Definisi

Apa itu cotinine?

Tes cotinine berfungsi untuk mengecek konsentrasi cotinine dalam darah. Cotinine merupakan bentuk lain dari nikotin. Cotinine terbentuk ketika nikotin dimetabolisme oleh oksidasi. Cotonine memiliki siklus half-life dalam tubuh, sekitar 20 jam, dan biasanya ditemukan setelah merokok selama beberapa hari sampai seminggu. Cotinine merupakan indikator penting yang dipaparkan oleh asap rokok, bahkan pada perokok pasif pun, karena jumlah cotinine dalam darah sebanding dengan jumlah paparan asap rokok. Continine dapat diperiksa melalui serum, urin, atau cairan biologis lain (air liur contohnya). Cotinine dapat ditemukan dalam urin setelah merokok selama 2-4 hari.

Konsentrasi cotinine dalam darah akan meningkat jika mengonsumsi produk tembakau apapun (rokok, kunyak, celup, hisap). Cotinine juga akan meningkat karena menggonsumsi permen karet, patch, atau pil pengganti nikotin. Konsentrasi nikotin juga dapat diperkirakan dalam darah, namun hanya untuk “half-life”  nikotin (sekitar 2 jam), waktu yang sangat singkat. Metabolisme nikotin juga dapat diukur dalam urin.

Konsentrasi cotinine dalam air liur dan urin biasanya sedikit namun sangat mudah diambil dan tidak mahal. Konsentrasi cotinine akan bervariasi tergantung jumlah tembakau, filter, pernapasan, tinggi, jenis kelamin, dan berat badan orang yang sedang dites. Konsentrasi cotinine mungkin meningkat jika mereka adalah perokok pasif.  Dehidrasi dan fungsi ginjal dapat memengaruhi konsentrasi cotinine dalam urin, sehingga saat tes cotinine dilakukan juga menghasilkan kreatinin.

Kapan saya harus menjalani cotinine?

Tes cotinine dilakukan dalam bentuk screening test untuk membantu seseorang berhenti merokok, memantau efektivitas pengobatan, dan untuk menentukan dosis terapi. Perusahaan asuransi dan manajer SDM juga melakukan tes ini untuk memeriksa apakah calon pegawainya perokok atau tidak. Tes ini juga dilakukan untuk menentukan hak asuh anak. Ketika seseorang berpartisipasi dalam program berhenti merokok, tes cotinine akan dilakukan untuk menilai kepatuhan mereka.

Karena merokok dapat meningkatkan risiko kesehatan yang lain, tes ini bisa dilakukan sebelum bedah tulang, spinal brace, wound excision, operasi plastik, serta operasi transplantasi hati.

Anda mungkin juga akan disarankan melakukan tes ini jika Anda keracunan nikotin. Berikut gejala keracunan nikotin:

  • muntah
  • pusing
  • ngiler (mengeluarkan air liur)
  • lemah

Berikut gejala yang lebih parah:

  • tekanan darah tinggi atau denyut jantung melambat
  • pernapasan pendek atau terjadi masalah pernapasan
  • sesak di dinding perut
  • agitasi, hiperaktif, atau  cepat marah
  • mulut serasa terbakar
  • kebingungan
  • pingsan
  • sakit kepala
  • kejang
  • koma

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani cotinine?

Berikut hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum melakukan tes:

  • hasil tes yang diambil dari sampel darah, urin, dan air liur berbeda-beda dan tidak bisa saling menggantikan
  • beberapa pestisida mungkin memiliki kandungan nikotin yang lebih tinggi. Zat ini bisa menjadi sumber keracunan nikotin
  • nikotin tidak hanya ditemukan di tembakau, namun juga ditemukan pada beberapa tanaman sejenis, misalnya kentang, tomat, dan lada. Namun, konsentrasi nikotin pada tanaman tersebut sangat kecil dibandingkan tembakau. Hasil tes yang positif dapat menentukan tingginya kandungan nikotin dan hal lain yang menyebabkan meningkatnya kandungan nikotin
  • rokok mint dapat meningkatkan konsentrasi serum cotinine karena mint menyebabkan cotinine darah bertahan lama

Sangat penting untuk memahami peringatan dan pencegahan sebelum melakukan tes ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan tanyakan pada dokter untuk informmasi lebih lanjut.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani cotinine?

Dokter akan menjelaskan proses yang membantu Anda mengurangi kecemasan. Anda harus memberi tahu jenis-jenis tembakau yang Anda konsumsi terakhir kali.

Bagaimana proses cotinine?

Tes darah

Dokter mengambil sampel darah, kemudian dimasukkan ke dalam tabung dengan tanda merah atau ungu (dengan EDTA antikoagulan) atau tutup merah muda (antifreeze oleh K2EDTA).

Tes urin

Dokter mengambil sampel urin Anda, minimal 10 mL.

Dokter akan mengirim sample ini ke laboratorium.

Tes air liur

Anda harus meludahkan air liur Anda minimal 1 mL ke dalam tabung.

Kadang-kadang dokter juga meletakkan kain khusus di dalam mulut Anda selama 15 menit, kemudian mengirim kain tersebut ke laboratorium.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani cotinine?

Sampel akan disimpan dalam ruangan yang dingin jika tidak memungkinkan untuk ditransfer ke laboratorium. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai proses ini, silakan tanyakan kepada dokter untuk informasi lebih lanjut.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Bukan perokok Perokok pasif Perokok  abstinence >2 minggu Perokok aktif
Darah < 2ng/mL < 8ng/mL < 2ng/mL 200-800 ng/mL
Urin < 5ng/mL < 20ng/mL < 50ng/mL 1000-8000 ng/mL
Air liur < 2ng/mL < 8ng/mL < 2ng/mL 200-800 ng/mL

Tergantung pada laboratorium pilihan Anda, jangkauan normal tes ini dapat bervariasi. Diskusikan pertanyaan yang Anda miliki seputar hasil tes kesehatan Anda kepada dokter.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca