Ambulatory Electrocardiogram

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu ambulatory electrocardiogram?

Jantung menghasilkan impuls listrik kecil yang dihantarkan melalui otot jantung untuk berkontraksi. Impuls listrik ini dapat dideteksi oleh mesin EKG. Mesin memperkuat impuls listrik pada setiap detak jantung lalu mencatatnya pada sebuah kertas print atau layar visual komputer. Proses ini aman dan tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Ambulatory electrocardiogram mencatat aktivitas listrik jantung ketika Anda melakukan aktivitas sehari-hari (dalam bahasa Inggris, ambulatory artinya “dapat berjalan”). Monitor ambulatory dikenal dengan beberapa nama seperti ambulatory electrocardiogram, ambulatory EKG, Holter monitoring, 24-hour EKG, atau cardiac event monitoring.

Kapan saya harus menjalani ambulatory electrocardiogram?

Dalam tes, EKG digunakan untuk:

  • memantau dan mencatat detak jantung yang tidak teratur ketika pasien melakukan aktivitas tertentu
  • mencari penyebab nyeri dada, pusing, atau pingsan. kemungkinan gejala-gejala tersebut merupakan masalah kelainan jantung
  • mendeteksi adanya gangguan aliran darah ke otot jantung (iskemia)
  • mengevaluasi efektivitas pengobatan untuk detak jantung yang tidak teratur

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani ambulatory electrocardiogram?

Banyak orang memiliki detak jantung tidak teratur dari waktu ke waktu. Penyebabnya tergantung pada beberapa aspek seperti pola detak jantung, seberapa sering dan seberapa lama hal itu terjadi, serta gejala-gejala kelainan jantung yang mungkin dimiliki. Penyakit seperti pusing atau mual juga mungkin disebabkan oleh detak jantung yang tidak teratur. Karena standard 12-lead electrocardiogram (EKG) merupakan alat yang aman, terjangkau, dan memberikan informasi akurat, dokter akan menggunakan alat ini untuk menguji fungsi jantung pasien sebelum beralih ke alat tes lain.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani ambulatory electrocardiogram?

Banyak obat-obatan yang dapat memengaruhi hasil tes ini. Pastikan Anda memberi tahu dokter mengenai semua obat yang Anda konsumsi (baik yang sesuai resep atau tidak). Biasanya, EKG digunakan untuk memantau kondisi jantung lanjutan, seperti detak jantung yang tidak teratur (aritmia). Oleh karena itu, pastikan dokter memiliki salinan hasil EKG sebelumnya. Karena alat tidak boleh basah, mandilah sebelum elektroda EKG ditempelkan pada tubuh Anda. Kenakan kaos atau blus longgar. Jangan memakai perhiasan atau pakaian dengan kancing logam atau gesper karena dapat mengganggu proses tes. Perempuan juga tidak boleh memakai bra berkawat untuk alasan yang sama. Dokter akan memberi instruksi untuk menulis buku harian. Dalam buku harian ini, Anda harus mencatat apa saja kegiatan yang dilakukan, gejala penyakit yang dirasakan, serta waktu ketika gejala tersebut muncul. Keakuratan hasil tes tergantung pada buku harian ini. Prosedur ini akan sedikit berbeda bila Anda menjalani tes tanam monitor di bawah kulit. Anda akan diberikan pengarahan lebih lanjut mengenai prosedur tes ini.

Diskusikan langsung dengan dokter mengenai tes yang akan Anda jalani, berikut risiko, proses, dan hasilnya.

Bagaimana proses ambulatory electrocardiogram?

Dibutuhkan sekitar 10 menit untuk memasang elektroda dan perangkat pada tubuh. Setelah terpasang, Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari selama 24-48 jam. Alat perekam harus tetap digunakan bahkan ketika Anda tidur, kecuali ketika mandi (karena alat tidak boleh basah). Anda akan diberi buku harian untuk mencatat waktu ketika gejala tertentu muncul (seperti palpitasi). Dari catatan tersebut, dokter akan menganalisis secara saksama terutama pada saat Anda merasakan gejala-gejala tertentu. Hal ini dilakukan untuk melihat aritmia yang terjadi mengacu pada gejala penyakit. Dokter mungkin akan meminta Anda mengulangi beberapa kegiatan yang sebelumnya menyebabkan detak jantung tidak teratur untuk memastikan diagnosis gejala awal.

Ada berbagai jenis peralatan yang dapat digunakan, di antaranya:

  • pada beberapa perangkat manual, Anda harus menekan tombol untuk menandai kapan gejala muncul
  • beberapa perangkat otomatis mendeteksi denyut jantung yang tidak teratur
  • beberapa perekam akan mengirim catatan grafik EKG via saluran telepon
  • beberapa perekam digunakan untuk waktu yang lebih lama. Alat ini disebut ‘event’ monitor karena alat hanya diaktifkan selama ‘event’ seperti palpitasi (detak jantung tidak teratur)

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani ambulatory electrocardiogram?

Jika perangkat dipasang pagi hari, Anda akan diminta untuk datang kembali sekitar pukul 08.00-09.00 untuk melepas perangkat. Jika perangkat dipasang siang hari, datang kembali sekitar pukul 14.00-14:30 untuk dilepas. Rekaman Anda akan diproses, dianalisis, dan diinterpretasikan oleh dokter. Dokter akan mendiskusikan hasil tes dengan Anda.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Penjelasan hasil tes ini biasanya akan dipaparkan oleh ahli jantung atau cardiac electrophysiologist. Hasil tes baru akan keluar dalam beberapa hari.

Ambulatory Electrocardiogram (EKG atau ECG)
Normal: Tidak ditemukan adanya kelainan irama jantung dari informasi EKG yang dikumpulkan oleh perekam. Denyut jantung mungkin akan naik ketika beraktivitas dan turun ketika tidur/istirahat.
Abnormal: Ambulatory monitoring mendeteksi berbagai jenis detak jantung yang tidak teratur.
  • irama jantung yang lambat atau cepat terdeteksi. Kombinasi detak jantung lambat dan cepat juga dapat terjadi sesekali
  • irama jantung yang lambat pada orang dengan alat pacu jantung mungkin disebabkan oleh kinerja alat pacu yang tidak optimal
  • gangguan irama jantung juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen pada otot jantung (iskemia) karena penyempitan arteri

Hasil tes ambulatory monitoring akan dibandingkan dengan catatan riwayat medis, gejala, dan hasil tes lainnya. Anda akan diinstruksikan untuk menjalani tes ulang apabila hasil tes belum menunjukkan hasil yang akurat.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca