Definisi

Apa itu hormon inhibin-a?

Tes inhibin A dilakukan untuk mengukur jumlah hormon ini dalam darah wanita hamil untuk melihat apakah bayi mungkin mengalami sindrom Down. Inhibin A dibuat oleh plasenta selama kehamilan. Kadar inhibin A dalam darah digunakan dalam maternal serum quadruple screening test. Biasanya dilakukan antara 15 dan 20 minggu, tes ini memeriksa kadar empat zat dalam darah wanita hamil. Tes ini memeriksa alpha-fetoprotein (AFP), human chorionic gonadotropin (hCG), sejenis estrogen (unconjugated estriol, atau uE3), dan hormon inhibin A. Kadar zat ini—bersama dengan umur wanita dan faktor lainnya—membantu dokter memperkirakan peluang bayi memiliki masalah atau kelainan kelahiran tertentu.

Kapan saya harus menjalani hormon inhibin-a?

Tes inhibin A dilakukan selain tes lainnya untuk melihat apakah ada peluang masalah kromosom, misalnya sindrom Down.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani hormon inhibin-a?

Merokok mungkin meningkatkan kadar inhibin A. Obesitas mungkin menurunkan kadar inhibin A dalam darah. Hasil tes quad, termasuk inhibin A, tergantung umur, ras, berat badan wanita, dan apakah dia terkena diabetes. Penting untuk mengerti bahwa tes ini tidak memberikan jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’ yang pasti, juga apakah bayi memang mengalami sindrom Down. Jika tes menunjukkan risiko tinggi sindrom Down pada bayi, Anda biasanya akan ditawarkan tes diagnosis.

Tes diagnosis dilakukan sebelum bayi lahir untuk melihat apakah bayi yang sedang berkembang memang memiliki sindrom Down. Ada dua macam tes diagnosis prenatal yang berlaku: pengambilan sampel amniocentesis dan chorionic villus.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani hormon inhibin-a?

Anda tidak perlu melakukan apapun sebelum menjalani tes ini.

Bagaimana proses hormon inhibin-a?

Dokter akan membersihkan area kecil di lengan atau siku dengan lap antiseptik atau bantalan alkohol. Dalam beberapa kasus, dokter akan mengikatkan sabuk elastis di sekitar lengan atas Anda untuk meningkatkan aliran darah. Ini membuat pengumpulan darah dari pembuluh nadi jauh lebih mudah. Lengan Anda kemudian akan ditusuk dengan jarum yang dokter masukkan ke dalam pembuluh nadi. Pipa yang akan mengumpulkan darah dipasang di ujung jarum lainnya.

Sekali darah diambil, dokter akan mengambil jarum lalu menggunakan kain katun dan perban untuk menghentikan perdarahan di kulit yang ditusuk jarum.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani hormon inhibin-a?

Anda bisa kembali ke aktivitas normal setelah tes selesai. Anda akan diberi tahu kapan bisa mengambil hasil tes. Dokter akan menjelaskan arti hasil tes Anda. Anda harus mengikuti instruksi dokter.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Inhibin A dibuat oleh plasenta selama kehamilan.

Hasil normal berarti kadar hormon inhibin A rendah atau negatif. Hasil abnormal berarti kadar hormon inhibin A tinggi atau positif. Kadar hormon harus diulas kembali dengan tes darah quad.

Semua hasil abnormal akan perlu didiskusikan dengan dokter.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca