1. Definisi

Apa itu meningococcal?

Meningococcal adalah semua penyakit yang disebabkan oleh bakteri tipe tertentu yang disebut Neisseria meningitidis, juga diketahui sebagai meningococcus [muh-ning-goh-KOK-us]. Penyakit-penyakit tersebut biasanya cukup serius dan termasuk infeksi pada lapisan otak dan sumsum tulang belakang (meningitis) dan infeksi aliran darah (bacteremia atau septicemia).

Bakteri meningococcus menyebar melalui pertukaran saluran pernapasan dan sekresi tenggorokan seperti ludah (misalnya dengan hidup berdekatan, atau ciuman). Penyakit meningococcal dapat diobati dengan menggunakan antibiotik, tetapi perhatian medis yang cepat sangatlah penting. Ikuti perkembangan vaksin yang direkomendasikan untuk melawan penyakit meningococcal.

Apa saja tanda dan gejalanya?

Penyakit yang umum dihasilkan oleh infeksi meningococcal adalah meningitis. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis disebut meningitis meningococcal. Ketika seseorang menderita meningitis meningococcal, membran yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang, yang disebut meninges, menjadi terinfeksi dan membengkak. Gejala-gejala yang muncul termasuk serangan demam, sakit kepala, dan kaku leher. Sering kali terdapat gejala tambahan seperti:

  • Mual
  • Muntah
  • Photophobia (meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya
  • Perubahan mental

Gejala meningitis meningococcal dapat muncul sangat cepat selama beberapa hari. Biasanya penyakit tersebut berkembang selama 3-7 hari setelah serangan bakteri.

Pada bayi yang baru lahir, gejala yang klasik seperti demam, sakit kepala, kaku leher mungkin tidak akan ditemukan atau sulit untuk diketahui. Bayi mungkin menjadi lamban atau tidak bergairah, mudah marah, muntah, atau tidak nafsu makan. Pada anak-anak, dokter mungkin akan melihat penyakit umum lainnya yang dihasilkan oleh infeksi meningococcal seperti infeksi aliran darah, baik septicemia maupun bacteremia.

Penyakit yang paling serius di antara keduanya adalah septicemia. Jika disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis, iniĀ  disebut sebagai septicemia meningococcal atau meningococcemia. Penyakit ini adalah penyakit yang berbahaya dan mematikan yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis. Ketika seseorang mengidap meningococcal septicemia, bakteri memasuki aliran darah dan berkembang biak, merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan perdarahan sampai kulit dan organ lainnya.

Gejala yang mungkin terjadi adalah:

  • Kelelahan
  • Muntah
  • Tangan dan kaki terasa dingin
  • Reaksi kedinginan
  • Beberapa rasa sakit pada otot, sendi, dada, atau perut
  • Napas terengah-engah
  • Diare
  • Jika sudah parah: ruam berwarna ungu tua

2. Cara mengatasinya

Apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda merasa Anda atau bayi atau anak Anda mengalami gejala tersebut, segera hubungi dokter.

Meningitis meningococcal adalah penyakit yang sangat serius dan dapat berakibat fatal. Dalam kasus yang fatal, kematian dapat terjadi dalam hitungan jam. Dalam kasus yang tidak fatal, kecacatan permanen dapat terjadi termasuk kehilangan pendengaran dan kerusakan otak.

Kapan saya harus ke dokter?

Segera dapatkan perawatan medis jika Anda merasa mengidap penyakit septicemia meningococcal.

3. Pencegahan

Vaksin

Terdapat vaksin untuk bakteri yang menyebabkan penyakit meningococcal. Namun, vaksin yang tersedia tidak mencakup semua rantai dari bakteri Neisseria meningitidis. Seperti kebanyakan vaksin, vaksin meningococcal tidak 100% efektif. Artinya, meskipun Anda telah divaksin, masih terdapat kemungkinan Anda dapat mengalami infeksi meningococcal. Orang-orang harus mengetahui gejala meningitis meningococcal dan septicemia meningococcal sejak dini karena bantuan medis yang cepat sangatlah penting.

Antibiotik

Terkadang bakteri Neisseria meningitidis menyebar kepada orang lain yang memiliki kontak dekat atau berkelanjutan dengan pasien yang menderita penyakit meningococcal. Penderita yang tinggal serumah, teman sekamar, atau siapapun yang menjalani kontak langsung atau mengalami kontak sekresi ludah (seperti kontak dengan pacar) dapat meningkatkan risiko untuk menularkan infeksi. Orang yang dikategorikan memiliki kedekatan atau kontak dengan pasien penyakit meningococcal harus mengonsumsi antibiotik untuk menghindari penularan. Hal ini dikenal sebagai prophylaxis.

Infeksi

Jika dokter Anda mengonfirmasi bahwa Anda mengidap penyakit meningococcal, tubuh Anda akan mengeluarkan pertahanan alami (imunitas) untuk beberapa tipe yang mirip dengan kemungkinan infeksi di masa yang akan datang. Bagaimanapun juga, seperti vaksin lainnya, perlindungan tersebut tidak tahan seumur hidup dan tidak sempurna. Oleh karena itu, vaksinasi meningococcal secara rutin sangat dianjurkan. Jika Anda mengidap penyakit meningococcal sebanyak dua kali, kemungkinan besar Anda akan mengalami defisiensi imunitas, yang harus dikaji ulang oleh dokter.

Yang juga perlu Anda baca