Timbunan lemak pasti merupakan masalah tersendiri untuk penampilan dan kesehatan kita, karena impian semua orang adalah memiliki tubuh yang ideal. Untuk mendapatkannya, segala usaha untuk menghancurkan lemak tubuh dilakukan dengan maksimal, tapi kadang hasil yang didapatkan  sangat minimal. Ironisnya, lemak membandel tetap muncul, di pinggang, di punggung, di perut, dan lengan kita, meskipun diet dan olahraga sudah dilakukan habis-habisan.

Dengan berkembangnya ilmu kedokteran sekarang ini, muncul metode terbaru untuk menghancurkan lemak dengan proses pendinginan lemak yang disebut “cryolipolysis”. Metode ini dicap cukup aman dan efektif. Baru-baru ini FDA pun telah merestui penggunaan metode “cryolipolysis” ini untuk menghilangkan lemak.  

Apa itu cryolipolysis?

Cryolipolysis adalah metode penghancuran lemak dengan proses pendinginan. Gagasan ini dimulai oleh para ilmuwan Harvard University – Dieter Manstein, MD dan R.Rox Anderson, MD – yang mengamati bahwa beberapa anak yang makan es loli akan mendapat lesung di pipi mereka.  Para ilmuwan menyadari ternyata bahwa es loli dapat membekukan dan menghilangkan kantong kecil sel-sel lemak di pipi. Inilah yang mendasari pemikiran bahwa suhu dingin dapat menghancurkan sel lemak tertarget tanpa merusak kulit atau jaringan di sekitarnya.  

Dari pengamatan dan hasil penelitian yang dilakukan para ilmuwan, akhirnya muncullah metode penghancuran lemak dengan menggunakan suhu dingin, atau disebut dengan “cryolipolysis”. Dalam aplikasinya, proses pendinginan yang dilakukan bisa mencapa 4 derajat Celcius sehingga membuat sel-sel lemak tubuh hancur dan mengalami proses apoptosis.

Apa itu apoptosis?

Apoptosis berasal dari bahasa Yunani apo = “dari” dan ptosis = “jatuh”. Apoptosis berarti mekanisme biologi yang merupakan salah satu jenis kematian sel terprogram. Apoptosis digunakan oleh organisme multisel untuk membuang sel yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh. Apoptosis berbeda dengan nekrosis. Apoptosis pada umumnya berlangsung seumur hidup dan bersifat menguntungkan bagi tubuh.  

Apoptosis yang terjadi pada sel lemak karena proses cryolipolysis dapat diartikan bahwa sel lemak akan mengkristal karena proses pendinginan. Kemudian, sel lemak akan mati  dan akan dikeluarkan tubuh melalui keringat, urin, dan feses. Sehingga, hasil yang didapatkan adalah sel lemak akan hilang secara permanen.  

Seberapa efektifkah cryolipolysis dalam membuang lemak?

Cryolipolysis dapat membuang sel-sel lemak sampai 20-25% di daerah lemak tubuh yang didinginkan. Fokus pada proses cryolipolysis adalah pengurangan jumlah sel lemak di tubuh, bukan pengurangan berat badan, karena memang demi membentuk tubuh ideal, sering kali pengurangan sel lemak di area tubuh tertentu lebih signifikan dibanding dengan pengurangan berat badan.

Perbedaan pengurangan lemak vs pengurangan berat badan

Ada perbedaan yang jauh signifikan mengenai weight loss dan fat loss.

Mari kita mengenal terlebih dahulu pengertian dari masing-masing istilah. Weight loss, atau pengurangan berat badan, tercapai jika Anda berhasil menurunkan berat badan Anda yang terdiri dari berat otot, berat organ, berat tulang, berat lemak, dan termasuk kadar air di dalam tubuh. Sementara fat loss, atau pengurangan lemak, tercapai jika Anda berhasil menghilangkan jumlah lemak tubuh Anda.

Weight loss adalah hal yang sama persis dengan kasus pada saat berat badan kita turun, namun tidak ada perubahan yang konkret dari tubuh kita. Dengan kata lain berat badan turun, namun lemak tidak hilang dan akan tetap menetap di bagian tubuh kita seperti di perut, pinggang punggung, dan lengan.

Sedangkan fat loss dapat kita kaitkan dengan perubahan penampilan yang sesungguhnya. Maksudnya adalah, kelebihan sel lemak di tempat-tempat tertentu akan hilang, sehingga tubuh akan dengan sendirinya terlihat lebih ramping.

Dasar inilah yang membuat metode cryolipolysis mulai banyak dicari dan digandrungi banyak orang, terutama yang sudah lelah berusaha membuang kelebihan lemak yang membandel di tubuhnya dengan olahraga dan diet tanpa perubahan yang terlihat.

dr. Dwi Novitasari Akupunktur Medik

    dr. Dwi Novitasari adalah ahli akupunktur medis (kecantikan dan obesitas), berpraktik di CBC Beauty Care setiap Senin s/d Jumat pukul 13.00-20.00.

    Selengkapnya