubuh Anda berisi cairan yang didapatkan dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi selama ini. Kekurangan cairan membuat tubuh Anda menjadi lemas dan kurang bugar. Padahal, jika Anda ingin mendonorkan darah, maka Anda harus pastikan jika tubuh Anda berada pada kondisi yang paling bugar dan kuat.

Ingat juga, saat Anda mendonorkan darah, cairan tubuh pun ikut Anda donorkan. Ini bisa membuat Anda kurang cairan dan tekanan darah Anda menurun. Untuk itu, Anda disarankan untuk minum air putih sebanyak 500 ml segera sebelum mendonorkan darah agar Anda tidak pingsan setelah mendonorkan darah Anda.

Apa yang terjadi ketika saya menjalani donor darah?

Kegiatan ini hanya kan memakan waktu sekitar 15 menit hingga satu jam. Setelah Anda melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh, maka Anda akan diminta untuk berbaring dan jarum akan dimasukkan ke dalam pembuluh darah.

Ketika jarum dimasukkan, mungkin Anda akan merasa tidak nyaman. Namun, hal tersebut akan berlangsung dalam waktu yang cepat. Jumlah darah yang diambil dari tubuh Anda hanya satu kantung atau setara dengan 473 ml, dari total darah yang ada di dalam tubuh sekitar  4731 ml.

Kapan saya akan pulih kembali setelah mendonorkan darah?

Setelah proses donor darah selesai, Anda akan merasa sedikit lemas dan lelah, akibat kadar darah Anda berkurang. Namun, tubuh Anda akan kembali pulih dengan cepat. Tubuh Anda hanya memerlukan makanan dan minuman untuk menggantikan semua darah dan cairan yang keluar.

Bahkan cairan dalam tubuh Anda akan kembali normal beberapa jam setelah Anda mendonorkan darah. sementara, sel darah merah balik pada jumlah normal selang enam minggu sesudah donor darah. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendonorkan darah lagi, Anda harus menunggu setidaknya 56 hari atau 8 minggu, di saat tubuh sudah siap kembali.  

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca