Scan Kalsium Koroner

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu scan kalsium koroner?

Penyakit arteri koroner merupakan penyakit yang menyebabkan serangan jantung dan kematian. Penyakit ini muncul ketika terdapat plak pada dinding arteri jantung Anda, menyebabkan penyempitan (atheroscelorosis). Plak tersebut menempel di dinding arteri kemudian menimbulkan lemak, kolesterol, dan kalsium. Monitor jantung dapat mendeteksi kalsium dalam plak-plak tersebut. Jumlah kalsium dalam plak itu dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit arteri koroner atau serangan jantung jika terdapat kondisi kesehatan lain. Arteri koroner memasok darah ke jantung. Biasanya arteri koroner tidak mengandung kalsium. Kalsium pada arteri koroner mungkin merupakan gejala penyakit arteri koroner atau Coronary Artery Disease (CAD).

CT scan menangkap gambar jantung pada bagian yang tipis. Gambar tersebut biasanya direkam dalam komputer dan disimpan untuk penelitian atau dicetak dalam bentuk foto.

Kapan saya harus menjalani scan kalsium koroner?

Scan jantung akan memberikan informasi tentang risiko serangan jantung jika Anda mengidap serangan jantung pada level menengah. Artinya, berdasarkan faktor risiko tersebut, risiko Anda mengidap serangan jantung 10 tahun ke depan dapat menurun sekitar 10-20 persen. Contohnya, Anda mungkin diprediksi berisiko mengidap serangan jantung pada level menengah, usia Anda sekitar 55 sampai 65 tahun,  dan Anda memiliki kolesterol yang tinggi, atau tekanan darah tinggi, atau Anda seorang perokok. Dokter akan membantu Anda untuk menentukan level risiko Anda. Scan jantung akan berguna jika Anda berada pada level menengah atau mengalami nyeri dada, terutama jika Anda belum tahu jelas penyebab masalah jantung Anda.

Ada juga beberapa bukti orang-orang yang skor kalsiumnya berisiko terserang penyakit jantung akan termotivasi untuk menerapkan pola hidup yang sehat, misal menurunkan berat badan dan berhenti merokok dibanding dengan orang-orang yang tidak discan.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani scan kalsium koroner?

Penggunaan scan jantung menjadi hal yang kontroversial. Scan jantung mungkin sangat bermanfaat untuk Anda jika Anda keluarga Anda memiliki riwayat atau faktor risiko penyakit jantung.

Risiko serangan jantung rendah

Misalnya usia Anda kurang dari 55 tahun, kadar kolesterol dan tekanan darah normal, Anda tidak merokok, maka risiko serangan jantung menyerang Anda kurang dari 10 persen, dan Anda termasuk kategori low-risk. Artinya karena Anda hanya memiliki sedikit risiko, risiko Anda menderita serangan jantung 10 tahun ke depan juga kecil. Oleh karena itu scan jantung mungkin tidak akan menjelaskan apapun.

Risiko serangan jantung tinggi

Memiliki risiko serangan jantung 20 persen atau lebih dalam 10  tahun ke depan berarti Anda berada berada pada risiko yang tinggi.  Jika kadar kolesterol dan tekanan darah Anda tinggi, Anda perokok, dan Anda berusia lebih dari 65 tahun, maka Anda benar-benar termasuk dalam kategori ini. Jika Anda berisiko, maka scan jantung tidak akan menjelaskan dengan baik, karena Anda dan dokter telah tahu risiko tersebut. Anda sebaiknya melakukan sesuatu untuk mencegah munculnya seranagn jantung, misal mengosnumsi obat-obatan dan mengubah pola hidup.

Anda mungkin juga tidak memerlukan scan jantung jika Anda telah mengetahui bahwa Anda mengidap serangan jantung atau pernah mengikuti prosedur operasi, misal angioplasty atau operasi coronary bypass. Dalam kasus ini, dokter sudah mengetahui bahwa Anda mengidap coronary artery disease dan memiliki risiko yang tinggi. Scan jantung tidak akan menjelaskan informasi lebih mengenai penanganan penyakit Anda.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani scan kalsium koroner?

Anda tidak perlu melakukan persiapan apapun sebelum tes ini. Namun, Anda akan diminta untuk tidak merokok atau tidak mengonsumsi apapun yang mengandung kafein beberapa jam sebelum tes. Beri tahu dokter jika Anda sedang atau akan hamil. Tes ini tidak dilakukan pada wanita hamil. Hubungi dokter untuk informasi lebih lanjut mengenai tes ini, risiko, dan bagaimana prosesnya.

Bagaimana proses scan kalsium koroner?

Anda dianjurkan untuk melepaskan perhiasan yang mungkin memengaruhi hasil CT scan. Anda mungkin juga diminta untuk melepaskan pakaian. Jika demikian, Anda akan diberikan pakaian khusus untuk digunakan selama tes. Kadang dalam beberapa CT scan, Anda dibolehkan mengenakan pakaian. Jika demikian, jangan mengenakan pakaian yang memiliki resleting.

Sebuah cakram kecil yang disebut elektroda akan diletakkan di dada Anda.  Kemudian kabel dihubungkan dengan mesin EKG yang mencatat aktivitas elektrik jantung Anda pada kertas EKG. EKG akan dilakukan saat jantung Anda sedang istirahat, waktu terbaik untuk EKG. Jika detak jantung Anda 90 detak per menit atau lebih tinggi, Anda akan diberikan obat untuk mengurangi detak jantung Anda. Selama tes dilakukan, Anda akan berbaring pada sebuah meja yang terhubung dengan CT scan. Scanner ini berbentuk seperti donat yang lebar.

Meja tersebut berbentuk bulat dan scanner diputar  sesuai tubuh Anda. Meja akan bergeser sedikit demi sedikit saat mengambil gambar.  Anda mungkin akan mendengar suara klik dan dengungan saat meja dan scanner berpindah. Anda mungkin akan diminta untuk menahan napas selama 20 sampai 30 detik saat gambar jantung diambil. Sangat penting untuk menahan napas dengan baik saat gambar sedang diambil. Selam tes ini dilakukan, Anda biasanya hanya sendiri di dalam ruangan itu. Namun, ahli radiologi akan memantau Anda melalui jendela. Anda dibolehkan berkomunikasi dengan ahli radiologi melalui interkom dua arah.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani scan kalsium koroner?

Setelah melakukan tes, hubungi dokter Anda. Tidak ada pencegahan khusus yang harus Anda perhatikan setelah melakukan scan jantung. Anda seharusnya mampu pulang ke rumah sendiri dan langsung melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Teori penggunaan scan jantung adalah: semakin banyak tes yang Anda lakukan, maka semakin parah penyakit yang Anda derita. Namun, walaupun kalsium Anda rendah, hal itu juga dapat mengindikasikan bahwa penyakit jantung Anda dapat berkembang lebih parah kecuali Anda berusaha keras menghentikannya seperti mengonsumsi makanan yang sehat, mengurangi kolesterol, dan berhenti merokok.

Selain itu, jika kalsium dalam arteri koroner Anda banyak, belum tentu penyakit arteri koroner pasti akan menjangkit tubuh Anda atau Anda mengidap serangan jantung. Oleh karena itu, jika hasil scan menunjukkan kalsium dalam arteri, maka Anda sebaiknya melakukan tes invasive, seperti coronary angiography.

Hasil tes yang Anda dapat merupakan jumlah kalsium yang ada dalam arteri. Angkanya muai dari 0 sampai lebih dari 400. Hasil tes 100 atau lebih mengidentifikasikan bahwa Anda mengidap penyakit jantung. Semakin tinggi angka hasil tes Anda, semakin besar risiko Anda menderita serangan jantung. Orang-orang dengan skor 100 sampai 400 atau lebih  adalah orang-orang yang berada yang menderita sakit jantung pada level medium, mungkin 3 sampai 5 tahun lebih berisiko terkena serangan jantung dibanding orang-orang yang memiliki angka 0.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca