Asma adalah penyakit kronis yang disebabkan karena adanya peradangan dalam saluran pernapasan. Peradangan ini membuat saluran pernapasan bengkak dan sangat sensitif, sehingga saluran pernapasan jadi menyempit dan menyebabkan kurangnya udara yang mengalir ke paru-paru.

Penyakit ini bisa menjangkiti siapa saja termasuk pada ibu hamil. Namun bagi Anda yang memiliki asma bawaan ataupun alergi, Anda perlu hati-hati. Pasalnya gejala asma saat hamil yang tidak terkontrol dapat menyebabkan masalah serius yang tidak hanya bagi janin, namun juga untuk diri Anda sendiri.

Itu sebabnya, seorang ibu yang mengalami asma saat hamil harus mengontrol penyakit tersebut dengan baik, karena ibu hamil bernapas untuk bayi dan dirinya sendiri guna memenuhi kebutuhan oksigen yang sangat penting dalam pertumbuhan bayi selama kehamilan.

Makan salmon selama hamil menurunkan risiko asma pada anak

Sebuah penelitian yang dilakukan dari Universitas Southampton menemukan hubungan antara konsumsi ikan dan risiko asma pada anak. Para peneliti tersebut mengklaim jika mengonsumsi salmon saat hamil dapat menurunkan risiko asma pada anak saat usia tiga tahun. Pasalnya ikan salmon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, mencegah reaksi alergi bulu binatang, dan serbuk sari yang kerap memicu asma.

Penelitian ini melibatkan 123 wanita hamil serta bayinya yang dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok mengonsumsi salmon dua kali seminggu selama kehamilan sampai kelahiran. Sedangkan kelompok lainnya, tidak makan ikan sama sekali.

Hasilnya, pada usia tiga tahun, satu dari sepuluh anak-anak yang didiagnosis asma dan hampir semua kasus tersebut bukan dari kelompok yang mengonsumsi salmon. Berdasarkan hasil temuan tersebut para peneliti mengatakan jika intervensi gizi awal selama kehamilan memang memiliki efek jangka panjang pada kesehatan.

Kandungan asam lemak dari salmon bisa meningkatkan sistem imun

Menurut peneliti kandungan asam lemak dari salmon diklaim dapat meningkatkan kemampuan sistem imun si bayi selama dalam kandungan sehingga pada saatnya ketika lahir, sistem imun tersbeut tidak akan memberikan reaksi berlebihan bila berhadapan dengan pemicu asma pada anak misalnya bulu binatang dan serbuk sari.

Ikan salmon kaya akan omega-3 yang diketahui memiliki banyak manfaat, di antaranya membantu perkembangan otak bayi dalam kandungan hingga mempertajam daya ingat. Berbagai penelitian lainnya juga membuktikan, jika kekurangan asam lemak akan berisiko tinggi mengalami berbagai gangguan kesehatan mulai dari alergi, atherosclerosis, hingga infeksi akibat peradangan seperti penyakit Crohn.

Selain salmon, makan apel saat hamil juga bisa menurunkan risiko asma

Selain jenis ikan yang sudah disebutkan di atas, ada makanan lain yang bisa membantu mengurangi risiko anak terkena asma selama ibu hamil, yaitu apel. Menurut sebuah penelitian di Jurnal Nutrisi, mengonsumsi apel per hari mampu menurunkan risiko terkena penyakit pernapasan dengan meningkatkan fungsi paru-paru karena apel memiliki kandungan antioksidan kuat yang disebut flavonoid. 

Itu sebabnya wanita hamil yang sering mengonsumsi buah apel, maka anak yang dikadungnya bisa terhindar dari penyakit asma yang bisa saja berkembang pada saat si bayi lahir. Dengan kata lain, memakan buah apel saat mengandung bisa mengurangi risiko anak terkena asma.

Selain baik bagi bayi yang berada di dalam kandungan, buah apel juga memiliki khasiat yang baik bagi anak. Apel yang memiliki kandungan quercetin yang tinggi di dalamnya, akan memberikan efek yang baik berupa anti-histamin, antioksida, dan anti-inflamsi dalam tubuh seseorang yang menderita asma.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca