Definisi

Apa itu dehidrogenase asam laktat?

Dehidrogenase asam laktat atau dikenal denganLactic Acid Dehydrogenase ()LDH adalah enzim yang membantu memproduksi energi. Enzim ini terdapat pada hampir semua jaringan dalam tubuh dan kadarnya meningkat sebagai respon terhadap kerusakan sel. Kadar LDH diukur dari sampel darah yang diambil dari pembuluh nadi.

Kapan saya perlu menjalani tes dehidrogenase asam laktat?

LDH paling sering diukur untuk memeriksa kerusakan jaringan. Protein LDH terdapat dalam banyak jaringan tubuh, terutama jantung, hati, ginjal, otot, otak, sel darah, dan paru-paru. Kondisi lainnya untuk pelaksanaan tes ini termasuk:

  • anemia
  • kanker, termasuk kanker darah (leukemia) atau kanker limfa (limfoma)

 

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani dehidrogenase asam laktat?

Banyak penyakit dapat meningkatkan kadar LDH. Tes lainnya biasanya dibutuhkan untuk memastikan diagnosis. Dalam sejarah, tes LDH digunakan untuk membantu diagnosis dan mengawasi serangan jantung, tapi tes troponin telah menggantikan sebagian besar LDH dalam peran ini. LDH tidak khusus untuk kerusakan pada jantung dan tidak lagi disarankan untuk menilai orang yang dicurigai mengidap sindrom koroner akut (ACS).

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani dehidrogenase asam laktat?

Dokter mungkin meminta Anda agar berhenti minum obat-obatan tertentu yang mungkin mempengaruhi tes. Obat yang dapat meningkatkan pengukuran LDH termasuk anestesi, aspirin, clofibrate, fluoride, mithramycin, narkotik, dan procainamide. Jika Anda mengambil salah satunya, beri tahu dokter sebelum tes.

Bagaimana proses tes dehidrogenase asam laktat?

Dokter akan membersihkan area kecil di lengan atau siku dengan lap antiseptik atau bantalan alkohol. Dalam beberapa kasus, dokter akan mengikatkan sabuk elastis di sekitar lengan atas Anda untuk meningkatkan aliran darah. Ini membuat pengumpulan darah dari pembuluh nadi jauh lebih mudah. Lengan Anda kemudian akan ditusuk dengan jarum yang dokter masukkan ke dalam pembuluh nadi. Pipa yang akan mengumpulkan darah dipasang di ujung jarum lainnya. Setelah darah diambil, dokter akan mengambil jarum lalu menggunakan kain katun dan perban untuk menghentikan pendarahan di kulit yang ditusuk jarum.

Apa yang harus saya lakukan setelah tes dehidrogenase asam laktat?

Anda bisa kembali beraktivitas secara normal setelah selesai tes. Dokter akan berdiskusi dengan Anda tentang kondisi dan memberikan pengobatan yang cocok. Terkadang, dokter mungkin menyuruh pemeriksaan lebih lanjut. Ikuti instruksi dokter dengan hati-hati.

 

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

LDH adalah enzim yang membantu memproduksi energi. Jangkauan nilai normal mungkin sedikit bervariasi di antara laboratorium yang berbeda-beda. Beberapa lab menggunakan pengukuran berbeda atau menguji sampel yang berbeda. Bicarakan dengan dokter tentang arti hasil spesifik.

Skor normal

Kadar LDH normal berkisar 140-280 unit per liter (U/l) atau 2,34-4,68 mkat/l.

Nilai tinggi

Kadar yang lebih tinggi dari biasanya mungkin mengindikasikan:

  • kekurangan aliran darah (ischemia)
  • serangan jantung
  • anemia hemolitis
  • mononucleosis terinfeksi
  • penyakit hati (misalnya hepatitis)
  • tekanan darah rendah
  • cedera otot
  • otot lemas dan kehilangan jaringan otot (distrofi otot)
  • formasi jaringan abnormal yang baru (biasanya kanker)
  • pankreatitis
  • stroke
  • kematian jaringan

Jika kadar LDH meningkat, dokter mungkin menyuruh tes LDH isoenzim untuk menentukan lokasi kerusakan jaringan apapun.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca