Definisi

Apa itu aglutinin dingin?

Tes aglutinin dingin merupakan tes yang dilakukan untuk mendeteksi penyebab munculnya antibodi yang disebut aglutinin dingin. Antibodi ini biasanya  diproduksi oleh sistem imun saat bereaksi terhadap infeksi. Antibodi ini menyebabkan sel darah menggumpal pada suhu yang rendah. Orang sehat umumnya memiliki level aglutinin dingin yang rendah dalam darahnya. Namun, limfoma atau beberapa jenis infeksi, misalnya mycoplasma, mampu menyebabkan produksi aglutinin dingin meningkat.

Peningkatan level aglutinin dingin dari level yang normal tidak mengakibatkan masalah yang serius. Level aglutinin dingin ini akan meningkat jika suhu tubuh dingin,  kemudian darah akan membeku di bawah lapisan kulit, sehingga tangan dan kaki jadi pucat dan mati rasa.  Namun, kondisi tersebut akan segera hilang saat tubuh mulai menghangat. Dalam beberapa kasus, pembekuan darah ini dapat menghambat darah mengalir hingga ke jari-jari tangan dan kaki, telinga, dan hidung. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan, bahkan dapat menyebabkan pembusukan (jarang terjadi).

Kadang-kadang, level aglutinin dingin yang tinggi dapat merusak aliran sel-sel darah merah dalam tubuh. Kondisi ini disebut autoimmune hemolytic anemia.

Kapan saya harus menjalani aglutinin dingin?

Tes ini biasanya dilakukan jika tubuh seseorang bereaksi terhadap suhu yang tinggi  dan kemudian muncul gejala hemolytic anemia yang disebabkan oleh aglutinin dingin. Berikut gejala-gejalanya:

  • lelah, letih, lesu, tidak bertenaga, kulit pucat (pallor), pusing dan atau sakit kepala akibat anemia
  • dalam beberapa kasus, jari tangan dan kaki telinga, dan hidung terasa sakit hingga membiru yang diakibatkan oleh suhu yang dingin

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani aglutinin dingin?

Lebih dari setengah penderita pneumonia yang disebabkan oleh mycoplasma memiliki level aglutinin dingin yang tinggi. Ada tes terbaru yang mampu menggantikan tes ini untuk mendeteksi mycoplasma. Sel darah merah yang menggumpal (Rouleaux formation) akan terlihat dalam tes Complete Blood Count (CBC). Dokter Anda mungkin akan melakukan tes aglutinin dingin ini untuk mengetahui tingkat aglutinin dingin dalam darah Anda.

Tes golongan darah biasanya dilakukan sebelum donor darah atau tranplantasi organ untuk memastikan apakah golongan darah pendonor dan penerima cocok. Golongan darah seseorang dengan level aglutinin dingin yang tinggi biasanya sulit dideteksi.

Level aglutinin dingin pada orang lanjut usia biasanya cenderung lebih tinggi dan berlangsung selama bertahun-tahun. Test aglutinin dingin ini mungkin tidak akan dilakukan jika seseorang menderita penyakit aglutinin dingin sekunder, misalnya infeksi mononucleosis  atau infeksi pneumonia mycoplasma, sehingga akan sulit mendiagnosis level aglutinin dingin pasien dengan penyakit aglutinin dingin sekunder tersebut.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani aglutinin dingin?

Anda tidak perlu melakukan persiapan apapun sebelum melakukan tes ini.

Bagaimana proses aglutinin dingin?

Tenaga medis yang bertugas mengambil darah Anda akan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • melilitkan sabuk elastis di sekitar lengan bagian atas Anda untuk menghentikan aliran darah. Hal ini membuat pembuluh darah di bawah ikatan membesar sehingga memudahkan untuk menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh
  • membersihkan bagian yang akan disuntikkan dengan alkohol
  • menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh darah. Mungkin diperlukan lebih dari satu jarum.
  • memasangkan tabung ke jarum suntik untuk diisi dengan darah
  • melepaskan ikatan dari lengan Anda ketika pengambilan darah dirasa sudah cukup
  • menempelkan kain kasa atau kapas pada bagian yang disuntik, setelah selesai disuntik
  • memberi tekanan pada bagian tersebut dan kemudian memasang perban

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani aglutinin dingin?

Ikatan elastis dililitkan di sekitar lengan bagian atas Anda dan akan terasa ketat. Anda mungkin tidak akan merasakan apa-apa saat disuntik, atau Anda mungkin merasa seperti tersengat atau dicubit.

Anda boleh melepaskan plester dan kapas di area bekas suntikan setelah 20 sampai 30 menit. Kemudian Anda akan diinformasikan tentang hasil tesnya. Pastikan Anda mengikuti arahan dari dokter.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Hasil normal

Hasil tes normal yang dikenal dengan “reference range” hanya berfungsi sebagai panduan saja. Reference range ini biasanya berbeda pada masing-masing laboratorium. Hasil tes Anda biasanya akan mengikuti panduan reference range dari laboratorium yang bersangkutan.

Kondisi normal: kurang dari 1 banding 16 (1:16) pada 4 C

Hasil yang tinggi

Level aglutinin dingin yang tinggi biasanya disebabkan oleh infeksi, misalnya pneumonia akibat pneumonia, mononucleosis, hepatitis C, atau infeksi virus lainnya.

Level  aglutinin dingin yang tinggi ini juga menimbulkan beberapa gejala akibat reaksi dari suhu yang dingin, seperti kulit mati rasa, terbakar, perih, dan pucat pada ujung jari kaki dan tangan, telinga, atau hidung.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca