Banyak orang berlomba-lomba melakukan berbagai cara untuk mengurangi berat badannya selama puasa, salah satunya dengan diet. Perubahan pola makan yang berubah selama bulan Ramadan di mana hanya mengonsumsi makanan pada saat berbuka dan sahur saja, dinilai menjadi cara ampuh untuk mengurangi porsi makanan dari yang biasanya.

Puasa memang seharusnya tidak menjadi halangan untuk tetep menjalani kebiasaan hidup sehat. Saat puasa tubuh lebih banyak membutuhkan asupan makanan yang kaya nutrisi agar bisa memenuhi kebutuhan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Itu sebabnya Anda harus pintar-pintar memilih menu buka puasa dan sahur yang bergizi dan sehat.

Pilihan menu buka puasa saat diet

Menjalankan diet saat puasa kunci utamanya adalah disiplin. Pasalnya, jika tidak dilakukan secara disiplin, kesempatan Anda menurunkan berat badan dan menjadi sehat saat puasa akan terbuang sia-sia. Itu sebabnya, Anda harus memperhatikan asupan karbohidrat, lemak dan protein yang seimbang dari makanan yang Anda konsumsi saat berbuka maupun sahur.

Nah, jika Anda salah satu orang yang memang berniat menjalankan diet saat puasa, berikut ini beberapa pilihan menu buka puasa yang bisa Anda persiapkan di rumah:

1. Kurma

Kurma merupakan buah yang paling dicari ketika bulan Ramadan. Bahkan bagi sebagian orang, kurma menjadi makanan yang sangat wajib untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa ataupun sahur.

Buah kurma merupakan sumber gula yang baik dan akan mengembalikan energi yang hilang sehari penuh. Satu cup buah kurma mengandung 11,8 gram serat. Ini sudah hampir mencukupi setengah dari kebutuhan serat harian Anda. Selain kurma, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti melon, jeruk, semangka, dan anggur.

2. Salad

Saat berbuka, memang baiknya Anda tidak langsung makan makanan berat. Hal ini untuk meminimalisasi perut begah setelah menyantap hidangan berbuka. Nah, salah satu alternatif menu berbuka puasa yang paling baik adalah salad. Baik salad buah ataupun salad sayuran, keduanya mengandung sedikit kalori namun tetap bisa mengenyangkan perut. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dari berbagai macam buah dan sayuran mampu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah sembelit yang umumnya terjadi selama puasa.

Jangan lupa perhatikan dressing yang digunakan untuk salad, jangan sampai dressing yang Anda gunakan justru malah menyumbang lemak jahat dan kalori yang bisa membuat berat badan Anda naik saat puasa.

3. Sup

Banyak orang yang lebih memilih berbuka menggunakan gorengan dan es buah karena merasa lebih nikmat dan “pas” sebagai hidangan berbuka puasa. Padahal, semangkuk sup bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa yang menyehatkan.

Semangkuk sup kaya akan air yang mampu menghidrasi sel tubuh setelah seharian puasa. Selain itu, berbuka dengan sup mampu menghangatkan perut dan membantu mencegah kembung atau ketidaknyamaan di perut. Anda bisa mengonsumsi sup ayam, sup kacang merah, sup jagung, sayur bening, ataupun jenis sayur berkuah lainnya sebagai pilihan menu buka puasa.

4. Beras merah

Mulai sekarang, ganti nasi putih Anda dengan nasi merah yang tinggi serat dan memiliki indeks glikemik lebih rendah. Selain itu, beras merah nyatanya hanya mengandung sedikit kalori, sehingga nasi merah efektif membantu untuk menerunkan berat badan selama bulan puasa.

Tidak hanya selama bulan Ramadan, baiknya Andapun mengonsumsi beras merah jadi makanan pokok setiap harinya. Dibanding nasi putih, nasi merah bisa membuat kenyang lebih lama apalagi jika Anda menambahkan dengan menu buka puasa lainnya yang sehat seperti sayuran.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca