Meredakan stress nyatanya tidak harus selalu menggunakan obat antidepresan ataupun pergi ke psikolog. Secara umum, stress banyak disebabkan oleh aktivitas dan gaya hidup yang salah maupun tidak sehat. Daripada Anda mengonsumsi obat ataupun menghabiskan biaya dengan pergi ke psikolog, ada baiknya Anda mencoba meredakan stress dulu dengan pergi menikmati alam. Bagaimana cara alam dapat meredakan stress di tubuh?

4 manfaat menikmati alam untuk meredakan stress

Penelitian yang dipublikasikan oleh Michigan University menemukan, dengan berjalan-jalan di alam seperti hiking, memancing, atau naik gunung, dapat menurunkan tingkat kecemasan hingga tekanan mental pada tubuh. Bahaya kesehatan mental tersebut, erat kaitannya dengan risiko penurunan kesehatan fisik. Tubuh yang stress akan mudah terserang virus serta bakteri pemicu penyakit. Berikut ini merupakan 4 manfaat menikmati alam untuk meredakan stress pada tubuh:

1. Memiliki efek sama dengan meditasi

Peneliti di Jepang menemukan adannya penurunan aktivitas otak manusia di area korteks prefrontal saat Anda meluangkan waktu menjelajah alam. Bagian otak tersebut, berfungsi merencanakan dan bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan serta pemecahan masalah.

Efek berjalan-jalan atau menikmati alam sudah diamati pada sebuah kelompok biksu di Tibet. Hasilnya menyatakan bahwa para biksu yang sering berinteraksi, contohnya sekedar berjalan-jalan di bukit, dapat merasakan efek meditasi dan relaksasi tubuh yang mana bisa meredakan stress dan kecemasan.  

2. Tidur lebih nyenyak

Bagi Anda yang suka merasakan panik dan gelisah, sering kali malah diperburuk dengan masalah tidur yang kurang nyenyak. Sayangnya, ketiga hal tersebut sering mengarah kepada gejala stress.

Untuk menghilangkan stress pada tubuh, para ahli menyarankan untuk lebih sering berada di bawah paparan sinar matahari pagi. Karena zat serotonin yang terpancar ke tubuh mampu membangkitkan mood dan membuat pikiran Anda menjadi lebih positif. Sehingga tubuh bisa terhindar dari stress dan tidur pun bisa lebih nyenyak.

3. Mencegah hormon kortisol naik

Kortisol adalah hormon yang bertanggung jawab atas terjadinya stress pada tubuh. Ketika Anda merasakan stress, semakin banyak pula hormon kortisol keluar di dalam tubuh.. Para ilmuwan di Jepang menemukan adanya tingkat penurunan hormon kortisol sebanyak 12%, dengan cara berjalan-jalan di hutan. Suasana, suhu, dan warna hijau daun pada alam, dapat berguna untuk meredakan stress dan kecemasan bagi para penderitanya.

4. Membuat Anda lebih bahagia

Ada banyak alasan mengapa alam membuat Anda lebih bahagia dan juga meredakan stress pikiran. Alasan paling dasarnya adalah, manusia pada hakikatnya menyukai hal-hal yang berkaitan erat dengan sumber kelangsungan hidupnya sendiri.

Contoh, manusia suka berenang di laut atau memancing di sungai, yang mana air dan ikan adalah sumber kehidupan untuk minum dan makan. Itu sebabnya pula suara gemericik air banyak disukai, karena memang air adalah salah satu unsur kehidupan.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengambil waktu dan pergi menjelajahi alam. Karena memang diri Anda sendiri membutuhkan atau mengisi ulang energi lewat alam, yang mana merupakan sumber dan unsur kehidupan yang paling dekat Anda.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca